Fakultas Bisnis

Nama                     : Fakultas Bisnis

Nomor Telepon   : +62 274 563929, ext: 418

Fax                          : +62 274 513235

Alamat                   : Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 5-25 

Email                      : 

Sejarah

Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana didirikan pada tahun 1985. Pada awal pendiriannya bernama Fakultas Ekonomi dan program studi yang dibuka adalah Program Studi Manajemen. Kemudian pada tahun 2000, dibuka Program Studi Akuntansi. Selanjutnya pada tahun 2015 dibuka Program Studi Magister Manajemen

Visi

”Menjadi Fakultas Bisnis yang unggul dan terpercaya untuk melahirkan generasi profesional mandiri dalam bidang Ilmu Manajemen dan Akuntansi bagi dunia yang pluralistik berdasarkan kasih”

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran bisnis yang Kontekstual berbasis Nilai-nilai Kedutawacanaan.
  2. Melakukan riset di bidang bisnis, Manajemen, Akuntansi dan kewirausahaan yang berpihak pada nilai kemanusiaan.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang partisipatoris dalam bidang Ilmu Manajemen, dan Akuntansi untuk memecahkan masalah sosial.
  4. Membangun institusi yang unggul untuk meningkatkan kualitas unggul pada proses pengelolaan Fakultas Bisnis.
  5. Mengembangkan civitas akademika yang menghidupi nilai-nilai kedutawacanaan.

Pengurus Fakultas

Dr. Perminas Pangeran, M.Si

Dekan

 

Drs. Sisnuhadi, MBA., Ph.D

Wakil Dekan Bidang Akademik & Kaprodi Manajemen

 

Christine Novita Dewi, SE., M.Acc., Ak., CA

Kaprodi Akuntansi

 

Dr. Singgih Santoso, MM

Kaprodi Magister Manajemen

 

Dra. Putriana Kristantim MM., Ak., CA

Wakil Dekan Bidang Tata Kelola Keuangan, SDM dan Saran Prasarana

 

Lucia Nurbani Kartika, S.Pd., Dipl. Secr., MM

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama

Struktur Organisasi

Pusat Studi Ekonomi Bisnis

Drs. Purnawan Hardiyanto, MEc.Dev

Ketua

Dra. Insiwijati Prasetyaningsih, MM

Sekretaris

Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat

Dr. Singgih Santoso., MM

Ketua

Eka Adhi Wibowo, SE., M.Sc

Sekretaris

Dra. Xaveria Indri Prasasyaningsih, M,Si

Bendahara

Senat Fakultas Bisnis

Dr. Singgih Santoso, MM

Ketua Senat

Dra. Agustini Dyah Respati, MBA

Anggota

Dr. Murti Lestari, M.Si

Anggota

Dra. Insiwijati Prasetianingsih, MM

Anggota

Ari Christianti, SE., MSM

Anggota

Astuti Yuli Setyani, M.Si., Ak., CA

Anggota

Dra. Ambar Kusuma Astuti, M.Si

Anggota

Dra. Putriana Kristanti, MM., Ak., CA

Sekretaris

Jonathan Herdioko, SE., MM

Anggota

Dr. Perminas Pangeran, M.Si

Anggota

Dra. Ety Istriani, MM

Anggota

Dra. Umi Murtini, M.Si

Anggota

Lucia Nurbani Kartika, S.Pd., Dipl. Secr., MM

Anggota

Drs. Sisnuhadi, MBA, Ph.D

Anggota

Erni Ekawati, MSA., MBA., Ph.

Anggota

Dr. Heru Kristanto

Anggota

Dra. Purwani Retno Andalas, MM

Anggota

Drs. Marbudyo Tyas Widodo, MM., Ak., CA

Anggota

Dra. Xaveria Indri Prasasyaningsih, M.Si

Anggota

Informasi Program Studi

Program Studi Manajemen

Program studi manajemen Fakultas Bisnis UKDW, berdiri pada tahun 1985  dibawah payung fakultas Ekonomi. Program studi ini didirikan dalam upaya  mendidik calon sarjana manajemen untuk memiliki jiwa kewirausahaan, memahami dan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam dunia bisnis, dan memiliki moralitas Kristen yang universal. Program pendidikan di program studi manajemen tidak hanya mengembangkan keahlian sesuai dengan kurikulum, namun juga mengembangkan soft skills yang sangat diperlukan dalam pekerjaan. Keahlian soft skills meliputi: kepribadian, keahlian berkomunikasi, presentasi, dan kemampuan pengembangan diri.

