"Education is all a matter of building bridges. (Ralph Ellison)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Senin, 18 Maret 2013

Festival Budaya Jepang

Senin (18/3) pukul 15.00 Wib, Universitas Kristen Duta Wacana ( UKDW) kedatangan tamu dari Jepang yang mewakili Perpustakaan Nozomi Toshokan yang dikabarkan baru didirikan beberapa pekan lalu yang berlokasi di Jl. Kaliurang KM 14 Tegalsari Gg Kanguru No. 6 Kota Yogyakarta.

Kedatangan beberapa Tamu dari Jepang dan perwakilan Pimpinan Perpustakaan Nozomi Thosokan terkait dengan diadakannya Festival Budaya Jepang di Ruang Seminar Harun UKDW. Acara yang juga merupakan peringatan 55 tahun hubungan Jepang dengan Republik Indonesia ini, dibuka oleh Ir. Henry Feriadi, M.sc.,Ph.D. selaku Wakil Rektor IV, yang juga memberikan kata sambutan mewakili rektor UKDW, Djohan, MEM., Ph.D., yang sedang bertugas ke Amerika Serikat.

Subete no Kansha ( lagu Puji Syukur) yang dinyanyikan bersama-sama peserta yang hadir dalam ruangan yang disambung dengan 3 tarian dari negara Sakura, yang dipentaskan oleh Ai Hasuda selaku penari profesional dari negara Jepang, membuat suasana ruangan sangat antusias. setelah pertunjukan tarian yang di berikan ada pertanyaan bagi peserta dan bagi yang bisa menjawab pertanyaannya, akan diberikan penghargaan untuk menggunakan pakaiaan KIMONO pakaian Negara Jepang selama cara berlangsung. setelah itu AI HASUDA beserta partnernya mengajarkan tulisan Kanji ( tulisan dalam bahasa jepang ) ada dua tulisan kanji yang diajarkan yaitu AI ( Kasih ) dan NOZOMI ( pengharapan) .

Waktu tepat menunjukan 16.30 Wib, tidak terasa acara yang berlangsung kurang lebih 1,5 jam harus berakhir. yang diharapkan oleh AI HASUDA  bisa menjadi manfaat bagi Mahasiswa UKDW dan terus bisa menjalin hubungan baik atau lanjut dengan berkunjung ke perpustakaan Nozomi Toshokan karena disana akan ada beberapa kegiatan pelatihan berupa Tarian Negara Jepang, masak masakan Jepang dan yang pastinya belajar Bahasa Jepang. acara pun diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh perwakilan Perspustakaan Nozomi Toshokan yang diterima oleh Ir. Hendry Feriadi, M.sc.,Ph.D. selaku Wakil Rektor 4 berupa Tulisan Kanzi dan pembagian souvenir bagi para peserta.  ( ylw)