"Education is not preparation for life, education is life itself. (John Dewey)"


Unit Penjaminan Mutu Institusi Universitas Kristen Duta Wacana


Diskripsi Singkat

InQA singkatan dari Institution Quality Assurance. Bila dibaca dengan cepat, singkatan itu berbunyi “INKA”, yang mengacu pada peradaban INCA.

INCA mengacu pada suatu suku bangsa Indian di Amerika tahun 1200-1533 (Kerajaan Inca), berpusat di Cuzco Peru, dan mempunyai peradaban yang indah—terutama tampak pada Sistem Organisasi dan Tata Perkotaannya. Kehebatan penataan dan organisasi penyusunan kota mereka yang kompleks dan sangat memperhatikan lingkungan ini menginspirasi kerja InQA.

Berdasarkan SK Rektor UKDW No. 016/B.07.b/UKDW/2005, InQA UKDW dibentuk pada tanggal 31 Oktober 2005 - Bersamaan dengan Dies Natalis UKDW yang ke 43 - sebagai realisasi kesadaran pengelola institusi untuk mempertahankan, meningkatkan dan memperbaharui mutu pendidikan secara berkelanjutan di UKDW. Selain itu, berdirinya InQA juga didorong oleh kebijakan Dikti dan BAN-PT yang mengungkapkan bahwa bila lebih dari 75% dari program studi yang ada di Perguruan Tinggi telah mencapai nilai B atau A, maka pihak Perguruan Tinggi wajib memiliki Lembaga Penjaminan Mutu yang akan diakreditasi sehingga mampu menyelenggarakan akreditasi internal terhadap program studinya sendiri.

 

Struktur InQA
StrukturInQA


VISI DAN MISI

PEJABAT DAN STAFF

TUGAS POKOK

TUJUAN

TANGGUNGJAWAB DAN WEWENANG

Visi dan misi

Visi

Terjadinya proses pemeliharaan, peningkatan dan pembaruan kualitas yang berkelanjutan di UKDW sebagai pertanggungjawaban institusi terhadap stakeholder sehingga UKDW dapat menjadi universitas yang handal dan terpercaya.

Misi

  1. Membangun, memelihara dan meningkatkan kesadaran dan komitmen pengelola institusi terhadap mutu pendidikan.

  2. Menggerakkan institusi untuk menetapkan standar dan membuat instrumen penilaian diri (self-assessment).

  3. Memastikan terjadinya kegiatan monitoring dan evaluasi mutu akademik internal secara teratur.

  4. Menetapkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW.

  5. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW secara berkelanjutan.



Tugas Pokok

Mengkoordinasi terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Akademik Internal yang berkelanjutan di UKDW.

Fungsi

  1. Dukungan pada rektorat dalam membuat/merevisi kebijakan/peraturan.

  2. Ketersediaan dokumen akademik dan dokumen mutu di seluruh tingkatan institusi serta koordinasi perevisiannya.

  3. Peningkatan kualitas akademik.

  4. Pemantauan proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai standar yang telah ditetapkan.

  5. Sosialisasi hasil temuan kepada yang berkepentingan untuk evaluasi dan perbaikan.

  6. Pengembangan kesadaran kualitas pada pihak internal dan eksternal.

  7. Penyediaan internal auditors untuk pelaksanaan Audit Mutu Akademik Internal.

  8. Koordinasi pelaksanaan Audit Mutu Akademik Internal.

  9. Pemantauan pelaksanaan EPSBED, perpanjangan ijin operasional, dan akreditasi program studi.

  10. Pelaporan ke Dikti secara berkala tentang perkembangan sistem penjaminan mutu internal.

Tujuan

  1. Accountability

    Memberikan pertanggungjawaban institusi kepada masyarakat, pemerintah, dan stakeholder lainnya, terutama melindungi pemakai jasa institusi (customer), sehingga tercapai kepuasan stakeholder.

  2. Continuous quality improvement

    Menguji dan meningkatkan mutu secara terus menerus, serta memelihara identitas institusi.

  3. Recognition

    Mendapat pengakuan, mampu berkompetensi dalam arena nasional dan internasional, sehingga meningkatkan pertukaran sumber daya manusia (dosen dan mahasiswa) tingkat fakultas, universitas, negara Asean dan negara lainnya.

  4. Closely assisting leaders

    Mendampingi pejabat (Rektorat, Dekanat, Kepala Unit) untuk memantau kinerja unit, mengevaluasi sesuai dengan standar, serta berfungsi sebagai penasehat dan kontrol.

