"What we want is to see the child in pursuit of knowledge, and not knowledge in pursuit of the child. (George Bernard Shaw)"


Pendidikan Bahasa Inggris


Pejabat dan Dosen

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Paulus Widiatmoko, M.A.

 

Wakil Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Dra. Mega Wati, M.Pd.

 

Staf Pengajar :

- Andres Winardi, M.A.

- Fransisca Endang Lestariningsih, S.Pd.,M.Hum.

- Ignatius Tri Endarto, M.A.

- Arida Susyetina, S.S., M.A.

- Adaninggar Septi Subekti, S.Pd., M.Sc.

- Lemmanuela Alvita Kurniawati, S.Pd., M.Hum

- Anesti Budi Ermerawati, S.Pd., M.Hum.

 

Staf Administrasi : 

Sumantyo Kartika Nugroho

Dini Susanti Tri Yanuartin


PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

VISI DAN MISI 

 

SEJARAH SINGKAT PBI

KURIKULUM

Pendidikan Bahasa Inggris

natal2016

 

Visi dan Misi 

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

“Menjadi program studi pendidikan bahasa Inggris yang unggul dan terpercaya untuk melahirkan para akademisi, guru, peneliti, atau praktisi kependidikan Bahasa Inggris yang profesional, berwawasan global, dan memilki karakter pendidik yang sejati berdasarkan nilai-nilai kedutawacanaan.”

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran kajian Pendidikan Bahasa Inggris yang kontekstual berbasis nilai-nilai kedutawacanaan.

2. Melakukan riset kajian Pendidikan Bahasa Inggris yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran.

3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan disiplin kajian Pendidikan Bahasa Inggris.

4. Mengembangkan sistem pengelolaan kelembagaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dan kompetitif.

5. Mengembangkan civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang menghidupi nilai-nilai kedutawacanaan.

 

Sejarah Singkat PBI

Cikal bakal Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana sudah dimulai sejak tahun 1999 dengan kebijakan pembelajaran Bahasa Inggris yang diberlakukan dengan program ICE (Introduction to College English) dan Rem (Remediasi). Program-program tersebut diampu oleh Pusat Pelatihan Bahasa Inggris dimana memerlukan banyak pengajar yang harus mempunyai kompetensi pedagogi pembelajaran Bahasa Inggris yang baik sehingga dilakukan pelatihan dan peningkatan kemampuan mengajar secara berkala.

Dalam perkembangannya hal ini menginspirasi untuk dibukanya sebuah program studi yang akan mendidik calon-calon praktisi pendidikan Bahasa Inggris yang langkahnya dimulai sekitar tahun 2005 dengan mulai merumuskan jenis program studi yang akan dibuka. Proses dan dinamika berlanjut sehingga pada tahun 2012, Pusat Pelatihan Bahasa Asing akhirnya mengajukan proposal pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Berbagai kendala teknis dihadapi berkaitan dengan pengajuan ini sehingga akhirnya baru pada bulan Agustus 2015 secara resmi Universitas Kristen Duta Wacana memperoleh ijin membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. 

 HUT1PBI

Tujuan Penyelenggaraan Program Studi 

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) diturunkan dari visi dan misi universitas, sehingga tujuan umum prodi ini adalah:

Menyiapkan mahasiswa menjadi pengajar dan praktisi di bidang kajian General English dan ESP (English for Specific Purposes) professional yang memiliki kompetensi dalam hal perancangan program pembelajaran dan penelitian bidang ESP, memiliki karakter dan nilai-nilai pendidik sejati, berwawasan global, mampu mengintegrasikan riset dan teknologi untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu sehingga bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

 

Misi 1: Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran kajian Pendidikan Bahasa Inggris yang kontekstual berbasis nilai-nilai kedutawacanaan.

Tujuan:

  1. Mengembangkan kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang memenuhi standar kualitas pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.
  2. Mengembangkan iklim pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dapat mengasah daya nalar dan kepekaan terhadap lingkungan yang cepat berubah.
  3. Menghasilkan lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia secara profesional dan mandiri.

                                 

Misi 2: Melakukan riset kajian Pendidikan Bahasa Inggris yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran.

Tujuan:

  1. Meningkatkan riset untuk pengembangan ilmu dan kualitas pembelajaran di bidang kajian Pendidikan Bahasa Inggris.

 

Misi 3: Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan disiplin kajian Pendidikan Bahasa Inggris.

Tujuan:

  1. Meningkatkan partisipasi sivitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam pemberdayaan masyarakat.

 

Misi 4: Mengembangkan sistem pengelolaan kelembagaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dan kompetitif.

Tujuan:

  1. Mengembangkan kepemimpinan berintegritas, visioner, menyelaraskan, memberdayakan, dan memberi keteladanan.
  2. Mengembangkan sistem pengelolaan kelembagaan yang akuntabel didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Mengembangkan sistem penjaminan mutu institusi secara berkelanjutan.
  4. Memperluas jejaring yang mendukung otonomi universitas.

