"Education is not preparation for life, education is life itself. (John Dewey)"


Berita UKDW


Berita UKDWRSS

TwitterFacebook

Selasa, 20 Maret 2012

Diskusi Pendidikan dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X

Yogyakarta telah lama menyandang predikat sebagai kota pelajar dan kota pendidikan, sebuah predikat yang muncul secara alamiah dari masyarakat, bahkan dikenal secara luas dalam skala nasional.

Dalam diskusi Jogja Education Club (JEC) yang diselenggarakan oleh Harian Kedaulatan Rakyat bekerja sama Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), hadir sebagai pembicara, Gubernur DI. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Penasihat PT. BP. Kedaulatan Rakyat, Drs. HM. Idham Samawi, Rektor Unversitas Kristen Duta Wacana, Djohan, MEM., Ph.D., serta Kajur Kurikulum & Teknologi Pendidikan FIP UNY, Dr. Sugeng Bayu Wahono, M.Si.

Diskusi yang mengambil tema “Mencari Ciri Khas dan Keunggulan Pendidikan D.I.Y” tersebut berlangsung di Auditorium UKDW, Selasa, 20 Maret 2012. Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap Yogyakarta tidak hanya sekedar merupakan kota pelajar, tetapi dapat menjadi Provinsi pendidikan. Tetapi hal ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah dan institusi pendidikan semata, namun membutuhkan partisipasi masyarakat.

Sementara Rektor UKDW, Djohan, MEM., PhD., mengemukakan pentingnya interaksi mahasiswa dengan masyarakat DIY dalam mengembangkan pembelajaran masyarakat. Dengan ditopang klaster-klaster berdasarkan potensi daerah, maka interaksi tersebut akan semakin bermanfaat.

Sedangkan Dr. Sugeng Bayu Wahono, M.Si, menilai telah terjadi penurunan pada karakter utamaYogyakarta, yaitu toleran dan populis. Menurut beliau, hal ini terjadi akibat kuatnya kultur timur tengah serta kapitalisme modernisasi sehingga berdampak besar pada kultur lokal Yogyakarta sendiri.

Acara diskusi yang dipandu oleh Wakil Rektor II UKDW, Drs. Purnawan Hardiyanto, M.Ec. Dev., tersebut, dihadiri kalangan birokrat dan akademisi tersebut berlangsung dengan sangat baik dan menghasilkan berbagai pandangan tentang pendidikan di Yogyakarta. (pm)