Fakultas Kedokteran adalah salah satu fakultas di Universitas Kristen Duta Wacana dan menjadi fakultas unggul, kompetitif, dan terpercaya, yang menghasilkan sarjana kedokteran berbudi luhur serta mandiri dalam bidang kesehatan untuk masyarakat pluralistik berdasarkan kasih. Fakultas Kedokteran UKDW memegang konsep pembelajaran yang berbasis problem dan melakukan pendekatan student center learning, di mana aktifitas pembelajaran yang dilaksanakan antara lain kuliah pakar, tutorial, skills lab dan praktikum dengan menggunakan sistem blok. Kegiatan pembelajaran diatas didukung pula dengan diterbitkannya jurnal oleh Fakultas Kedokteran UKDW dengan tajuk jurnal “Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana” (BIKDW) pada tanggal 17 Oktober 2015. Jurnal ini berperan sebagai wadah informasi ilmiah di Fakultas Kedokteran UKDW dalam upaya peningkatan peran mahasiswa dan dosen di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Setiap tahun Jurnal BIKDW diterbitkan sebanyak 2 kali dan terdapat 8 artikel yang mencakup 6 artikel penelitian dan 2 artikel telaah pustaka.

DIKTI dan LIPI pada tahun 2016 telah menyepakati adanya satu instrumen akreditasi jurnal ilmiah dengan pengelolaan berbasis elektronik (e-journal). BIKDW pun telah mengajukan akreditasi dengan menggunakan metode Open Journal Systems yang sudah dinilai oleh tim penilai dan pada akhirnya berhasil mendapatkan peringkat S-4 sesuai dengan surat keputusan nomor: 36/E/KPT/2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, & Pendidikan Tinggi (Direktorat Jenderal Penguatan Riset & Pengembangan) tertanggal 13 Desember 2019.

Adanya kerjasama dengan mitra bestari (reviewer) dalam pengembangan jurnal BIKDW akan mendukung pengetahuan para penulis untuk bisa berperan aktif dalam meningkatkan mutu tulisan yang akan dimuat di jurnal BIKDW. Perkembangan informasi, teknologi dan komunikasi terus menerus berubah dengan cepat seiring berubahnya waktu, maka hal tersebut akan berdampak pada manajemen pengelolaan jurnal elektronik yang terus berubah. Pengelolaan jurnal elektronik bukan hanya menyediakan infrastruktur maupun aplikasi, hal yang paling penting adalah komitmen dari pengelola jurnal dan institusi Lembaga penerbit jurnal untuk menjamin keberlanjutan dari jurnal yang diterbitkan. Hal tersebut yang akan terus dikembangkan dan dikelola oleh Tim BIKDW bersama dengan dr. Teguh Kristian Perdamaian, MPH sebagai Pimpinan Redaksi BIKDW.

Selamat atas akreditasi Jurnal BIKDW, semoga para mahasiswa, dosen dan penulis dari institusi mitra atau umum dapat berperan aktif dalam penulisan artikel ilmiah dan dapat mengirimkan artikelnya ke BIKDW melalui website: bikdw.ukdw.ac.id. Tuhan memberkati. -AD-

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This