"Education is not preparation for life, education is life itself. (John Dewey)"


Diskripsi Singkat

Program Studi Akuntansi yang berdiri sejak tahun 2000, sehingga telah berpengalaman selama 11 tahun. Pihak internal program studi, dekanat, pegawai akademik, dan pegawai pendukung akademik, terlibat secara aktif dalam penyusunan visi dan misi program studi melalui raker yang diadakan setelah visi dan misi baru Universitas Kristen Duta Wacana disahkan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana. Hal-hal lain yang menjadi pertimbangan dalam menyusun visi dan misi program studi adalah sumber daya yang telah dimiliki program studi antara lain mahasiswa, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, alumni, dan pengguna lulusan.

Sumber informasi lain juga menjadi bahan pertimbangan, yakni dengan melihat tantangan masa depan di dunia pendidikan. Program Studi Akuntansi melakukan studi banding ke beberapa universitas di dalam dan luar negeri untuk mempelajari variasi pendidikan tinggi yang ada, dan layanan pendidikan yang diberikan. Company visit juga dilakukan untuk mengenali secara spesifik kebutuhan lulusan yang diperlukan oleh pihak pengguna. Setelah melakukan berbagai macam usaha tersebut, pemimpin program studi beserta dengan segenap pegawai akademik menentukan positioning Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana, dalam hal ini wakil rektor bidang akademik juga turut serta memberikan konsultasi.

Pada akhirnya diputuskan bahwa Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana memposisikan dirinya sebagai program studi yang dapat melahirkan generasi profesional mandiri yang memiliki kompetensi spesifik di bidang Keuangan yang ditunjang dengan teknologi informasi. Pencapaian visi tersebut didasari oleh principle guidelines yang telah dirumuskan dalam bentuk nilai-nilai Universitas Kristen Duta Wacana yakni Obedience to God, Walking in Integrity, Striving for Excellence, dan Service to the World. Nilai-nilai tersebut telah diwujudkan menjadi code of conducts. Dengan demikian arah ke depan program studi menjadi lebih jelas, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara melahirkan generasi profesional mandiri yang memiliki keunikan tersendiri yang dapat ikut ambil bagian dalam pembangunan bangsa.


ELIGIBILITAS

DOSEN

VISI, MISI, DAN TUJUAN

KOMPETENSI LULUSAN DAN PROSPEK KARIR

BIDANG MINAT

FASILITAS PENDUKUNG

Eligibilitas

Nama Fakultas : Bisnis
Nama Prodi : Akuntansi
Pertama Kali Operasional : September 1999
Gelar Lulusan : Sarjana Ekonomi [S.E.]
Alamat : Kantor Fakultas Bisnis gedung Agape lantai 4,
  Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224
Telp : (+62) 274 563929 ext 418
Fax : (+62) 274 513235
Website : http://www.ukdw.ac.id/akun
Email : akun@ukdw.ac.id

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi Akuntansi terpercaya dan berkarakter dengan menerapkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran untuk melahirkan generasi kreatif, inovatif dan mandiri dalam dunia pluralistik berdasarkan kasih.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bisnis berbasis riset serta mengembangkan sumber daya manusia yang professional, mandiri dan terpercaya.

  2. Melakukan riset bidang bisnis dan kewirausahaan bagi pengembangan ilmu akuntansi.

  3. Berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu akuntansi yang dijiwai oleh semangat kewirausahaan.

  4. Mengembangkan ilmu pembelajaran yang mampu meningkatkan daya penalaran dan kepekaan dalam menghadapi lingkungan pluralistic yang selalu berubah sehingga menumbuhkan kemandirian serta perilaku kreatif dan inovatif.

  5. Mengembangkan sistem organisasi dan akuntansi fakultas yang efektif dan efisien didukung teknologi informasi dan komunikasi.

  6. Memperluas jejaring yang mendukung kemandirian program studi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan professional mandiri yang menguasai teori dan mampu mempraktikkan ilmu Akuntansi.

  2. Mengembangkan kualitas dosen dan PPA yang ahli dan professional di bidangnya dan berkarakter kristiani.

  3. Menghasilkan riset dasar, pengembangan dan terapan yang kreatif dan inovatif di bidang bisnis bagi pengembangan praktik Akuntansi.

  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai disiplin ilmu Akuntansi yang dijiwai semangat kewirausahaan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

  5. Mengembangkan pembelajaran Akuntansi sesuai perkembangan ilmu dan praktik Akuntansi terkini.

  6. Mengembangkan tata kelola Program Studi Akuntansi untuk mendukung good university governance.

  7. Mengembangkan bentuk dan kualitas jejaring yang dapat mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan penyerapan lulusan.

