Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terkait permohonan kerjasama program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Rombongan UKDW yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi (WR 1), Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) beserta staf, dan tiga dosen dari Fakultas Bisnis mendapatkan sambutan yang hangat dari Bupati Gunungkidul dan Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Dalam audiensi yang dilakukan di Ruang Bupati Setda Gunungkidul pada hari Selasa, 14 Juni 2022, Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, M.Sc. Ph.D menyampaikan rencana program KKN yang berfokus pada potensi Desa Wisata di Ngawen, Gunungkidul. UKDW akan menempatkan 477 mahasiswa dari 6 fakultas yang terdiri dari Fakultas Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Bioteknologi, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Kependidikan dan Humanoria, serta Fakultas Kedokteran. “Nanti waktu penempatan mahasiswa dari berbagai fakultas ini akan kita campur. Sedangkan fokus program KKN adalah supaya mahasiswa belajar mendampingi masyarakat serta mengembangkan potensi desa wisata,” terangnya.

Lebih lanjut, Ir. Henry Feriadi, M.Sc. Ph.D menyampaikan kegiatan KKN UKDW akan dimulai pada tanggal 28 Juni 2022. “Saya berharap Bapak Bupati Gunungkidul dapat menerima dan memberi bekal serta arahan kepada calon peserta KKN secara langsung, dan direncanakan akan dikumpulkan semua pihak-pihak terkait seperti Panewu di Taman Budaya Gunungkidul,” ungkapnya.

Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta menyambut baik program KKN UKDW ini dan berharap UKDW dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah guna membina masyarakat terutama daerah Ngawen untuk mengembangkan potensi yang ada di sana. H. Sunaryanta mengatakan langkah UKDW memilih Kapanewon Ngawen sebagai lokasi KKN sudah tepat karena di daerah tersebut terdapat berbagai klaster untuk dipelajari oleh mahasiswa.

“Rencana program Pemerintah dalam pembangunan dan potensi masyarakat daerah tidak hanya di daerah selatan dan tengah. Saya juga mendorong daerah utara Gunungkidul agar tidak tertinggal. Nanti mahasiswa peserta KKN akan dibagi dan ditempatkan diseluruh desa di daerah Ngawen untuk mendampingi dan membantu masyarakat sekitar dalam pengembangan desa,” jelasnya.

Harapannya program KKN yang diselenggarakan oleh UKDW tidak hanya dilaksanakan sekali saja, dan bisa dilakukan secara bertahap untuk mengetahui perkembangan dari desa/tempat yang menjadi lokasi KKN yang kemudian bisa berkembang pada program-program pendampingan lainnya.

Pin It on Pinterest

Share This