Magister Manajemen

  • Nama Fakultas : Bisnis
  • Nama Prodi : Magister Manajemen
  • Tanggal Berdiri : 10 Juni 2015
  • Gelar Lulusan : Magister Manajemen (M.M)
  • No. SK Akreditasi : 1103/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019
  • Peringkat Akreditasi : B
  • Tanggal Kadaluarsa : 23 April 2024
  • Alamat : Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo 5-25, Gedung Agape Lantai 2, Yogyakarta, 55224
  • Telepon : (+62) 274 563929 ext 223
  • Fax : (+62) 274 548050, (+62) 274 513235
  • Website : mmukdw.com
  • Email

Deskripsi Singkat

Program MM Universitas Kristen Duta Wacana diselenggarakan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 384/M/Kp/VI/2015 tanggal 10 Juni 2015 tentang izin penyelenggaraan Program Magister Manajemen. Kurikulum Program MM diselenggarakan sesuai kerangka kualifikasi Nasional Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang begitu ketat. Tantangan besar yang dihadapi lembaga bisnis dan komunitas dewasa ini adalah berkaitan dengan semakin ketatnya persaingan global dan regional, di antaranya, berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN, berlakunya WTO. Intensitas persaingan ini semakin tinggi dalam era teknologi digital. Sementara itu, krisis keuangan dan ekonomi global yang terjadi berdampak pada kinerja perusahaan/komunitas, kebangkrutan banyak perusahaan besar, dan daya saing lembaga bisnis dan komunitas semakin rendah. Sejalan dengan tantangan tersebut, pentingnya terobosan besar dalam penyiapan dan pengembangan tenaga ahli profesional yang berkelanjutan. Program Magister Manajemen siap hadir dan berkomitmen untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang inovatif dan bermutu untuk mencetak para tenaga ahli profesional yang handal dan berdaya saing di kawasan global. Empat Konsentrasi ditawarkan: Manajemen Risiko, Manajemen Pemasaran, Social Entrepreneurship, dan Manajemen Sumberdaya Manusia.

Konsentrasi Manajemen Risiko

Para lulusan diharapkan mampu dan siap berperan sebagai tenaga ahli risiko keuangan dan korporat. Lulusan memiliki pengetahuan mendalam dan mahir dalam bekerja sesuai standar global atas kerangka manajemen risiko keuangan dan risiko korporasi (enterprise). Lulusan juga mampu melakukan valuasi bisnis, menyusun sistem tata kelola korporat, dan membuat rencana strategik keuangan. Secara spesifik Lulusan mampu mengidentifikasi risiko, mengukur risiko, memeta risiko, dan menangani serta mengelola risiko di Lembaga Keuangan (perbankan dan lembaga keuangan lainnya) dan Manufaktur, baik pada level nasional maupun multinasional.

Konsentrasi Pemasaran

Lulusan diharapkan memahami lingkungan bisnis yang saat ini sudah bersifat global dan serba digital, sehingga dapat menyusun rencana strategik untuk pemasaran produk dan jasa mereka, selain dapat membuat marketing plan yang berbasis strategi pemasaran serta taktik pemasaran yang relevan. Lulusan juga mampu mengikuti perubahan perilaku konsumen dan kompetitor pada era digital saat ini serta dapat beradaptasi pada lingkungan pemasaran yang sangat dinamis, baik sebagai manajer pemasaran, wirausahawan, profesional berbasis start-up business konsultan pemasaran, atau karir lain di bidang pemasaran.

Konsentrasi Social Entrepreneurship

Para lulusan diharapkan mampu berperan sebagai tenaga ahli wirausaha sosial atau manajemen usaha sosial (social enterprise). Lulusan mampu dan mahir bekerja sesuai standar global dalam pengembangan komunitas, menyusun strategi pencarian dana (fundraising), dan pengembangan social entrepreneurship serta mampu melakukan evaluasi program sosial. Peran lulusan sebagai pemecah masalah sosial melalui model bisnis sosial pada organisasi sosial, seperti Yayasan Sosial, Gereja, Organisasi Kesejahteraan Sosial Masyarakat, Yayasan Dana, Lembaga Advokasi, Konservasi Lingkungan, Pekerja Sosial, dan lainnya.

Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia

Para lulusan diharapkan mampu dan siap berperan sebagai tenaga ahli di bidang Sumberdaya Manusia. Lulusan memiliki pengetahuan mendalam dan mahir dalam bekerja sesuai standar global atas kerangka Modal Manusia Profesional. Secara spesifik, lulusan juga mampu melakukan pengembangan organisasi (organization development), Pengembangan Orang (Person Development), Talent Management, dan Hubungan Industrial. Lulusan mampu menguasai teori terapan, metode dan alat yang mendukung pengembangan organisasi dan modal manusia serta lingkungan kerja industrial agar mampu bersaing baik pada level nasional maupun multinasional. Dengan hadirnya empat konsentrasi unggulan, kami mengundang para calon Mahasiswa yang memiliki visi ke depan menuju generasi profesionalisme untuk bergabung di Program ini. Selama studi, Mahasiswa juga diharapkan memiliki nilai unggulan: selalu berusaha memberi yang terbaik, menegakkan nilai-nilai kemanusiaan,menjunjung tinggi integritas, memenuhi kewajiban akademik dengan
cerdas, dan memandang hari depan penuh optimis berdasarkan Iman

Visi

“Menjadi  Program studi  MM yang unggul dan  terpercaya untuk menghasilkan tenaga ahli profesional dalam bidang manajemen risiko, manajemen sumberdaya manusia, menajemen pemasaran, dan kewirausahan sosial bagi dunia yang pluralistik berdasarkan kasih”

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, bermutu dan kontekstual untuk mencetak tenaga ahli profesional, yang kompeten dan berkarakter kuat, dalam bidang manajemen risiko, manajemen sumberdaya manusia, menajemen pemasaran, kewirausahaan sosial, dengan kemampuan memecah masalah yang kompleks, berpikir kritis, dan strategik.

  2. Mengembangkan riset bidang Manajmen dan Kewirausahaan yang berorientasi temuan dan inovasi untuk meningkatkan daya saing akademik dan bermanfaat bagi  kesejahteraan masyarakat, dunia usaha,  dan industri.

  3. Melakukan Pengabdian pada Masyarakat yang partisipatoris untuk memecah masalah sosial masyarakat.

  4. Mengembangkan sistem tatakelola yang baik untuk meningkatkan kualitas unggul pada proses pengelolaan Magister Manajemen

  5. Melakukan kerjasama strategis untuk mendukung peningkatan kualitas  dan inovasi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat  melalui jaringan (network) Lokal, Regional, Nasional, dan Internasional.

Daftar Dosen

Dr. Perminas Pangeran, M.Si

Dekan Fakultas Bisnis Dosen Magister Manajemen Pendidikan S1 : Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (S.E.) S2 : Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (M.Si.) S3 : Doktor Sains Manajemen Fakultas Ekonomika dan...

Dr. Murti Lestari, M.Si

Dosen Ilmu Ekonomi Pendidikan S1 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada S2 Magister Sains Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada S3 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Jabatan Fungsional Lektor...

Dr. Singgih Santoso, MM

Ketua Program Magister Manajemen dan Dosen Magister Manajemen Marketing Pendidikan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Duta Wacana S2 Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia S3 Sains Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas...

Tabel Mata Kuliah

TermNoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
I1MM1013Teori dan Aplikasi MSDM Madya3
2MM1023Teori dan Aplikasi Manajemen Keuangan Madya3
3MM1033Teori dan Aplikasi Manajemen Pemasaran Madya3
4MM1043Metode Penelitian Kuantitatif  dan Kualitatif3
   Jumlah SKS12
II5MM1062Hukum Bisnis dan Etika Bisnis2
6MM1053Teoridan Aplikasi Manajemen Stratejik2
Dua Mata Kuliah Konsentrasi 
Konsentrasi Manajemen Risiko 
7MM2013Manajemen Risiko Bisnis Strategik (Strategic Enterprise Risk Management)3
8MM2023Manajemen Risiko Keuangan (Financial Risk Management)3
Konsentrasi Manajemen Pemasaran 
9MM3013Perilaku Konsumen (Consumer Behavior)3
10MM3023Strategi Pemasaran dan Merek (Marketing and Branding Strategy)3
Konsentrasi Social Entrepreneurship  
11MM4013Pengembangan Komunitas (Community Development)3
12MM4023Manajemen Pendanaan Strategik (Strategic Fundraising Management)3
Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia 
13MM6013Pengembangan Organisasional (Organizational Development)3
14MM6023Manajemen Modal Manusia Profesional (Professional Human Capital Management)3
   Jumlah SKS10
IIIKonsentrasi Manajemen Risiko 
15MM2033Valuasi Bisnis (Business Valuation)3
16MM2043Manajemen Keuangan Strategik dan Tata Kelola Korporat (Strategic Financial Management and Corporate Governance)3
Konsentrasi Manajemen Pemasaran 
17MM3033Riset Pemasaran (Marketing Research)3
18MM3043Pemasaran Jasa dan Digital Marketing (Service and Digital Marketing)3
Konsentrasi Social Entrepreneurship 
19MM4033Evaluasi Program (Program Evaluation)3
20MM4043Social entrepreneurship3
Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia 
21MM6033Manajemen Bakat  (Talent Management)3
22MM6043Hubungan Industrial (Industrial Relationship)3
   Jumlah SKS6
IV23MM5013Internship3
24MM5025TESIS5
   Jumlah SKS8
Jumlah Capaian SKS  MM36

Pin It on Pinterest

Share This