Magister Arsitektur

  • Nama Fakultas: Arsitektur dan Desain

  • Nama Prodi: Magister Arsitektur

  • Pertama Kali Operasional: Oktober 2015

  • SK Akreditasi: 5190/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017 (Berlaku hingga 27 Desember 2022)

  • Gelar Lulusan: Magister Arsitektur [M.Ars]

  • Alamat : Kantor Fakultas Arsitektur dan Desain. Gedung Agape lantai 5, Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224.

  • Telp: (+62) 274 563929 ext 504
  • Fax: (+62) 274 513235
  • Email: 

Profil Program

Fakta bahwa Kepulauan Nusantara berada di zona ring of fire menyebabkan kebencanaan merupakan sebuah keniscayaan yang harus dihadapi. Pengetahuan dan keterampilan hidup (life skill) dalam menyiapkan diri berikut habitat hidup (lingkungan binaan) menghadapi situasi kebencanaan menjadi sebuah kompetensi yang harus dimiliki. Berpijak pada realitas kebutuhan terhadap pembentukan kompetensi keahlian ini, maka Program Studi Magister Arsitektur Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta meletakkan struktur konten kurikulum dan capaian pembelajaran lulusannya pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan komprehensif dalam manajemen kebencanaan, khususnya di bidang arsitektur dan bidang kajian lain yang relevan. Secara garis besar kompetensi interdisipliner yang dibentuk meliputi penguasaan konten terkait dengan tahap Disaster Preparedness (manajemen persiapan menghadapi bencana), Immediate Relief (Tanggap Darurat), dan tahap Post-disaster Reconstruction and Rehabilitation (Rekonstruksi dan Rehabilitasi Pasca Bencana). Kurikulum dengan 36 SKS yang ditempuh dalam 4 semester difokuskan pada pencapaian kompetensi keahlian komprehensif di bidang kebencanaan bagi lulusan yang meliputi beberapa klaster kompetensi, antara lain:

  1. Kompetensi dalam pemetaan data, perumusan masalah, dan analisis komprehensif yang melibatkan pengetahuan interdisipliner yang terkait dengan kebencanaan dengan metode riset yang kontekstual sehingga bisa menghasilkan pendekatan solusi yang inovatif bagi lingkungan binaan dan arsitektur tanggap bencana yang berkelanjutan.
  2. Kompetensi manajerial yang solutif dan aplikatif terhadap penanganan situasi kebencanaan bagi penentu kebijakan publik atau pemangku kepentingan lainnya, seperti: ASN BNPB/BNPBD dan Dinas-dinas terkait, pengelola LSM, maupun pengelola organisasi kemasyarakatan lainnya yang relevan dengan kebencanaan.
  3. Kompetensi akademik di tingkat master untuk pengembangan pengetahuan dan metode riset interdisipliner yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan konten kurikulum dan pengajaran di bidang kebencanaan, khususnya yang terkait dengan arsitektur dan lingkungan binaan. Keahlian ini dikhususkan bagi penyediaan tenaga akademik di tingkat Strata-2.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Arsitektur yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi nilai-nilai kedutawacanaan untuk mengembangkan intelektualitas,dan profesionalitas dalam bidang arsitektur dan manajemen bencana dengan pendekatan inter atau multidisiplin berdasarkan kaidah ilmiah.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Arsitektur yang berorientasi pada pencapaian standar kompetensi keilmuan berlandaskan kaidah ilmiah.
  2. Mewujudkan proses pembelajaran yang mengembangkan kepekaan wawasan lingkungan hidup, kearifan lokal, sosial dan budaya.
  3. Menumbuhkembangkan nilai-nilai kreatif, inovatif, adaptif, mandiri dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS).
  4. Menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi, kepemimpinan dan manajerial dalam praktik penelitian dan perancangan arsitektur.
  5. Melakukan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan binaan.
  6. Melaksanakan penelitian di bidang arsitektur dan perkotaan kebencanaan yang difokuskan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan inter atau multidisipliner.
  7. Memperluas dan mengoptimalkan jejaring untuk mendukung proses pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Daftar Dosen

Kompetensi Lulusan

 A. Sebagai Akademisi, lulusan akan memiliki kompetensi:

  • Manajemen pengolahan data dan analisis dengan metode interdisipliner (riset)
  • Pengembangan konten kurikulum tentang arsitektur dan lingkungan binaan  berbasis kebencanaan 
  • Pengembangan konsep manajemen sociopreneurship berbasis partisipatoris berkelanjutan

B. Sebagai Birokrat, lulusan akan memiliki kompetensi:

  • Kompetensi di bidang tata kelola kebencanaan dari tahap disaster preparedness sampai dengan pengendalian dan pengembangan kebijakan spasial pasca bencana
  • Kompetensi dalam mengkolaborasikan semua stakeholders yang relevan dengan manajemen kebencanaan

C. Sebagai pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (NGO), lulusan akan memiliki kompetensi:

  • Pengembangan tata kelola kelembagaan sociopreneurship dalam bidang arsitektur dan lingkungan binaan yang terkait dengan kebencanaan 
  • Pengembangan kompetensi manajemen jejaring dalam konteks pengelolaan sumberdaya (resources), research and development termasuk fundraising management

