Unit Admisi dan Promosi menyelenggarakan acara bertajuk “UKDW Menyapa” di Hotel New Saphir Yogyakarta pada awal Desember lalu. Veronica Tiara selaku Kepala Unit Admisi dan Promosi UKDW menjelaskan acara merupakan wadah bagi orang tua calon mahasiswa UKDW untuk berinteraksi secara langsung dengan pihak UKDW. Acara serupa juga akan digelar di beberapa kota yang terletak di sekitar Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor UKDW, membagikan informasi yang berjudul “Mempersiapkan Masa Depan Melalui Pendidikan Berkualitas di Universitas Kristen Duta Wacana”. Rektor menyebutkan, “Sekarang ini kita hidup di suatu massa yg disebut VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous), dimana kondisi ini digambarkan sebagai kondisi turbulensi yang bergejolak, tidak pasti, rumit, dan tidak jelas sehingga membuat kita ragu-ragu”.

Sebelum pandemi, orang sering membicarakan tentang revolusi industry 4.0, dimana pelan-pelan beberapa profesi akan digantikan dengan kecerdasan buatan. Selain disrupsi teknologi, kita juga mengalami disrupsi pandemi. Oleh karena itu generasi muda harus disiapkan dengan kemampuan-kemampuan tertentu yang disebut literasi. Literasi tersebut mencakup literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, dan lifelong learning.

Pembelajaran di UKDW fokus pada tiga hal yakni karakteristik pembelajar masa kini, berbasis nilai-nilai luhur Duta Wacana, serta kontribusi UKDW bagi Indonesia dan dunia. “Kami percaya pada whole person education. Tidak cukup membuat mahasiswa pintar, yang lebih penting adalah membentuk karakter seutuhnya. Tidak hanya masalah inteklektual yang diperhatikan tapi juga masalah etika, karakter, kedewasaan, dan skills,” terangnya.

Pin It on Pinterest

Share This