"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Pendeta Universitas


Tentang Pendeta Universitas

Sejarah Pendeta Universitas

Pendeta Universitas ada sejak Universitas Kristen Duta Wacana berdiri (1985). Keberadaan Pendeta Universitas (PU) awalnya dimaksudkan sebagai bimbingan konseling bagi seluruh civitas akademika (dengan tugas utama untuk memberikan konseling bagi dosen, karyawan dan mahasiswa). PU yang pertama yakni Pdt. Budyanto, M.Th, waktu itu dibekali dengan ilmu konseling yang dipelajari di UGM.

Pada perkembangannya, unit untuk pelayanan bagi dosen dan mahasiswa kemudian disebut dengan PUSPELROHPUS (Pusat pelayanan rohani kampus). Pada waktu itu jumlah dosen dan mahasiswa yang masih sedikit menyebabkan pergantian personal PU mengalami kesulitan, sehingga sekalipun sebagai PU, Pdt. Budyanto juga menjadi PD III di Fakultas Ekonomi. Setelah selesai menjadi PD III Ekonomi, beliau menjabat sebagai PD III Teologi, sebagai bapak Asrama Fakultas Teologi dan masih menjadi PU. Bertolak dari pengalaman PU pertama yang harus merangkap jabatan, kemudian menginisiasi munculnya unit baru yang disebut sebagai P3 (Pusat Pengembangan Pribadi) yang fokus pada persoalan konseling mahasiswa. Dengan demikian, PU nyaris tidak lagi mengurusi konseling mahasiswa.

Perkembangan selanjutnya, kejelasan status dan tugas utama PU kemudian dimasukkan secara sistematik dalam Statuta UKDW langsung dibawah yayasan. Tanggungjawab pekerjaan PU langsung kepada Yayasan. Adapun definisi PU sebagaimana tertuang pada penjelasan istilah dalam Statuta UKDW menjadi:

Pendeta Universitas adalah pendeta yang melakukan pelayanan dan penggembalaan terhadap Pimpinan, Pegawai Akademik (PA), Pegawai Pendukung Akademik (PPA), dan Mahasiswa Universitas, yang bertanggung jawab kepada yayasan. (Statuta UKDW QADW-1100-SU-10.01.001).

PU kemudian menjadi unit tersendiri dengan di pimpin oleh Pendeta yang diutus oleh gereja pendiri dan pendukung UKDW. Selanjutnya, secara berturut-turut daftar PU yang pernah bertugas di UKDW setelah Pdt. Budyanto, Th.D adalah sebagai berikut:

  1. Pdt. Christian Sutopo, D.PS (Sinode GKJ)
  2. Pdt. Josep Ginting, S.Th, SH (Sinode GPIB)
  3. Pdt. Stefanus Christian Haryono, MACF (Sinode GKMI)
  4. Pdt. Robert William Maarthin, M.Ag (Sinode GPIB)
  5. Pdt. Em. Budyanto,Th.D (Sinode GKJW, sebagai PJS).
  6. Pdt. Nani Minarni, S.Si, M.Hum (Sinode GKJ, sekarang aktif)

Kontak Kami

Pendeta Universitas

Universitas Kristen Duta Wacana

Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 5-25

Yogyakarta (55224) Indonesia.

Tel: +62 274 563929, Ext.104


VISI DAN MISI

TUGAS POKOK DAN PROGRAM PENDETA UNIVERSITAS

LAYANAN UNIT

<SPAN STYLE="COLOR: #000000; BACKGROUND-COLOR: #FFFFFF;">PEJABAT DAN STAFF</SPAN>

Visi dan Misi

Visi  :

Menjadi universitas Kristen unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih.

Misi :

1. Pendeta Universitas adalah pendeta yang melakukan pelayanan dan penggembalaan terhadap Pimpinan, Pegawai Akademik (PA), Pegawai Pendukung Akademik (PPA), dan Mahasiswa Universitas, yang bertanggung jawab kepada yayasan. (Statuta UKDW QADW-1100-SU-10.01.001).

2. Unit Pelayanan Kerohanian Kampus dengan PU sebagai motornya selanjutnya akan mengembangkan model integrasi pelayanan untuk mendukung tercapainya penanaman nilai-nilai Duta Wacana dan darma bakti perguruan tinggi kepada masyarakat.