D. Sebagai perintis Entrepreneurship, lulusan akan memiliki kompetensi:

  • Pengelolaan kreativitas dalam menciptakan peluang entrepreneurship pada penyediaan supporting systems untuk manajemen kebencanaan 
  • Pengembangan keahlian Profesional sebagai Konsultan di bidang Arsitektur dan Lingkungan Binaan yang terkait Kebencanaan

Knowledge and Understanding

  • Memahami relasi kontekstual secara komprehensif dari substansi pengetahuan di bidang Teori dan Sejarah Arsitektur, Metode Desain Arsitektur dan Konstruksi Bangunan, Kajian Arsitektur Lingkungan Permukiman dan Perkotaan, serta Sains Bangunan yang berbasis Manajemen Kebencanaan.
  • Memahami relasi kontekstual secara komprehensif dari substansi pengetahuan interdisipliner pada tahapan manajemen kebencanaan: Disaster Preparedness (manajemen persiapan menghadapi bencana), Immediate Relief (Tanggap Darurat), dan tahap Post-disaster Reconstruction and Rehabilitation (Rekonstruksi dan Rehabilitasi Pasca Bencana) yang dapat ditransformasikan menjadi metode riset serta metode desain arsitektur dan lingkungan binaan yang berkelanjutan.
  • Memahami substansi pengetahuan dan metode partisipatoris dalam manajemen kebencanaan yang dapat diaplikasikan dalam perencanaan resiliensi habitat permukiman dan lingkungan binaan maupun dalam tahap Immediate Relief (Tanggap Darurat), dan tahap Post-disaster Reconstruction and Rehabilitation (Rekonstruksi dan Rehabilitasi Pasca Bencana).
  • Memahami konsep Sustainable Development Goals 2030 (Global SDGs 2030) dalam relasi kontekstualnya dengan substansi manajemen kebencanaan berikut transformasinya ke dalam metode perencanaan dan perancangan habitat permukiman yang tanggap bencana.

Intellectual Skills

  • Mampu melakukan kajian ilmiah secara interdisipliner terhadap fenomena sosio-spasial dan arsitektur dalam konteks kebencanaan baik di tataran skala mikro bangunan hingga skala makro kawasan dengan instrumen analisis yang disusun dari hasil kajian teori yang relevan dengan kebencanaan.
  • Mampu melakukan kajian ilmiah secara interdisipliner terhadap isu-isu aktual kebencanaan terkait dengan tema khusus, seperti: Konservasi dan Revitalisasi Bangunan/Kawasan Cagar Budaya, Perencanaan dan Perancangan Habitat Perkotaan dengan menerapkan pendekatan metode Partisipatoris dan Pembangunan Berbasis Masyarakat yang inklusif, inovatif dan kreatif.

Daftar Mata Kuliah (Kurikulum 2020)

KodeNama MatakuliahSKSKeteranganPrasyarat
Semester 1
MA1203Filsafat Ilmu dan Arsitektur3Wajib
MA1213Pengantar Manajemen Kebencanaan3Wajib
MA1223Lingkungan Binaan Tangguh Bencana3Wajib
Semester 2
MA2232Penelitian Multidisipliner Arsitektur2Wajib
MA2242Perancangan Habitat Rawan Bencana2Wajib
MA2252Analisis Sosio-spasial Mitigasi Bencana2Wajib
MA2263Rekayasa Habitat Tangguh Bencana3Wajib (Lab.)
Semester 3
MA3272Pra-Tesis2Wajib
MA3283Manajemen Kebencanaan Lingkungan Binaan3Wajib
MA3294Studio – Desain Terintegrasi4Wajib (Lab.)
Semester 4
MA4303Publikasi : Jurnal & Prosiding Seminar3Wajib
MA4316Tesis6Wajib
Total SKS
36

Diagram Kurikulum (2020)

Daftar Mata Kuliah (Kurikulum 2015-2019)

KodeNama MatakuliahSKSKeteranganPrasyarat
Term 1
MA1013Metodologi Penelitian Arsitektur3Wajib
MA1022Lingkungan Binaan Berkelanjutan2Wajib
MA1032Pembangunan Berbasis Komunitas2Wajib
MA1042Arsitektur dan Urbanisme2Wajib
Term 2
MA2053Riset Tematik Arsitektur 1 (STUDIO)3WajibMPA ≥ B-
MA2072Perancangan Partisipatif2Wajib
MA2082Habitat Permukiman Perkotaan2Wajib
*Mata Kuliah Pilihan*2*Pilihan*
Term 3
MA2062Ekonomi dan Politik Perkotaan2Wajib
MA3093Riset Tematik Arsitektur 2 (SEMINAR)3WajibRTA 1 ≥ B-
MA3102Ketahanan Lingkungan Binaan2Wajib
MA3112Arsitektur Kota Cerdas2Wajib
Term 4
MA4176Tesis6WajibRTA 2 ≥ B-
MA4183Publikasi Jurnal3Wajib
Total SKS
36
Mata Kuliah Pilihan
KodeNama MatakuliahSKSKeteranganPrasyarat
MA3122Pengembangan Kota Berorientasi Mobilitas2Pilihan
MA3132Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Kota2Pilihan
MA3142Perilaku dan Lingkungan Binaan2Pilihan
MA3152Perancangan dan Manajemen Paska Bencana2Pilihan
MA3192Arsitektur Nusantara2Pilihan

Diagram Kurikulum (2015-2019)

Pin It on Pinterest

Share This