"Education is not the answer to the question. Education is the means to the answer to all questions. (William Allin)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Jumat, 09 Juni 2017

BIOTEKNOLOGI UKDW KEMBANGKAN WAWASAN DAN JEJARING MELALUI BIO-EKSKURSI

Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) sebagai lembaga akademis yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi menetapkan kurikulum berbasis Student Centered Learning (SCL) yang dinamis dan adaptif dengan perkembangan ilmu dan teknologi di dunia kerja. Program Bio-Ekskursi merupakan program regular yang sangat penting dan punya peran strategis dalam upaya meningkatkan wawasan mahasiswa terkait dengan gambaran bidang kerja, kemajuan teknologi di bidang industri maupun riset dan aplikasi bioteknologi di berbagai bidang kehidupan serta mengembangkan jejaring kerjasama dan mendapatkan feedback profil lulusan. Melalui Bio-Ekskursi, diharapkan mahasiswa dapat mengenal gambaran lingkungan kerja lebih dekat serta standar kompetensi yang dibutuhkan sehingga dapat tumbuh minat, motivasi untuk belajar lebih keras dalam meningkatkan kapasitas keilmuan dan soft skill sehingga mampu berkompetisi di bidang kerja sesuai dengan kompetensinya.

Fakultas Bioteknologi melalui lembaga kemahasiswaan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Bioteknologi UKDW mengadakan kegiatan ilmiah Bio-Ekskursi dengan mengusung tema “ Learning on The Trip”  berupa kunjungan ke perusahaan - perusahaan maupun institusi serta menyelenggarakan alumni gathering. Bio-Ekskursi dilakukan pada perusahaan, lembaga pemerintah dan swasta dengan prioritas telah ada alumni yang bekerja di bidang tersebut untuk memberikan gambaran langung kepada mahasiwa tentang kompetensi, peran penting dan prospek karier lulusan bioteknologi diberbagai bidang pekerjaan. Bioekskursi diselenggarakan tanggal 4– 8 Juni 2017 dengan tujuan ke beberapa perusahaan dan instansi yang ada di Jawa Timur seperti, PT. Multi Bintang, PT. Yakult Indonesia, PT. Amerta Indah Otsuka, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta studi banding ke Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang.

Melalui Bio-Ekskursi ini diketahui bahwa alumni Fakultas Bioteknologi yang telah bekerja terbukti mampu beradaptasi dan kompeten dibidangnya sehingga mendapat apresiasi yang tinggi di tempat kerjanya. Dari alumni gathering yang dilakukan di Hotel Pop Surabaya tanggal 5 Juni 2017, disampaikan oleh para alumni bahwa bekal pengetahuan, ketrampilan serta nilai-nilai yang diperoleh selama kuliah di Fakultas Bioteknologi UKDW menjadi bekal yang sangat bermanfaat dalam berkompetisi dan cepat beradaptasi dengan dunia kerja. Terbukti lulusan Fakultas Bioteknologi UKDW kompeten untuk mengemban tugas-tugas penting diberbagai bidang baik di industri dan pemerintahan pada berbagai posisi seperti quality assurance, human resources officer, marketing communication, research and development.