Pendidikan Bahasa Inggris

  • Nama Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pertama Kali Operasional : Agustus 2016
  • Gelar Lulusan : Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
  • Alamat : Kantor Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Gedung Euodia lantai 1, Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo 5-25, Yogyakarta 55224
  • Telepon : +62-274-563929 ext 143
  • Email : pbi@staff.ukdw.ac.id

DESKRIPSI SINGKAT

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) diturunkan dari visi dan misi universitas, sehingga tujuan umum prodi ini adalah:

Menyiapkan mahasiswa menjadi pengajar dan praktisi di bidang kajian General English dan ESP (English for Specific Purposes) profesional yang memiliki kompetensi dalam hal perancangan program pembelajaran dan penelitian bidang ESP, memiliki karakter dan nilai-nilai pendidik sejati, berwawasan global, mampu mengintegrasikan riset dan teknologi untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu sehingga bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

VISI

Menjadi program studi pendidikan bahasa Inggris yang unggul dan terpercaya untuk melahirkan para akademisi, guru, peneliti, atau praktisi kependidikan Bahasa Inggris yang profesional, berwawasan global, dan memilki karakter pendidik yang sejati berdasarkan nilai-nilai kedutawacanaan.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran kajian Pendidikan Bahasa Inggris yang kontekstual berbasis nilai-nilai kedutawacanaan.
  2. Melakukan riset kajian Pendidikan Bahasa Inggris yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan disiplin kajian Pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Mengembangkan sistem pengelolaan kelembagaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dan kompetitif.
  5. Mengembangkan sivitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang menghidupi nilai-nilai kedutawacanaan.

STRUKTUR ORGANISASI

DAFTAR DOSEN

KURIKULUM

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana memfokuskan pada kajian bidang pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum (General English) dan untuk tertentu (English for Specific Purposes). Pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum menjadi fondasi pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP). Secara lebih spesifik, ESP bisa dijelaskan dalam aspek karakteristik mutlak dan variabel (Dudley-Evans dan St John, 1998). Secara mutlak, pembelajaran ESP dirancang untuk memenuhi secara spesifik kebutuhan siswa dan menggunakan pendekatan dan metodologi bidang ilmu lain yang dibahas. Selain itu pengajaran ESP difokuskan pada penggunaan bahasa (tata bahasa, kosakata, dan register), keterampilan, diskursus, dan genre yang berhubungan dengan bidang ilmu tersebut. Sedangkan secara karakteristik variabel, ESP bisa berhubungan atau dirancang untuk bidang ilmu tertentu, bisa menggunakan metode pengajaran yang berbeda dengan EGP, didesain untuk pembelajar dewasa dan bagi pembelajar tahap intermediate atau advance, serta memerlukan penguasaan dasar-dasar sistem kebahasaan sebagai syaratnya.

Oleh karena tujuannya mendukung perkembangan disiplin ilmu lain dan penggunaan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi kehidupan professional peserta didik, ESP bisa dibagi menjadi English for Academic Puposes (EAP) dan English for Occupational Purposes (EOP) (Carver 1983). EAP membekali siswa dengan kemampuan menggunakan Bahasa Inggris untuk mendukung pembelajaran bidang ilmu mereka. EOP bertujuan membekali siswa dengan kompetensi bahasa Inggris untuk mendukung pekerjaan profesional mereka. Kedua model pembelajaran ESP ini tidak menempatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai tujuan akhir, akan tetapi sebagai sarana mencapai tujuan lain. Berbagai ketrampilan bahasa bisa menjadi fokus pembelajaran dalam kedua tipe ESP ini. Ketrampilan membaca misalnya bisa menjadi salah satu fokus pembelajaran EAP supaya peserta didik mampu memahami literatur berbahasa Inggris. Ketrampilan berbicara bisa juga menjadi tujuan pembelajaran supaya peserta didik mampu mengkomunikasikan pendapat mereka tentang topik bahasan bidang ilmu keahlian mereka. Untuk mendukung pekerjaan sekretaris, kemampuan berkorespondensi secara formal dalam bahasa Inggris bisa menjadi contoh pembelajaran EOP. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas ketrampilan tersebut bisa diajarkan secara terintegrasi dengan ketrampilan lain atau secara intensif diajarkan secara khusus.

DAFTAR MATA KULIAH

Semester I

NoMata KuliahSKS
1Pendidikan Agama Kristen3
2Extensive Listening3
3Interactional Speech3
4Extensive Reading3
5Basic Grammar3
6Vocabulary Building3
 Total SKS Wajib18 SKS

Semester 2

NoMata KuliahSKS
1Pancasila dan Kewarganegaraan3
2Comprehension of Long Talks3
3Public Speaking3
4Intensive Reading3
5Intermediate Grammar3
6ESP Vocabulary3
 Total SKS wajib18 SKS

Semester 3

NoMata KuliahSKS
1Pengantar Pendidikan3
2Bahasa Indonesia3
3Reading for Research3
4Essay Writing3
5Introduction to Linguistics3
6Functional Grammar3
 Total SKS wajib18 SKS

Semester 4

NoMata KuliahSKS
1Psikologi Belajar & Pembelajaran3
2Ilmu Kealaman Dasar3
3Speaking for Academic Purposes3
4Academic Essay Writing3
5Language Learning & Acquistion (+magang I)2
6Curriculum and Material Development3
7 Cross Cultural Understanding 
 Total SKS wajib19 SKS

Semester 5

NoMata KuliahSKS
1Profesi Kependidikan3
2Language Teaching Methodologies3
3Task and Media Design3
4Applied Linguistic in ELT3
5Discourse Analysis in ELT3
6ESP Program Design3
7Research Methodology in ELT 3
 Total SKS wajib21 SKS

