"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Pusat Studi dan Pengembangan Perdamaian


Diskripsi Singkat

PSPP adalah salah satu unit pelayanan masyarakat milik Universitas Kristen Duta Wacana, Jogjakarta. PSPP didirikan pada tahun 1986, ketika nyaris tak seorangpun mengira bahwa berbagai macam konflik sosial yang sarat kekerasan dapat terjadi di negara yang penduduknya terkenal santun dan berbudaya tinggi.

Pada masa-masa awal berdirinya PSPP lebih banyak bergerak dalam bidang penelitian dan pengkajian masalah-masalah perdamaian. Namun sejak tahun 1996, PSPP memberikan juga pelayanan-pelayanan praktis seperti pelatihanpemberdayaan untuk perdamaian, konsultasi dan mediasi konflik, penyembuhan trauma, dan pengurangan/ manajemen resiko bencana.

Kini PSPP aktif melayani masyarakat Indonesia dari berbagai macam latarbelakang budaya dan agama di Papu, Timor, Ambon, Halmahera, Sulawesi, Kalimantan, bali, Jawa, Sumatera, Nias, dan pulau-pulau lainnya di Indonesia, bahkan di asia pasifik. Tak terbilang jumlah mediator dan negosiator yang telah lahir dari pelatihan-pelatihan PSPP. Tak terbilang pula jumlah jiwa yang telah dipulihkan dari trauma.


VISI DAN MISI

PEJABAT DAN STAFF

LAYANAN UNIT

ALAMAT

KEMITRAAN

Visi dan Misi

Visi

Visi PSPP adalah menjadi lembaga yang mempunyai komitmen terhadap perdamaian dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, etika, dan integritas. 

Misi

Misi PSPP adalah memberdayakan pribadi dan kelompok untuk mewujudkan perdamaian dalam keluarga, komunitas agama, tempat kerja, dan masyarakat pada umumnya berdasarkan kasih, kebenaran, keadilan dan perdamaian.

 

Layanan Unit

Penelitian dan Pengkajian

PSPP mengadakan berbagai penelitian dan pengkajian di daerah konflik dan memberikan konsultasi bag mahasiswa UKDW dalam program Sarjana maupun Pascasarjana yang sedang menulis skripsi atau tesis di seputar masalah perdamaian dan transformasi konflik.

Pendidikn dan Pelatihan

Staff PSPP mengampu mata kuliah “HAM dan Demokrasi” yang ditawarkan bagi segenap mahasiswa UKDW, dan beberapa mata kuliah khusus seperti “Transformasi Konflik”, “Pengampunan dan Rekonsiliasi”, “Kekerasan dan Perdamaian”, baik dalam program Sarjana maupun Pascasarjana PSPP juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan regular untuk masyarakat umum setiap tahunnya di Kaliurang, Jogjakarta seperti pemberdayaan  anak untuk perdamaian, mediasi dan transformasi konflik, playback theatre, trauma healing, dan spiritualitas perdamaian. PSPP juga melayani permintaan dari berbagai lembaga atau kelompok masyarakat di Indonesia dan Asia Pasifik untuk memberikan pelatihan-pelatihan perdamaian dan transformasi konflik.

Konsultasi dan Mediasi Konflik

PSPP memberikan konsultasi bagi lembaga atau kelompok masyarakat yang sedang menghadapi konflik dan, jika dibutuhkan, terlibat langsung sebagai mediator atau rekonsiliator untuk mendamaikan pihak-pihak yang berkonflik.

Penyembuhan Trauma

PSPP menolong anggota masyarakat yang mengalamai trauma karena kehilangan orang-orang yang dikasihinya dan/atau harta bendanya karena konflik sosial ataupun bencana alam. Pelayanan ini tersedia bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Pengurangan / Manajemen Resiko Bencana

PSPP memberdayakan kelompok masyarakat rawan bencana untuk mengidentifikasi serta mananggulangin kerentanan yang mereka miliki dan bersamaan dengan itu, meningkatkan kemampuan mereka, agar ancaman yang disebabkan oleh peristiwa alam dan /atau gesekan sosial yang mereka alami tidak berubah menjadi bencana.

Layanan Informasi dan Narasumber

PSPP menyediakan buku, artikel, dan jurnal yang dapat digunakan oleh mahasiswa UKDW yang sedang melaukan penelitian tentang isu-isu di seputar perdamaian dan transformasi konflik. Akses publik untuk informasi itu untuk sementara disediakan secara terbatas. PSPP juga memberikan bantuan kepada lembaga atau kelompok masyarakat dalam mendapatkan narasumber (pembicara atau fasilitator) dalam bidang perdamaian dan transformasi konflik.

Alamat

Jl. Dr. Wahidin No. 5 – 25 Yogyakarta 55224

No. Telp : 0274 – 563929
No. Pswt : 517
No. Fax : 0274 – 513235 
Email pspp@ukdw.ac.id
Blog : dutadamai.wordpress.com

Kemitraan

Dalam pelayanannya tersebut, selain dilakukan oleh PSPP sendiri, PSPP juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga mitra, baik nasional maupun internasional.

Lembaga lokal:

  1. Forum Perdamaian Lintas Agama dan Golongan (FPLAG) Solo
  2. Forum Kemanusiaan dan Persaudaraan Indonesia (FKPI) Solo
  3. Jaringan Layanan Damai (JALA DAMAI) Jakarta
  4. Departemen Agama, Jakarta
  5. Dinas Sosial, DIY
  6. Bappenas, Jakarta
  7. Wahana Visi Indonesia (WVI)
  8. Forum Dialog antar Kita (FORLOG) Sulawesi Selatan  
  9. MDS (Mennonitte Diaconia Service) 

Lembaga Internasional, seperti:

  1. MCC (Mennonitte Central Committee)
  2. CORDAID, Belanda
  3. AFSC (American Friends Service Committe)
  4. UNICEF
  5. PTD UNDP
  6. USAID

Pejabat dan Staff

No. Nama Jabatan
1.

Pdt. Wahju S. Wibowo, M.Hum., M.A., Ph.D

wswibowo@staff.ukdw.ac.id

Ketua PSPP 
2. Pdt. Paulus S. Widjaja, MAPS., Ph.D. psw8282@gmail.com Staf ahli
3. Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum 
krisni@staff.ukdw.ac.id
Staf ahli
4. Pdt. Dr. Jozef M.N. Hehanussa, M.Th.
Jozef_mnh@ukdw.ac.id
Staf ahli
5. Pdt. Stefanus Christian H., MACF
sch@ukdw.ac.id
Staf ahli
6. DR. Jeanny Dhewayani
jeanny@ukdw.ac.id
Staf ahli
7. Lucia Dwi Krisnawati, MA
krisna@ukdw.ac.id
Staf ahli
8. Ir. Mahatmanto, M.T.,

Staf ahli
9. Nevi K. Arianti, S.Psi., M.Si.
nevikurnia_a@yahoo.com
Staf ahli
10. Dra. Endah Setyowati, M.Si., M.A.,
ettygembira@gmail.com
Staf ahli
11. Marsius Tinambunan, S.Th.,  B.Ch.M.,
marsius@ukdw.ac.id
Staf ahli
12. Pratomo N. Soetrana, M.A.
tomsoet@ukdw.ac.id.
Staf ahli
13. Tujiyana
pspp@ukdw.ac.id atau tuji@ukdw.ac.id
PPA