 

Misi 5: Mengembangkan civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang menghidupi nilai-nilai kedutawacanaan.

Tujuan:

       1. Menanamkan karakter nilai-nilai kedutawacanaan sebagai budaya dan identitas organisasi.

 

Kurikulum

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana memfokuskan pada kajian bidang pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum (General English) dan untuk tertentu (English for Specific Purposes). Pengajaran bahasa Inggris untuk tujuan umum menjadi fondasi pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP). Secara lebih spesifik, ESP bisa dijelaskan dalam aspek karakteristik mutlak dan variabel (Dudley-Evans dan St John, 1998). Secara mutlak, pembelajaran ESP dirancang untuk memenuhi secara spesifik kebutuhan siswa dan menggunakan pendekatan dan metodologi bidang ilmu lain yang dibahas. Selain itu pengajaran ESP difokuskan pada penggunaan bahasa (tata bahasa, kosakata, dan register), keterampilan, diskursus, dan genre yang berhubungan dengan bidang ilmu tersebut. Sedangkan secara karakteristik variabel, ESP bisa berhubungan atau dirancang untuk bidang ilmu tertentu, bisa menggunakan metode pengajaran yang berbeda dengan EGP, didesain untuk pembelajar dewasa dan bagi pembelajar tahap intermediate atau advance, serta memerlukan penguasaan dasar-dasar sistem kebahasaan sebagai syaratnya.

 ITE

Oleh karena tujuannya mendukung perkembangan disiplin ilmu lain dan penggunaan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi kehidupan professional peserta didik, ESP bisa dibagi menjadi English for Academic Puposes (EAP) dan English for Occupational Purposes (EOP) (Carver 1983). EAP membekali siswa dengan kemampuan menggunakan Bahasa Inggris untuk mendukung pembelajaran bidang ilmu mereka. EOP bertujuan membekali siswa dengan kompetensi bahasa Inggris untuk mendukung pekerjaan professional mereka. Kedua model pembelajaran ESP ini tidak menempatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai tujuan akhir, akan tetapi sebagai sarana mencapai tujuan lain. Berbagai ketrampilan bahasa bisa menjadi fokus pembelajaran dalam kedua tipe ESP ini. Ketrampilan membaca misalnya bisa menjadi salah satu fokus pembelajaran EAP supaya peserta didik mampu memahami literatur berbahasa Inggris. Ketrampilan berbicara bisa juga menjadi tujuan pembelajaran supaya peserta didik mampu mengkomunikasikan pendapat mereka tentang topik bahasan bidang ilmu keahlian mereka. Untuk mendukung pekerjaan sekretaris, kemampuan berkorespondensi secara formal dalam bahasa Inggris bisa menjadi contoh pembelajaran EOP. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas ketrampilan tersebut bisa diajarkan secara terintegrasi dengan ketrampilan lain atau secara intensif diajarkan secara khusus.

 

Semester I

No

Mata Kuliah

SKS

1

Pendidikan Agama Kristen

3

2

Extensive Listening

3

3

Interactional Speech

3

4

Extensive Reading

3

5

Basic Grammar

3

6

Vocabulary Building

3

 

Total SKS Wajib

18 SKS

 

Semester 2

No

Mata Kuliah

SKS

1

Pancasila dan Kewarganegaraan

3

2

Comprehension of Long Talks

3

3

Public Speaking

3

4

Intensive Reading

3

5

Intermediate Grammar

3

6

ESP Vocabulary

3

 

Total SKS wajib

18 SKS

 

Semester 3

No

Mata Kuliah

SKS

1

Pengantar Pendidikan

3

2

Bahasa Indonesia

3

3

Reading for Research

3

4

Essay Writing

3

5

Introduction to Linguistics

3

6

Functional Grammar

3

 

Total SKS wajib

18 SKS


Semester 4

No

Mata Kuliah

SKS

1

Psikologi Belajar & Pembelajaran

3

2

Ilmu Kealaman Dasar

3

3

Speaking for Academic Purposes

3

4

Academic Essay Writing

3

5

Language Learning & Acquistion (+magang I)

2

6

Curriculum and Material Development

3

7

 Cross Cultural Understanding

 

 

Total SKS wajib

19 SKS

 

Semester 5 

No

Mata Kuliah

SKS

1

Profesi Kependidikan

3

2

Language Teaching Methodologies

3

3

Task and Media Design

3

4

Applied Linguistic in ELT

3

5

Discourse Analysis in ELT

3

6

ESP Program Design

3

7

Research Methodology in ELT

 3

 

Total SKS wajib

21 SKS

 

Semester 6

No

Mata Kuliah

SKS

1

Classroom Management (+magang II)

3

2

Language Testing & Assessment

3

3

Teaching English for Academic Purposes

3

4

Technology for language Learning

2

5

Research Proposal Writing

3

6

KKN

3

 

Total SKS wajib

17 SKS

 

Semester 7

No

Mata Kuliah

SKS

1

Blended Learning

3

2

Program Management (and Instruction Analysis)

3

3

Teaching English for Occupational Purposes

3

4

Micro Teaching

3

5

Research Report and Seminar in ELT

3

 