Semester 6

NoMata KuliahSKS
1Classroom Management (+magang II)3
2Language Testing & Assessment3
3Teaching English for Academic Purposes3
4Technology for language Learning2
5Research Proposal Writing3
6KKN3
 Total SKS wajib17 SKS

Semester 7

NoMata KuliahSKS
1Blended Learning3
2Program Management (and Instruction Analysis)3
3Teaching English for Occupational Purposes3
4Micro Teaching3
5Research Report and Seminar in ELT3
 Total SKS wajib15 SKS

Semester 8

NoMata KuliahSKS
1Teaching Practice (+magang III)3
2Skripsi6
 Total SKS wajib9 SKS

 

NoMata Kuliah PilihanSKSDitawarkan di Semester
1Web technology for language learning2Semester 2
2Introduction to Literature2Semester 3
3Creative Writing2Semester 4
4Apresiasi Seni3Semester 5
5Apresiasi Seni Musik3Semester 5
6Pendidikan Perdamaian3Semester 5
7Ham dan Demokrasi3Semester 6
8TOEFL Preparation3Semester 6
9Statistics for ELT Research2Semester 6
10Classroom Action Research2Semester 6
11Case Studies in ELT2Semester 6
12Corpus study2Semester 6
13IELTS Preparation3Semester 7
14TOEIC preparation3Semester 7

 

KARAKTERISTIK LULUSAN

Lulusan program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana akan memiliki kompetensi sebagai pengajar Bahasa Inggris untuk tujuan umum (EGP) dan khusus (ESP), sebagai perancang materi pembelajaran serta media pengajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik dengan pemahaman yang memadai tentang teori serta prinsip-prinsip pengajaran dan pedagogy. Selain itu lulusan program studi ini juga bisa menjadi seorang peneliti yang mengevaluasi keberhasilan program pembelajaran EGP dan ESP lewat serangkaian prosedur pengujian yang berbasis penelitian. Secara lebih terperinci, profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana adalah sebagai berikut.

PROFIL LULUSAN

Mampu melakukan perancangan materi program General English maupun satu atau beberapa bidang ESP, mengajarkannya dengan pendekatan pengajaran intercultural communicative serta elaborasi penggunaan teknologi dan pengajaran konvensional (blended learning), dan mengevaluasi pembelajarannya secara empiris dengan kaidah penelitian sehingga siswa didik mampu menggunakan ketrampilan Bahasa Inggris dalam bidang ilmu dan pekerjaan mereka, secara tertulis ataupun lisan dengan ketepatan dan kelancaran bahasa yang setara tingkat post intermediate.

RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mampu menunjukkan kecakapan berbahasa Inggris dalam konteks umum (English for General Purposes/EGP) setara tingkat post intermediate baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Mampu menunjukkan kecakapan komunikasi lisan atau tertulis pada satu atau beberapa bidang Bahasa Inggris untuk keperluan tertentu (English for Specific Purposes/ESP) setara tingkat post intermediate.
  3. Mampu melakukan need analysis, menuangkan hasilnya ke dalam rancangan analisa Linguistics and Cultural Needs, merancang pendekatan dan metode pengajarannya, serta menyusun materi dan aktifitas kelas pada program General English atau salah satu atau beberapa bidang ESP.
  4. Mampu merancang dan mempersiapkan media/metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan bidang General English atau ESP yang mengelaborasikan penggunaan teknologi pengajaran dan metode konvensional tatap muka (blended learning) dengan memperhatikan aspek budaya penutur aslinya.
  5. Mampu merancang dan membuat alat ukur keberhasilan pembelajaran dengan berbagai metode pengujian dan assessment program General English atau bidang ESP
  6. Mampu mengajar program General English atau bidang ESP dengan pendekatan intercultural communicative dan elaborasi antara penggunaan teknologi dan pengajaran konvensional tatap muka (blended learning), membawakan aktifitas kelas dengan menarik, menunjukkan pemahaman psikologi dan filosofi pendidikan, serta mengelola kelas dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  7. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran Bahasa Inggris pada program General English atau bidang ESP serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan.
  8. Mampu merancang metode penelitian yang diperlukan dalam rangka pengembangan kualitas pengajaran di kelas, mendasarinya dengan kajian pustaka serta hasil penelitian lain yang relevan, serta menyajikannya secara lisan dan tertulis.

CIRI PRODI PBI UKDW

  1. Memiliki kemampuan linguistik dengan ketepatan dan kelancaran setara tingkat post intermediate baik lisan maupun tertulis untuk tujuan komunikasi Bahasa Inggris umum (English for General Purposes/EGP) ataupun untuk tujuan tertentu (English for Specific Purposes/ESP).
  2. Memiliki landasan pengetahuan yang memadai tentang psikologi dan filosofi pendidikan, prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan umum (General English) atau tujuan khusus (ESP).
  3. Mempunyai integritas dalam menjalankan profesi kependidikan.
  4. Selalu mengusahakan yang terbaik dalam proses perancangan, pengajaran, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum (General English) atau tertentu (ESP).
  5. Mampu menggunakan berbagai teknologi pengajaran bahasa dan mengkombinasikannya dengan metode pengajaran konvensional tatap muka (blended learning).

PEGAWAI PENDUKUNG AKADEMIK

Sumantyo Kartika Nugroho (Tiyok)

Staf Administrasi
eska09@staff.ukdw.ac.id

Dini Susanti Tri Yanuartin (Dini)

Staf Administrasi
dinist@staff.ukdw.ac.id

Pin It on Pinterest

Share This