Magister Manajemen

- Nama Fakultas : Bisnis
- Nama Prodi : Magister Manajemen
- Tanggal Berdiri : 10 Juni 2015
- Gelar Lulusan : Magister Manajemen (M.M)
- No. SK Akreditasi : 1103/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019
- Peringkat Akreditasi : B
- Tanggal Kadaluarsa : 23 April 2024
- Alamat : Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo 5-25, Gedung Agape Lantai 2, Yogyakarta, 55224
- Telepon : (+62) 274 563929 ext 223
- Fax : (+62) 274 548050, (+62) 274 513235
- Website : mmukdw.com
- Email :
Deskripsi Singkat
Program MM Universitas Kristen Duta Wacana diselenggarakan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 384/M/Kp/VI/2015 tanggal 10 Juni 2015 tentang izin penyelenggaraan Program Magister Manajemen. Kurikulum Program MM diselenggarakan sesuai kerangka kualifikasi Nasional Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang begitu ketat. Tantangan besar yang dihadapi lembaga bisnis dan komunitas dewasa ini adalah berkaitan dengan semakin ketatnya persaingan global dan regional, di antaranya, berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN, berlakunya WTO. Intensitas persaingan ini semakin tinggi dalam era teknologi digital. Sementara itu, krisis keuangan dan ekonomi global yang terjadi berdampak pada kinerja perusahaan/komunitas, kebangkrutan banyak perusahaan besar, dan daya saing lembaga bisnis dan komunitas semakin rendah. Sejalan dengan tantangan tersebut, pentingnya terobosan besar dalam penyiapan dan pengembangan tenaga ahli profesional yang berkelanjutan. Program Magister Manajemen siap hadir dan berkomitmen untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang inovatif dan bermutu untuk mencetak para tenaga ahli profesional yang handal dan berdaya saing di kawasan global. Empat Konsentrasi ditawarkan: Manajemen Risiko, Manajemen Pemasaran, Social Entrepreneurship, dan Manajemen Sumberdaya Manusia.
Konsentrasi Manajemen Risiko
Para lulusan diharapkan mampu dan siap berperan sebagai tenaga ahli risiko keuangan dan korporat. Lulusan memiliki pengetahuan mendalam dan mahir dalam bekerja sesuai standar global atas kerangka manajemen risiko keuangan dan risiko korporasi (enterprise). Lulusan juga mampu melakukan valuasi bisnis, menyusun sistem tata kelola korporat, dan membuat rencana strategik keuangan. Secara spesifik Lulusan mampu mengidentifikasi risiko, mengukur risiko, memeta risiko, dan menangani serta mengelola risiko di Lembaga Keuangan (perbankan dan lembaga keuangan lainnya) dan Manufaktur, baik pada level nasional maupun multinasional.
Konsentrasi Pemasaran
Lulusan diharapkan memahami lingkungan bisnis yang saat ini sudah bersifat global dan serba digital, sehingga dapat menyusun rencana strategik untuk pemasaran produk dan jasa mereka, selain dapat membuat marketing plan yang berbasis strategi pemasaran serta taktik pemasaran yang relevan. Lulusan juga mampu mengikuti perubahan perilaku konsumen dan kompetitor pada era digital saat ini serta dapat beradaptasi pada lingkungan pemasaran yang sangat dinamis, baik sebagai manajer pemasaran, wirausahawan, profesional berbasis start-up business konsultan pemasaran, atau karir lain di bidang pemasaran.
Konsentrasi Social Entrepreneurship
Para lulusan diharapkan mampu berperan sebagai tenaga ahli wirausaha sosial atau manajemen usaha sosial (social enterprise). Lulusan mampu dan mahir bekerja sesuai standar global dalam pengembangan komunitas, menyusun strategi pencarian dana (fundraising), dan pengembangan social entrepreneurship serta mampu melakukan evaluasi program sosial. Peran lulusan sebagai pemecah masalah sosial melalui model bisnis sosial pada organisasi sosial, seperti Yayasan Sosial, Gereja, Organisasi Kesejahteraan Sosial Masyarakat, Yayasan Dana, Lembaga Advokasi, Konservasi Lingkungan, Pekerja Sosial, dan lainnya.
Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia
Para lulusan diharapkan mampu dan siap berperan sebagai tenaga ahli di bidang Sumberdaya Manusia. Lulusan memiliki pengetahuan mendalam dan mahir dalam bekerja sesuai standar global atas kerangka Modal Manusia Profesional. Secara spesifik, lulusan juga mampu melakukan pengembangan organisasi (organization development), Pengembangan Orang (Person Development), Talent Management, dan Hubungan Industrial. Lulusan mampu menguasai teori terapan, metode dan alat yang mendukung pengembangan organisasi dan modal manusia serta lingkungan kerja industrial agar mampu bersaing baik pada level nasional maupun multinasional. Dengan hadirnya empat konsentrasi unggulan, kami mengundang para calon Mahasiswa yang memiliki visi ke depan menuju generasi profesionalisme untuk bergabung di Program ini. Selama studi, Mahasiswa juga diharapkan memiliki nilai unggulan: selalu berusaha memberi yang terbaik, menegakkan nilai-nilai kemanusiaan,menjunjung tinggi integritas, memenuhi kewajiban akademik dengan
cerdas, dan memandang hari depan penuh optimis berdasarkan Iman
Visi
“Menjadi Program studi MM yang unggul dan terpercaya untuk menghasilkan tenaga ahli profesional dalam bidang manajemen risiko, manajemen sumberdaya manusia, menajemen pemasaran, dan kewirausahan sosial bagi dunia yang pluralistik berdasarkan kasih”
Misi
Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, bermutu dan kontekstual untuk mencetak tenaga ahli profesional, yang kompeten dan berkarakter kuat, dalam bidang manajemen risiko, manajemen sumberdaya manusia, menajemen pemasaran, kewirausahaan sosial, dengan kemampuan memecah masalah yang kompleks, berpikir kritis, dan strategik.