Total SKS wajib

15 SKS

 

Semester 8

No

Mata Kuliah

SKS

1

Teaching Practice (+magang III)

3

2

Skripsi

6

 

Total SKS wajib

9 SKS

  

 

No

Mata Kuliah Pilihan

SKS

Ditawarkan di Semester

1

Web technology for language learning

2

Semester 2

2

Introduction to Literature

2

Semester 3

3

Creative Writing

2

Semester 4

4

Apresiasi Seni

3

Semester 5

5

Apresiasi Seni Musik

3

Semester 5

6

Pendidikan Perdamaian

3

Semester 5

7

Ham dan Demokrasi

3

Semester 6

8

TOEFL Preparation

3

Semester 6

9

Statistics for ELT Research

2

Semester 6

10

Classroom Action Research

2

Semester 6

11

Case Studies in ELT

2

Semester 6

12

Corpus study

2

Semester 6

13

IELTS Preparation

3

Semester 7

14

TOEIC preparation

3

Semester 7

 

PROFIL ATAU KARAKTERISTIK LULUSAN 

Lulusan program studi pendidikan Bahasa Inggris universitas Kristen Duta Wacana akan memiliki kompetensi sebagai pengajar Bahasa Inggris untuk tujuan umum (EGP) dan khusus (ESP), sebagai perancang materi pembelajaran serta media pengajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik dengan pemahaman yang memadai tentang teori serta prinsip-prinsip pengajaran dan pedagogy. Selain itu lulusan program studi ini juga bisa menjadi seorang peneliti yang mengevaluasi keberhasilan program pembelajaran EGP dan ESP lewat serangkaian prosedur pengujian yang berbasis penelitian.

Secara lebih terperinci, profil lulusan program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana adalah sebagai berikut:

PROFIL LULUSAN

RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

CIRI PRODI PBI UKDW

Mampu melakukan perancangan materi program general English atau satu atau beberapa bidang ESP, mengajarkannya dengan pendekatan pengajaran intercultural communicative serta  elaborasi penggunaan teknologi dan pengajaran konvensional (blended learning),  dan mengevaluasi pembelajarannya secara empiris dengan kaidah penelitian sehingga siswa didik mampu menggunakan ketrampilan bahasa Inggris dalam bidang ilmu dan pekerjaan mereka, secara tertulis ataupun lisan dengan ketepatan dan kelancaran bahasa yang setara tingkat post intermediate.

  1. Mampu menunjukkan kecakapan berbahasa Inggris dalam konteks umum (English for General Purposes/EGP) setara tingkat post intermediate baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Mampu menunjukkan kecakapan  komunikasi lisan atau tertulis pada satu atau beberapa bidang bahasa Inggris untuk keperluan tertentu (English for Specific Purposes/ESP)  setara tingkat post intermediate.
  3. Mampu melakukan need analysis, menuangkan hasilnya ke dalam rancangan analisa Linguistics and cultural needs, merancang pendekatan dan metode pengajarannya, serta menyusun materi dan aktifitas kelas pada program general English atau salah satu atau beberapa bidang ESP
  4. Mampu merancang dan mempersiapkan media/metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan bidang General English atau ESP yang mengelaborasikan penggunaan teknologi pengajaran dan metode konvensional tatap muka (blended learning) dengan memperhatikan aspek budaya penutur aslinya.
  5. Mampu merancang dan membuat alat ukur keberhasilan pembelajaran  dengan berbagai metode pengujian and assessment program General English  atau bidang ESP
  6. Mampu mengajar program general English atau bidang ESP dengan pendekatan intercultural communicative dan elaborasi antara penggunaan teknologi dan pengajaran konvensional tatap muka (blended learning), membawakan aktifitas kelas dengan menarik, menunjukkan pemahaman psikologi dan filosofi pendidikan, serta mengelola kelas dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  7. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran bahasa Inggris pada program general English atau bidang ESP serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan.
  8. Mampu merancang metode penelitian yang diperlukan dalam rangka pengembangan kualitas pengajaran di kelas, mendasarinya dengan kajian pustaka serta hasil penelitian lain yang relevan, serta menyajikannya secara lisan dan tertulis.

1. Memiliki kemampuan linguistik dengan ketepatan dan kelancaran setara tingkat post intermediate baik lisan maupun tertulis untuk tujuan komunikasi bahasa Inggris umum (English for General Purposes/EGP)  ataupun untuk tujuan tertentu (English for Specific Purposes/ESP).

2. Memiliki landasan pengetahuan yang memadai tentang psikologi dan filosofi pendidikan, prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan umum (general English) atau  tujuan khusus (ESP).

3. Mempunyai integritas dalam menjalankan profesi kependidikan.

4. Selalu mengusahakan yang terbaik dalam proses perancangan, pengajaran, dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan umum (general English) atau tertentu (ESP).

5. Mampu menggunakan berbagai teknologi pengajaran bahasa dan mengkombinasikannya dengan metode pengajaran konvensional tatap muka (blended learning)