Program studi ini dalam upaya memberi sumbangsih kepada masyarakat menawarkan konsentrasi yang memungkinkan para mahasiswa memilih konsentrasi sesuai dengan bakat serta keinginannya. Konsentrasi tersebut meliputi: Manajemen Pemasaran dengan minat bidang retail dan komunikasi pemasaran, serta konsentrasi keuangan dengan minat bidang manajemen investasi. Untuk dapat memahami dan mengaplikasikan teknologi informasi, para mahasiswa juga dibekali dengan program-program aplikasi komputer untuk membantu dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan bisnis.

Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntansi berdiri sejak tahun 2000. Pihak internal program studi, dekanat, pegawai akademik, dan pegawai pendukung akademik, terlibat secara aktif dalam penyusunan visi dan misi program studi melalui raker, yang diadakan setelah visi dan misi baru Universitas Kristen Duta Wacana disahkan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana. Hal-hal lain yang menjadi pertimbangan dalam menyusun visi dan misi program studi adalah sumber daya yang telah dimiliki program studi antara lain mahasiswa, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, alumni, dan pengguna lulusan. Sumber informasi lain yang juga menjadi bahan pertimbangan, yaitu tantangan masa depan di dunia pendidikan. Program Studi Akuntansi melakukan studi banding ke beberapa universitas di dalam dan luar negeri untuk mempelajari variasi pendidikan tinggi yang ada, dan layanan pendidikan yang diberikan. Company visit juga dilakukan untuk mengenali secara spesifik kebutuhan lulusan yang diperlukan oleh pihak pengguna. Setelah melakukan berbagai macam usaha tersebut, pemimpin program studi beserta dengan segenap pegawai akademik menentukan posisi Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana, dalam hal ini wakil rektor bidang akademik juga turut serta memberikan konsultasi.

Pada akhirnya diputuskan bahwa Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Duta Wacana memposisikan dirinya sebagai program studi yang dapat melahirkan generasi profesional mandiri yang memiliki kompetensi spesifik di bidang akuntansi meliputi perpajakan, sektor publik, pengauditan, keuangan dan manajemen, yang ditunjang dengan teknologi informasi. Pencapaian visi didasari oleh principle guidelines yang telah dirumuskan dalam bentuk nilai-nilai Universitas Kristen Duta Wacana yakni Obedience to GodWalking in Integrity, Striving for Excellence, dan Service to the World. Nilai-nilai tersebut telah diwujudkan menjadi code of conducts. Dengan demikian arah ke depan program studi menjadi lebih jelas, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara melahirkan generasi profesional mandiri yang memiliki keunikan tersendiri yang dapat ikut ambil bagian dalam pembangunan bangsa

Program Studi Magister Manajemen

Program MM Universitas Kristen Duta Wacana diselenggarakan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 384/M/Kp/VI/2015 tanggal 10 Juni 2015 tentang izin penyelenggaraan Program Magister Manajemen. Kurikulum Program MM diselenggarakan sesuai kerangka kualifikasi Nasional Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang begitu ketat. Tantangan besar yang dihadapi lembaga bisnis dan komunitas dewasa ini adalah berkaitan dengan semakin ketatnya persaingan global dan regional, di antaranya, berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN, berlakunya WTO. Intensitas persaingan ini semakin tinggi dalam era teknologi digital. Sementara itu, krisis keuangan dan ekonomi global yang terjadi berdampak pada kinerja perusahaan/komunitas, kebangkrutan banyak perusahaan besar, dan daya saing lembaga bisnis dan komunitas semakin rendah. Sejalan dengan tantangan tersebut, pentingnya terobosan besar dalam penyiapan dan pengembangan tenaga ahli profesional yang berkelanjutan. Program Magister Manajemen siap hadir dan berkomitmen untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang inovatif dan bermutu untuk mencetak para tenaga ahli profesional yang handal dan berdaya saing di kawasan global. Empat Konsentrasi ditawarkan: Manajemen Risiko, Manajemen Pemasaran, Social Entrepreneurship, dan Manajemen Sumberdaya Manusia.

Fasilitas Akademik

Fakultas Bisnis memiliki berbagai macam Fasilitas dalam rangka mendukung kegiatan akademik, antara lain: Laboratorium Komputer, Pusat Statistik, Video Conference, Pojok Bursa Efek Indonesia dan Tax Center. Selain itu, Fakultas Bisnis juga memiliki Dua Jurnal sebagai wadah untuk Mahasiswa  dan Dosen Fakultas Bisnis untuk mempublikasikan penelitiannya, yaitu :

Staff Pendukung Akademik

Dwi Kristiyani, SE

Anggraeni, SE

Antonius Ngadiyo

Esther Yovita Prastya, SE

Firman Haryo Setyadi, S.Kom

Pin It on Pinterest

Share This