Kompetensi Lulusan dan Prospek Karir

Profil lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan mampu mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan di bidangnya melalui berbagai pendekatan dan penalaran teoritis dan praktis serta terbuka terhadap perkembangan ilmu akuntansi dalam kondisi globalisasi (berwawasan global). Memiliki keahlian soft skills dan tanggung jawab dalam memecahkan, mengarahkan, mengorganisasikan dan mengendalikan kegiatan bisnis sesuai perkembangan atau perubahan lingkungan (teknologi, pola piker masyarakat, sosial, politik dan perekonomian) seturut bidang ilmu dan profesinya dengan landasan karakter dan kepemimpinan yang handal serta terbuka terhadap perkembangan atau perubahan teknologi, social, politik, perekonomian (agen perubahan). Mampu menggali dan mengembangkan nilai-nilai akuntansi yang luhur dan relevan dengan kebutuhan masyarakat (long life learning). Mampu mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan terbuka terhadap ide-ide atau sesuatu yang baru serta mampu mengadaptasikan ilmunya (inovatif). Profil lulusan ini harus memiliki kompetensi baik hard skill maupun soft skill. Dalam konteks ini, Program Studi Akuntansi telah menetapkan kompetensi lulusan (Dukumen Standar Kompetensi, QADW-2221-SP-09.07.001) yang meliputi:

  1. Kompetensi pengetahuan dan Pemahaman (knowledge and Understanding).

  2. Kompetensi intelektual (intelectual skill).

  3. Keterampilan praktis (practical skill).

  4. Keterampilan Manajerial dan Sikap (managerial skill and attitude).

Program studi mengelompokkan kompetensi lulusan ini ke dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Pengelompokan ini disesuaikan dengan pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya berdasarkan Kepmendiknas.

Untuk menjamin keberlanjutan tingkat penyerapan lulusan, Program Studi Akuntansi melakukan upaya melalui penjaminan mutu kompetensi lulusan sesuai dengan tuntutan pengguna lulusan dan penguatan jaringan kerjasama dengan para stakeholder (pengguna lulusan, pengusaha relasi, para praktisi, alumni). Penjaminan mutu dilakukan dengan berorientasi pada pelanggan (pengguna lulusan), dengan melakukan standar (pedoman) kurikulum dan spesifikasi dan kompetesi lulusan Program Studi Akuntansi yang sesuai hasil eksplorasi tentang tuntutan pengguna lulusan.

Produk program studi yang dihasilkan oleh mahasiswa dari tugas-¬tugas mata kuliah Proyek Pemrograman Komputer Akuntansi berupa Program Komputer Akuntansi untuk usaha kecil, Model Penilaian Kinerja Perusahaan, Model Praktik Kewirausahaan Mahasiswa. Produk yang telah dihasilkan oleh dosen PSA antara lain buku diktat kuliah, modul praktikum, modul pelatihan, modul perkuliahan, dan lain-lain.

Bidang Minat

Untuk menjawab kebutuhan perusahaan dan industri di masa depan, maka Program Studi Akuntansi UKDW menawarkan tiga bidang minat konsentrasi, yaitu:

  1. Akuntansi Keuangan

  2. Akuntansi Manajemen

  3. Pengauditan

Fasilitas Pendukung

Fasilitas Komputer Penunjang Pembelajaran dan Penelitian

  1. Lab Komputer Internet dan E-Class.

  2. Laboratorium Ekonomi/Bisnis.

Penyediaan Fasilitas Pendukung

  1. Sarana di dalam ruang kelas: Viewer, OHP, Komputer Desktop

  2. Fasilitas di luar ruang kelas: Hotspot, Perpustakaan

Dosen

Putriana Dra. Putriana Kristanti, MM., Akt
Wakil Dekan I
Bidang Akademik Akuntansi
   

Astuti Astuti Yuli Setyani, SE., MSi. Ak
   
   
   

Christine Christine Novita Dewi, SE., MAcc., Akt
   
   
   

 Erni Dra. Erni Ekawati., MBA., MSA., Ph.D
   
   
   

Eka

Eka Adhi Wibowo, SE

 

 

   
   

Maharani

Maharani Dhian Kusumawati, SE., MSc

   
   
   

Marbudyo

Marbudyo Tyas Widodo, MM., Ak

   
   
   

Murti Dr. Murti Lestari, MSi
   
   
   

Dra. Agustini Dyah Respati, MBA Dra. Agustini Dyah Respati,MBA