 

Tanggungjawab dan Wewenang

Berikut adalah tanggungjawab dan wewenang sistem penjaminan mutu akademik tingkat universitas, fakultas, dan prodi (dikutip dari QADW-1200-MM-09.04.002, MANUAL MUTU AKADEMIK UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA, hal 16):

Tanggung jawab dan Wewenang Sistem Penjaminan Mutu Akademik Tingkat Universitas

Dokumen yang Dihasilkan Satuan Kerja Penanggung Jawab Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik Internal Penanggung Jawab Sistem Audit Mutu Akademik Internal
• Kebijakan Akademik Unit InQA Wakil Rektor Bidang Akademik dan Ketua InQA Manajer Program Audit Mutu Akademik Internal (ditunjuk oleh Wakil Rektor Bidang Akademik)
• Standar Akademik
• Peraturan Akademik
• Manual Mutu Akademik
• Manual Prosedur AMAI



Tanggungjawab dan Wewenang Sistem Penjaminan Mutu Akademik Tingkat Fakultas

 

Dokumen yang Dihasilkan Satuan Kerja Penanggung Jawab Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik Internal Penanggung Jawab Sistem Audit Mutu Akademik Internal
• Kebijakan Akademik Fakultas
Tim InQA Fakultas
Dekan dan Tim InQA Fakultas
Manajer Program Audit Mutu Akademik Internal (ditunjuk oleh Dekan)
• Standar Akademik Fakultas
• Peraturan Akademik Fakultas
• Manual Mutu Akademik Fakultas



Tanggungjawab dan Wewenang Sistem Penjaminan Mutu Akademik Tingkat Program Studi

Dokumen yang Dihasilkan Satuan Kerja Penanggung Jawab Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik Internal Penanggung Jawab Sistem Audit Mutu Akademik Internal
• Spesifikasi Program Studi
Tim InQA Program Studi
Wakil Dekan Bidang Akademik dan Tim InQA Program Studi
-
  - Kurikulum
  - Peta Kurikulum
   - Kompetensi Lulusan
• Manual Prosedur
• Instruksi Kerja



Pejabat dan Staff

 

InQA di tingkat universitas yang bersifat koordinatif saat ini terdiri dari Ketua dan staf administrasi.

Yetli Oslan, S.Kom., M.T. Yetli Oslan, S.Kom., M.T.
Kepala Unit
yetli@staff.ukdw.ac.id
   

Cynthia Ekabudhi Winoto, S.Kom. Cynthia Ekabudhi Winoto, S.Kom.
Staf
cynthia@staff.ukdw.ac.id
   


InQA universitas juga didukung secara fungsional oleh 2 pihak. Pihak pertama adalah Tim InQA Fak/Prodi. Pihak kedua adalah kelompok auditor internal (a pool of auditors). Fungsi Tim InQA Fakultas melekat pada Dekanat, sedangkan Tim InQA Prodi terdiri dari Wakil Dekan Bidang Akademik / Ketua Program Studi dan 2 orang dosen terpilih.

Berikut daftar Tim InQA Prodi untuk periode 1 April 2016 - 31 Maret 2018:

No. Tim InQA Prodi Nama
1  

Teologi    

SK Rektor no. 013/B.02/PSDM/2016

Pdt. Daniel K. Listijabudi, M. Th
Pdt. Rena Sesaria Yudhita, M. Th. 
Kaprodi Teologi S-1
2  

Biologi    

SK Rektor no. 061/B.02/PSDM/2016 

Dr. Dhira Satwika, M.Sc.
Drs. Guruh Prihatmo, M.S.
Wakil Dekan Bidang Akademik Biologi
3  

Akuntansi     

SK Rektor no. 015/B.02/PSDM/2016 

Dra. Xaveria Indri Prasasyaningsih, M.Si

Christine Novita Dewi, S.E., M.Acc., Akt
Wakil Dekan Bidang Akademik Akuntansi
4  

Manajemen  

SK Rektor no. 075/B.02/PSDM/2016 

Dra. Purwani Retno Andalas, MM.
Lucia Nurbani Kartika, S.Pd., MM
Wakil Dekan Bidang Akademik Manajemen
5  

Teknik Informatika   

SK Rektor no. 017/B.02/PSDM/2016 

Restyandito, S.Kom., MSIS., Ph.D.

Ignatia Dhian Estu Karisma Ratri, S. Kom., M.Eng. 
Wakil Dekan Bidang Akademik Teknik Informatika
6  

Sistem Informasi  

SK Rektor no. 018/B.02/PSDM/2016 

Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT
Katon Wijana, S. Kom., M. T.

Wakil Dekan Bidang Akademik Sistem Informasi

7

Arsitektur    

SK Rektor no. 027/B.02/PSDM/2017 

Patricia Pahlevi Noviandri, ST., M.Eng.
Linda Oktavia, S,T., M.T. 
Wakil Dekan Bidang Akademik Arsitektur
8  

Desain Produk    

SK Rektor no. 020/B.02/PSDM/2016 

Kristian Oentoro, S. Ds., M. Ds. 
Dra. Koniherawati, S. Sn, M. A. 
Wakil Dekan Bidang Akademik Desain Produk.