Tugas Pokok dan Program Pendeta Universitas

Tugas Pokok Pendeta Universitas adalah Fokus dalam mengembangkan nilai spiritualitas seluruh seluruh warga kampus/civitas akademika yang tersusun dalam program tahunan Pendeta Universitas, program tersebut antara lain:

a) Ibadah kampus setiap hari Senin

b) Persekutuan antar karyawan dan kelompok PS. Karyawan

c)  Retreat / Rekoleksi Mahasiswa

d)  Program Pengembangan Spiritualitas Mahasiswa (P2SM)

e)  Rekoleksi untuk PA dan PPA, dan Rekreasi bersama keluarga besar UKDW.

f)   Mengadakan Ibadah Kalender Gerejawi (Rabu Abu, Paskah, Natal)

g) Memonitoring kegiatan dan perkembangan spiritualitas Organisasi Kemahasiswaan Kerohanian di UKDW, adapun Organisasi Kemahasiswaan Kerohanian yang dibawah naungan Pendeta Universitas antara lain:

  1. PMK Teknik
  2. PMK Bisnis
  3. PMK Bioteknologi
  4. PMK Kedokteran
  5. KMK Katolik Universitas
  6. KMK Katolik Kedokteran
  7. KMKHD (Hindu)
  8. KAMADHIS (Budha)
  9. KMM (Muslim)
  10. KDM (Doa Meditatif/Taize)

h)  Sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendeta Universitas melakukan program safari pelayanan pada setiap bulan September dan Oktober sampai saat ini kerjasama tersebut masih terbatas dengan gereja pendiri dan pendukung UKDW. Safari Pelayanan tersebut berupa pelayanan ibadah minggu di gereja pendiri dan pendukung, maupun kerjasama sosial masyarakat yang sudah dipercakapkan jauh hari sebelumnya. Wujud ikatan yang lain dengan gereja pendiri dan pendukung UKDW, adalah dengan melibatkan para pendeta jemaat untuk membawakan firman pada ibadah kampus.

Layanan Unit

Pendeta universitas memiliki wewenang untuk memberikan ijin pengunaan kapel UKDW maupun Ruang Persekutuan. Sesuai dengan prinsipnya Kapel hanya boleh digunakan untuk keperluan Ibadah dan Acara besar yang mengunakan liturgi. Adapun prosedur peminjaman kapel maupun ruang persekutuan dilakukan sebagai berikut

1. Mengajukan surat permohonan peminjaman kapel maupun ruang persekutuan kepada Pendeta Universitas.

2. Menunggu persetujuan pengunaan dari Pendeta Universitas dan menyesuaikan dengan jadwal pemakaian kapel atau ruang persekutuan.

3. Apabila kapel dinyatakan dapat dipinjam, maka ada beberapa aturan yang harus diperhatikan sebagai berikut:

a)  Tidak boleh memindahkan posisi properti kapel seperti meja altar, meja mimbar dan kursi.

b)  Dilarang membawa makanan, minuman serta merokok di dalam kapel.

c)   Tidak menempelkan aksesoris di dalam atau di dinding kapel, seperti mendekor atau mencorat-coret. Aksesoris dapat dilakukan dalam bentuk  slide powerpoint.

d)  Menggunakan peralatan sound system dengan baik. Sebelum menggunakan kapel, peminjam akan dibimbing oleh petugas dalam mengoperasikan sound system kapel.

e)   Tidak meletakkan makanan, minuman atau barang-barang lain yang tidak terkait dengan peribadahan di meja altar atau meja mimbar.

f)   Menjaga kebersihan kapel selama kegiatan berlangsung

Bila waktu peminjaman kapel di luar jam kerja, maka peminjam kapel akan dibuatkan surat permohonan untuk dibukakan pintu kapel kepada petugas Satpam. Surat tersebut berisi nama yang bertangung jawab peminjam kapel, acara dan waktu yang akan dilaksanakan, serta setelah selesai pemakaian maka yang bersangkutan wajib melapor kepada petugas satpam.

Aturan dan prosedur yang sama juga berlaku pada peminjaman ruang persekutuan, kecuali pada point 3.

Selain itu juga kantor Pendeta Universitas juga menyediakan layanan peminjaman alat2 peribadatan untuk menunjang kegiatan ibadah.

Pejabat dan Staff

Pdt. Nani Minarni, S.Si, M.Hum

Jabatan  : Pendeta Universitas

Email : nanida@staff.ukdw.ac.id

 


Galih Widi Handoyo  Galih Widi Handoyo

  Jabatan : Staff Administrasi

  Email    : galih@staff.ukdw.ac.id

 


Esterina Pudjisajekti

Jabatan : Staff Administrasi

Email : esterina@staff.ukdw.ac.id