Magister Arsitektur

Nama Fakultas:
Arsitektur dan Desain
Nama Prodi:
Magister Arsitektur
Pertama Kali Operasional:
Oktober 2015
SK Akreditasi:
5190/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017 (Berlaku hingga 27 Desember 2022)
Gelar Lulusan:
Magister Arsitektur [M.Ars]
Alamat :
Kantor Fakultas Arsitektur dan Desain.
Gedung Agape lantai 5, Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224.
Telp :
(+62) 274 563929 ext 504
Fax :
(+62) 274 513235
Email:

Deskripsi Singkat

Program Studi Magister Arsitektur UKDW adalah Program Magister pertama di lingkungan Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW yang berdiri pada tahun 2015, dengan Keputusan Menristek Dikti Nomor 116/M/Kp/III/2015 tanggal 31 Maret 2015. Sehingga Program Studi Magister Arsitektur UKDW berada di bawah pengelolaan Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW. Program Studi ini pada dasarnya diselenggarakan pada umumnya untuk menjawab tuntutan pembangunan dan pada khususnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Arsitektur, yang meliputi:

  • Kebutuhan akan tenaga perancang profesional yang memiliki kemampuan untuk mencari, membaca, memahami dan mengkaji serta memetakan berbagai persoalan perkotaan dan permukiman dan mencari solusi-solusi untuk perbaikan serta peningkatan kualitas habitat dan kehidupan manusia secara utuh dan berkelanjutan.
  • Kebutuhan akan peningkatan kualitas sumber daya manusia di kalangan Pemerintahan di bidang Perencanaan dan Perancangan Kawasan Perkotaan dan Permukiman.
  • Kebutuhan akan tenaga pengajar di bidang teknik Arsitektur skala kawasan (meso) yang berderajat S2.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Arsitektur yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi nilai-nilai Kristiani yaitu cinta kasih, keadilan dan kejujuran untuk mengembangkan intelektualitas, profesionalitas, dan pemikiran yang kritis dalam bidang arsitektur dan perkotaan melalui penelitian dengan pendekatan inter atau multi disiplin berdasarkan kaidah imliah.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Arsitektur yang berorientasi pada pencapaian standar kompetensi keilmuan berlandaskan kaidah ilmiah.
  2. Mewujudkan proses pembelajaran yang mengembangkan kepekaan wawasan lingkungan hidup, kearifan lokal, sosial dan budaya.
  3. Menumbuh-kembangkan nilai-nilai kreatif, inovatif, adaptif, mandiri dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi.
  4. Melakukan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan binaan.
  5. Melaksanakan penelitian di bidang arsitektur dan perkotaan yang difokuskan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Memperluas dan mengoptimalkan jejaring untuk mendukung proses pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Daftar Dosen

Kurikulum

Dalam upaya mencapai kompetensi profil lulusan, maka struktur kurikulum disusun untuk memenuhi 4 (empat) pilar kompetensi utama yang menjadi penciri khusus dan harus dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi Magister Arsitektur UKDW. Kompetensi utama ini meliputi:

Knowledge and Understanding

  • Mengerti, memahami, dan mampu membuat korelasi sejarah Arsitektur, Lingkungan Permukiman dan Perkotaan dengan fenomena perkembangan permasalahan Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Kota (Urban Conservation and Revitalisation).
  • Mengerti, memahami dan mampu membuat korelasi antara teori Arsitektur, teori Permukiman dan teori Perkotaan dengan fenomena perkembangan kota seperti konsep Arsitektur Kota Cerdas (Smart City Architecture), Pengembangan Kota
  • Berorientasi Mobilitas (Mobility Oriented Urban Development), Green City, maupun Transit Oriented Development (TOD) Urban Development concept.
  • Mengerti, memahami dan mampu membuat korelasi antara teori Arsitektur, teori Permukiman dan teori Perkotaan dengan konsep Perancangan dan Manajemen Pasca Bencana (Post-Disaster Design and Management)
  • Mengerti, memahami dan mampu membuat korelasi teori Arsitektur, teori Permukiman, teori Perkotaan dengan Konsep Pembangunan Habitat Perkotaan dengan metode Partisipatoris dan Pembangunan Berbasis pada masyarakat.
  • Mengerti, memahami dan mampu membuat korelasi teori Ekonomi dan Politik Perkotaan.