Pendidikan Dokter        

SK Rektor no. 021/B.02/PSDM/2016 

dr. Yustina Nuke Ardiyan
drg. MM. Suryani Hutomo, M. Dsc.
Wakil Dekan Bidang Akademik Desain Produk.
10

Magister Arsitektur  

SK Rektor no. 058/B.07.c/PSDM-SK/2015 

Dr. -Ing., Ir. Paulus Bawole, MIP.
Dr. -Ing. Ir. Winarna, M.A.
Kaprodi Magister Arsitektur.
11

Magister Manajemen  

SK Rektor no. 079/B.02/PSDM/2016 

Drs. Heru Kristianto, M.T.
Kaprodi Magister Manajemen.
 
12

Matakuliah Humaniora  

SK Rektor no. 039/B.02/PSDM/2017 

R. Bima Adi, M.Th., M.A., Ph.D.
Dra. Endah Setyowati M.Si., M.A.
Dra. Alviani Permata M.Hum.
13

Pendidikan Bahasa Inggris  

SK Rektor no. 040/B.02/PSDM/2017 

Ignatius Tri Endarto, S.Pd., M.A.
Paulus Widiatmoko, S.Pd., M.A.
 

*Keterangan:yang tercetak tebal (bold) merupakan koordinator tim

Saat ini UKDW telah memiliki 48 auditor internal, terdiri atas:

No Nama Lengkap Program Studi / Unit
1 Djohan, MEM, Ph.D. Prodi Biologi
2 Drs. Purnawan Hardiyanto, M.Ec., Dev. Prodi Manajemen
3 Pdt Yusak Tridarmanto, M.Th. Prodi Teologi 
4 Drs. Andreas Ari Sukoco, MM Prodi Manajemen
5 Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. Prodi Arsitektur 
6 Restyandito, S.Kom., M.SIS. Prodi Teknik Informatika
7 Yetli Oslan, S.Kom., M.T. Prodi Sistem Informasi
8 Dr. Guntoro Prodi Biologi
9 Drs. Dhira Satwika, M.Sc. Prodi Biologi
10 Drs. Guruh Prihatmo, M.S. Prodi Biologi
11 Umi Proboyekti, S.Kom., M.LIS. Prodi Sistem Informasi
12 Junius Karel Tampubolon, S.Si., M.T. Prodi Teknik Informatika
13 Hangudi Widya Hutama, S.Kom Prodi Teknik Informatika
14 Aloysius Airlangga Bajuadji, S.Kom Prodi Teknik Informatika
15 Hari Widodo Administrasi Akademik
16 Dra. Mega Wati, M.Pd. Prodi Teologi
17 Pratomo Nugroho Soetrana,M.A. Prodi Teknik Informatika
18 Eddy Christianto, Ir.,MT Prodi Arsitektur
19 Ir. Harianto Kristanto, M.T., M.M Prodi Sistem Informasi
20 Yahya Wijaya, M.Th, Ph.D.  Prodi Pasca Sarjana (S2) Ilmu Teologi
21 Wimmie Handiwidjojo, Drs., MIT Prodi Sistem Informasi
22 Kisworo, Drs., M.Sc. Prodi Biologi
23 Astuti Yuli Setyani, S.E., M.Si., Ak. Prodi Akuntansi
24 Wahju Satria Wibowo, M.Hum. Prodi Teologi
25 Ari Christianti, S.E., M.S.M. Prodi Manajemen 
26 Agustini Dyah Respati, Dra., MBA Prodi Akuntansi
27 Sri Suwarno, Ir., M.Eng. Prodi Teknik Informatika
28 Aditya Wikan Mahastama, S.Kom. Prodi Teknik Informatika
29 Katon Wijana, S.Kom., M.T. Prodi Sistem Informasi
30 Dr-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. Prodi Arsitektur
31 Imelda Irmawati Damanik, S.T., MA(UD) Prodi Arsitektur
32 Winta Tridhatu S, S.Ds. Prodi Desain Produk
33 Purwanto, Drs., S.T., M.T. Prodi Desain Produk
34 dr. Arum Krismi, M.Sc, Sp.KK Prodi Pendidikan Dokter
35 Dr. Singgih Santoso, M.M. Prodi Manajemen
36 Dr. Charis Amarantini, M.Si. Prodi Biologi
37 Dra. Putriana Kristanti, M.M., Akt. Prodi Akuntansi
38 Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom. Prodi Teknik Informatika
39 Dra. Ambar Kusuma Astuti, M.Si. Prodi Manajemen
40 drg. MM. Suryani Hutomo, M.D.Sc. Prodi Pendidikan Dokter
41 Drs. Djoni Dwijono, Akt., M.T. Prodi Sistem Informasi
42 Dra. Umi Murtini, M.Si. Prodi Manajemen
43 Andreas Winardi, M.A. Prodi Manajemen
44 Rosa Delima, S.Kom., M.Kom. Prodi Teknik Informatika
45 Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom, M.Cs. Prodi Teknik Informatika
46 Lussy Ernawati, S.Kom., M.Acc. Prodi Sistem Informasi
47 R. Tosan Tri Putro, S.Sn., M.Sn. Prodi Desain Produk
48 Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si. Prodi Biologi