Mengembangkan riset bidang Manajmen dan Kewirausahaan yang berorientasi temuan dan inovasi untuk meningkatkan daya saing akademik dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, dunia usaha, dan industri.
Melakukan Pengabdian pada Masyarakat yang partisipatoris untuk memecah masalah sosial masyarakat.
Mengembangkan sistem tatakelola yang baik untuk meningkatkan kualitas unggul pada proses pengelolaan Magister Manajemen
Melakukan kerjasama strategis untuk mendukung peningkatan kualitas dan inovasi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat melalui jaringan (network) Lokal, Regional, Nasional, dan Internasional.
Daftar Dosen
Dr. Perminas Pangeran, M.Si
Dekan Fakultas Bisnis Dosen Magister Manajemen Pendidikan S1 : Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (S.E.) S2 : Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (M.Si.) S3 : Doktor Sains Manajemen Fakultas Ekonomika dan...
Dr. Murti Lestari, M.Si
Dosen Ilmu Ekonomi Pendidikan S1 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada S2 Magister Sains Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada S3 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Jabatan Fungsional Lektor...
Dra. Erni Ekawati, M.SA., Ph.D
Dosen Manajemen Keuangan Pendidikan S1 Akuntansi Universitas Airlangga S2 Master of Business Administration, Kent State University, USA S2 Master of Science in Accounting, Kent State University, USA S3 Ph. D in Management, Kent...
Dr. Heru Kristanto, MT
Dosen Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada S2 Teknologi Industri Insitut Teknologi Bandung S3 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Email...
Dr. Singgih Santoso, MM
Ketua Program Magister Manajemen dan Dosen Magister Manajemen Marketing Pendidikan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Duta Wacana S2 Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia S3 Sains Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas...
Tabel Mata Kuliah
Term | No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
I | 1 | MM1013 | Teori dan Aplikasi MSDM Madya | 3 |
2 | MM1023 | Teori dan Aplikasi Manajemen Keuangan Madya | 3 | |
3 | MM1033 | Teori dan Aplikasi Manajemen Pemasaran Madya | 3 | |
4 | MM1043 | Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif | 3 | |
Jumlah SKS | 12 | |||
II | 5 | MM1062 | Hukum Bisnis dan Etika Bisnis | 2 |
6 | MM1053 | Teoridan Aplikasi Manajemen Stratejik | 2 | |
Dua Mata Kuliah Konsentrasi | ||||
Konsentrasi Manajemen Risiko | ||||
7 | MM2013 | Manajemen Risiko Bisnis Strategik (Strategic Enterprise Risk Management) | 3 | |
8 | MM2023 | Manajemen Risiko Keuangan (Financial Risk Management) | 3 | |
Konsentrasi Manajemen Pemasaran | ||||
9 | MM3013 | Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) | 3 | |
10 | MM3023 | Strategi Pemasaran dan Merek (Marketing and Branding Strategy) | 3 | |
Konsentrasi Social Entrepreneurship | ||||
11 | MM4013 | Pengembangan Komunitas (Community Development) | 3 | |
12 | MM4023 | Manajemen Pendanaan Strategik (Strategic Fundraising Management) | 3 | |
Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia | ||||
13 | MM6013 | Pengembangan Organisasional (Organizational Development) | 3 | |
14 | MM6023 | Manajemen Modal Manusia Profesional (Professional Human Capital Management) | 3 | |
Jumlah SKS | 10 | |||
III | Konsentrasi Manajemen Risiko | |||
15 | MM2033 | Valuasi Bisnis (Business Valuation) | 3 | |
16 | MM2043 | Manajemen Keuangan Strategik dan Tata Kelola Korporat (Strategic Financial Management and Corporate Governance) | 3 | |
Konsentrasi Manajemen Pemasaran | ||||
17 | MM3033 | Riset Pemasaran (Marketing Research) | 3 | |
18 | MM3043 | Pemasaran Jasa dan Digital Marketing (Service and Digital Marketing) | 3 | |
Konsentrasi Social Entrepreneurship | ||||
19 | MM4033 | Evaluasi Program (Program Evaluation) | 3 | |
20 | MM4043 | Social entrepreneurship | 3 | |
Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia | ||||
21 | MM6033 | Manajemen Bakat (Talent Management) | 3 | |
22 | MM6043 | Hubungan Industrial (Industrial Relationship) | 3 | |
Jumlah SKS | 6 | |||
IV | 23 | MM5013 | Internship | 3 |
24 | MM5025 | TESIS | 5 | |
Jumlah SKS | 8 | |||
Jumlah Capaian SKS MM | 36 |