Intellectual Skills

  • Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Kota (Urban Conservation and Revitalisation) dengan penerapan integrasi pengetahuan teoritis tentang sejarah Arsitektur, Lingkungan Permukiman dan Perkotaan.
  • Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap fenomena perkembangan kota dengan pendekatan konsep Arsitektur Kota Cerdas (Smart City Architecture), Pengembangan Kota Berorientasi Mobilitas (Mobility Oriented Urban Development), Green City Concept, maupun Transit Oriented Development (TOD) Urban Development Concept dengan mengintegrasikan pengetahuan tentang teori Arsitektur, teori Permukiman dan teori Perkotaan.
  • Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan pembangunan pasca bencana dengan mengitegrasikan pendekatan teori Arsitektur, teori Permukiman dan teori Perkotaan dengan konsep Perancangan dan Manajemen Pasca Bencana (Post-Disaster Design and Management)
  • Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan pembangunan Habitat Perkotaan dengan menerapkan pendekatan metode Partisipatoris dan Pembangunan Berbasis pada Masyarakat.
  • Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan perkotaan dengan menerapkan analisis arsitektural dalam perspektif ekonomi dan politik perkotaan.

Practical Skills

  • Mampu merancang dan merencanakan tema-tema penelitian tentang Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Kota (Urban Conservation and Revitalisation).
  • Mampu merancang dan merencanakan tema-tema penelitian tentang Arsitektur Kota Cerdas (Smart City Architecture), Pengembangan Kota Berorientasi Mobilitas (Mobility Oriented Urban Development), Green City Concept, maupun Transit Oriented Development (TOD) Urban Development concept.
    Mampu merancang dan merencanakan tema-tema penelitian tentang pembangunan pasca bencana dengan Pendekatan konsep Perancangan dan Manajemen Pasca Bencana (Post-Disaster Design and Management)
    Mampu merancang dan merencanakan tema-tema penelitian tentang Habitat Perkotaan dengan menerapkan pendekatan metode Partisipatoris dan Pembangunan Berbasis pada Masyarakat.
    Mampu merancang dan merencanakan tema-tema penelitian tentang ekonomi dan politik perkotaan.

Managerial Skills and Attitude

  • Mampu bekerja secara mandiri ataupun bersama secara berkelompok baik dengan kolega satu profesi maupun dengan pihak yang berprofesi berlainan.
  • Mampu mengelola hasil studi untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang arsitektur, pendidikan arsitektur, atau profesi arsitek dan perencana kota.
  • Mampu mengelola penelitian mulai dari tahap perencanaan maupun diseminasi hasil penelitian.

Daftar Mata Kuliah

TermKode MKNama Mata KuliahBobot SKSKeterangan
IMA1013Metodologi Penelitian Arsitektur3Wajib
MA1022Lingkungan Binaan Berkelanjutan2Wajib
MA1032Pembangunan Berbasis Komunitas2Wajib
MA1042Arsitektur dan Urbanisme2Wajib
 
IIMA2053Riset Tematik Arsitektur 1 (STUDIO)3Wajib
MA2062Ekonomi dan Politik Perkotaan2Wajib
MA2072Perancangan Partisipatif2Wajib
MA2082Habitat Permukiman Perkotaan2Wajib
 
IIIMA3093Riset Tematik Arsitektur 2 (SEMINAR)3Wajib
MA3102Ketahanan Lingkungan Binaan2Wajib
MA3112Arsitektur Kota Cerdas2Wajib
MA3122Pengembangan Kota Berorientasi Mobilitas2Pilihan
MA3132Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Kota2Pilihan
MA3142Perilaku dan Lingkungan Binaan2Pilihan
MA3152Perancangan dan Manajemen Paska Bencana2Pilihan
MA3192Arsitektur Nusantara2Pilihan
 
IVMA4176Tesis6Wajib
MA4183Publikasi Jurnal3Wajib
Total SKS36 

 

Diagram Kurikulum

Pin It on Pinterest

Share This