"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Pusat Pelatihan Bahasa


Deskripsi Singkat

Kemampuan berbahasa Asing, terutama bahasa Inggris, menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat disangkal lagi saat ini. Apalagi dalam konteks kehidupan akademis untuk mewujudkan universitas yang unggul, sangat tepat kiranya jika Duta Wacana mempunyai suatu unit yang mengelola pelatihan bahasa asing bagi segenap civitas akademika untuk berkomunikasi dan menyampaikan gagasan dalam bahasa internasional tersebut. Hal ini sejalan dengan visi universitas: “Menjadi universitas Kristen unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih”. Generasi professional yang unggul memerlukan kemampuan untuk berkompetisi secara global, tidak hanya dalan lingkup lokal atau nasional. Untuk dapat memenangkan kompetisi global tentu saja kemampuan berbahasa asing menjadi kebutuhan yang mutlak.


VISI DAN MISI

STRUKTUR ORGANISASI

STATUS PROGRAM

INFORMASI PELAKSANAAN

Visi dan Misi

Visi

Visi Pusat Pelatihan Bahasa  Universitas Kristen Duta Wacana adalah menjadi Pusat Pelatihan Bahasa  yang unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri yang mampu bersaing dalam kompetisi global, bekerjasama dengan orang yang berbeda latar belakang budaya serta mampu memanfaatkan peluang dalam dunia yang makin kompetitif sehingga dapat berpartisipasi dalam memperjuangkan perdamaian, kemerdekaan, kebenaran dan keadilan berdasarkan kasih.“ 

 

Misi

Misi Pusat Pelatihan Bahasa UKDW mengacu pada 5 misi universitas, yaitu

Menyelenggarakan Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Yang Kontekstual Berbasis Nilai-Nilai Kedutawacanaan.

1.     Menyelenggarakan Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Yang Kontekstual Berbasis Nilai-Nilai Kedutawacanaan.

2.     Melakukan Riset Dalam Bidang Bahasa Yang Berpihak Pada Nilai Kemanusiaan.

3.     Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Partisipatoris khususnya dalam bentuk         pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru Bahasa Inggris maupun siswa-siswi SMA.

4.     Membangun Pusat Pelatihan Bahasa yang Unggul Dan Kompetitif

5.     Mengembangkan Civitas Akademika yang Menghidupi Nilai-Nilai Kedutawacanaan.

 

Pelayanan Unit

Pada tanggal 3 Januari 2000 dengan surat keputusan Rektor nomor: 001/B.07.b/UKDW/2000 tentang Program Peningkatan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa UKDW, PPBA (waktu itu PPBI), sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) secara resmi menerima tanggung jawab dari pimpinan untuk mengelola pelaksanaan program ICE (dulu P2BI – Program Peningkatan Bahasa Inggris) bagi seluluruh mahasiswa UKDW (kecuali Fakultas Theologia) sebelum mereka mengambil Bahasa Inggris Terapan di Fakultas/Prodi masing-masing.


Program ICE merupakan program pelatihan yang mengasah ketrampilan berbahasa secara menyeluruh, yaitu ketrampilan berbicara dan menulis, dengan penekanan khusus pada ketrampilan membaca dan berbicara. Program dilaksanakan di dalam kelas dengan jumlah mahasiswa maksimal 30 orang dan dengan berbagai kegiatan berbahasa yang menarik. Setiap semester (gasal, genap dan semester pendek), PPBA melatih mahasiswa ICE dalam tiga level yang berbeda. Setiap level berdasarkan hasil tes penempatan pada saat mereka mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru. Setiap level terdiri dari 24 pertemuan (@100 minutes) dan selesai dalam 12 minggu.

Status Program

Bagi mahasiswa UKDW mulai angkatan tahun akademik 1999/2000 dan seterusnya, program ini merupakan program wajib non-SKS. Program ini merupakan prasyarat untuk mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Terapan di Fakultas/Program Studi. Secara umum, mahasiswa UKDW yang dimungkinkan mengikuti program ini adalah mahasiswa aktif.

Informasi Pelaksanaan

Program pelatihan ini dibuka 3 kali/periode setiap tahunnya, yaitu pada semester gasal, semester genap dan antar semester. Pada semester gasal dan genap, pertemuan diadakan 2 kali seminggu @100 menit. Selama masa Tes Tengah Semester dan Tes Akhir Semester program pelatihan diliburkan agar mahasiswa tidak merasa terbebani. Pada masa semester pendek, pertemuan diadakan 3 kali seminggu @100 menit, sehingga program pelatihan pada periode ini lebih intensif dan lebih singkat meskipun jumlah total pertemuan setiap levelnya tetap sama, yaitu 24 pertemuan. Dalam perkembangannya PPBA juga menyelenggarakan program-program pelatihan lain, yaitu:

  1. Menyelenggarakan program pelatihan Remediasi bagi mahasiswa Teologi

  2. Memberikan pelatihan bahasa Inggris bagi dosen dan karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

  3. Memfasilitasi pengembangan kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa dan dosen melalui program drop in English.

  4. Menyelenggarakan program-program pelatihan bahasa Inggris untuk umum.

  5. Menyelenggarakan pelatihan bahasa Mandarin dan Korea baik bagi civitas akademika UKDW maupun umum.

Struktur Organisasi

 

 

No. Name Position
1. Andreas Winardi, M.A.
aw_ppbi@staff.ukdw.ac.id
Coordinator
2. F. Endang L., S.Pd., M.Hum
endang@staff.ukdw.ac.id
Staff/English Lecturer
3.

Paulus Widiatmoko,M.A.

widiatmoko@staff.ukdw.ac.id

Staff/English Lecturer
4. Dra. Mega Wati, M.Pd.
megawati@staff.ukdw.ac.id
Staff/English Lecturer
5.

Arida Susyetina, M.A.                       arida@staff.ukdw.ac.id

Staff/English Lecturer
6. Kurniasih Pinasti
nia@staff.ukdw.ac.id
Administrative Staff
7. Agnes Ambar Yuliani
ambar@staff.ukdw.ac.id
Administrative Staff