"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Diskripsi Singkat

Fakultas Kedokteran UKDW memiliki visi “Menjadi Fakultas Kedokteran yang menghasilkan generasi dokter profesional mandiri, unggul dan terpercaya dalam bidang pelayanan kesehatan primer untuk masyarakat pluralis berdasarkan kasih”. Fakultas ini juga.. [Read More]


ELIGIBILITAS

PEJABAT DAN DOSEN

TUJUAN PENDIDIKAN

PROSES BELAJAR MENGAJAR

Eligibilitas

Nama Fakultas : Fakultas Kendokteran
Nama Prodi Pendidikan Dokter
Pertama Kali Operasional : Oktober 2009
Gelar Lulusan Sarjana Kedokteran [S.Ked.]
Alamat

: Kantor Fakultas Kedokteran gedung
  Agape lantai 5,
  Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224

Telp : (+62) 274 563929 ext 504
Fax : (+62) 274 8509590
Website http://www2.ukdw.ac.id/fkukdw/
Email : kedokteran@ukdw.ac.id

 

Tujuan Pendidikan

Mendidik mahasiswa melalui proses belajar menyelesaikan suatu kurikulum yang berbasis kompetensi, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yang cukup dalam hal pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk:

  1. Melakukan protesi kedokteran dalam suatu sistem pelayanan sesuai kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila.
  2. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam segi ilmu kedokteran sesuai dengan bakat, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.
  3. Menilai kegiatan profesi secara berkala, menyadari keperluan untuk menambah pendidikan, memilih sumber sumber pendidikan yang serasi, serta menilai kemajuan yang telah tercapai secara kritis.
  4. Mengembangkan ilmu kesehatan, khususnya ilmu kedokteran dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian, serta mencari penyelesaian masalah kesehatan penderita, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan/asuhan medis.
  5. Memelihara dan mengembangkan kepribadian dan sikap yang diperlukan untuk kelangsungan profesi seperti integritas, rasa tanggung jawab, dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan terhadap sesama manusia sesuai dengan etika kedokteran ; dan

Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, dan bersikap terbuka, dapat menerima perubahan dan berorientasi ke masa depan serta mendidik dan mengajak masyarakat kearah sikap tersebut.

Untuk proses belajar mengajar, fakultas ini bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sam Ratulangi Manado (UNSRAT) dan RS Bethesda. Dosen-dosen terdiri dari 20 Guru Besar & Doktor FK-UNSRAT, 40 dokter spesialis dari RS Bethesda, 20 dosen dari prodi Pendidikan Dokter UKDW, 20 dosen praktisi dan dokter praktek swasta.

Fakultas Kedokteran ini juga didukung oleh RS Puri Husada, RS Puri Nirmala, RS Lempuyangan Wangi, rumah sakit dalam lingkungan YAKKUM, Sinode Gereja Bala Keselamatan dan Puskesmas di DIY.

 

Proses Belajar Mengajar

Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter UKDW ini, merupakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (mengacu ketetapan Dirjen Dikti 2005 dan Konsil Kedokteran Indonesia 2006) dengan strategi pendekatan pembelajaran (tren global) pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) hibrid SPICES bertahap (secara bertahap menambah porsi tutorial dan mengurangi porsi kuliah).

Acuan tujuan belajar (Objectives Learning) dari Dirjen Dikti 2005 memiliki area kompetensi, meliputi :

  1. Komunikasi Efektif
  2. Keterampilan Klinis
  3. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran
  4. Pengelolaan Masalah Kesehatan
  5. Pengelolaan Informasi
  6. Mawas Diri dan Pengembangan Diri
  7. Etika, Moral, Medikolegal dan Profesionalisme serta Keselamatan Pasien

Semuanya diintegrasikan dengan kompetensi penanganan kluster-kluster penyakit, mulai dari “sekedar” mendiagnosa langsung merujuk, sampai melakukan penanganan tuntas (acuan Konsil Kedokteran Indonesia 2006). Di dalam hal ini peta blok Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter UKDW, berisikan Tema Persiapan dan Pengembangan Kemampuan Belajar (Blok 1 dan 2), Tema Sehat dan Sakit serta Etika Kedokteran (Blok 3 s/d Blok 7), Tema Ilmu Kedokteran dengan Pendekatan Sistem Organ (Blok 8, 10 s/d Blok 16 dan Blok 18), Tema Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (Blok 9, 17 dan 25), Tema Kedokteran Interdisiplin (Pengetahuan Klinik dalam Individu dan Masyarakat) (Blok 19 s/d Blok 24, Blok 26 s/d Blok 28); masing-masing diselingi dengan ujian dan Blok Elektif, diakhiri dengan Penulisan Skripsi Karya Tulis Ilmiah (Blok 29 s/d Blok 32). Dilanjutkan dengan rotasi klinik berdasarkan disiplin ilmu (I s/d XIV).

Pejabat dan Dosen

Prof. dr. J. Willy Siagian Sp.PA Prof. dr. J. Willy Siagian, Sp.PA
Patologi Anatomi
Dekan Fakultas Kedokteran 
 

dr. Sugianto Sp.S. M.Kes Ph.D dr. Sugianto, Sp.S., M.Kes, Ph.D
Spesialis Neurologist
Wakil Dekan bidang Akademik & Dosen Tetap
 

Kedokteran-Ety Istriani Dra. Ety Istriani, MM
Wakil Dekan bidang Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana 
   

Kedokteran-Mona Wowor dr. P. Mona Wowor, M.Kes., Sp.FK
Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama
   
 

Kedokteran-Soebijanto Prof. Dr. dr. Soebijanto
Anatomi
Kepala Laboratorium Biomedik 
 

Kedokteran-Sudharmadji dr. Sudharmadji, Sp.R
Radiologi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Wakil Koordinator Monevin  & Dosen Tetap
 

Kedokteran-Yanti Ivana Suryanto dr. Yanti Ivana Suryanto, M.Sc
Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis
Sekretaris MEU & Dosen Tetap