Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, di tahun 2020 ini unit Pendeta Universitas (PU) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan unit Pusat Kerohanian Kampus (PKK) UKDW meneruskan tradisi tahunan mereka dengan membagikan paket bingkisan Lebaran kepada semua karyawan Muslim yang ada dan bekerja di lingkungan UKDW. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pembagian bingkisan Lebaran tahun ini dilakukan dengan mengikuti aturan dan anjuran pemerintah berkaitan dengan langkah-langkah penanggulangan penyebaran COVID-19. Rektorat UKDW juga menganjurkan untuk meniadakan segala jenis kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan orang banyak. Oleh karena itu pelaksanaan pembagian bingkisan ini dilakukan secara bertahap selama 4 hari, yakni tanggal 15 dan tanggal 18-20 Mei 2020 di Gedung Atrium Didaktos UKDW. Mereka diundang untuk datang mengambil bingkisan Lebaran secara bertahap, tidak membuat kerumunan, tetap menjaga jarak dan setelah menerima bingkisan mereka diharapkan untuk segera meninggalkan Gedung Atrium Didaktos sesegera mungkin. 

Tradisi pembagian bingkisan Lebaran ini sendiri sebenarnya telah berjalan sejak tahun 2017. Saat itu pihak unit Pendeta Universitas membuat rincian data para pegawai kampus UKDW berdasarkan agama yang dianut. Didapatkan data sekitar 17 pegawai tetap UKDW yang beragama Islam dan 86 orang tenaga cleaning service, juru parkir dan tukang taman yang beragama Islam. Jumlah ini ditambah karyawan Koperasi dan pekerja renovasi gedung sekitar 5 orang sehingga totalnya ada 98 orang karyawan UKDW yang beragama Islam di tahun 2017. 

Hampir bisa dipastikan bahwa dalam setiap kegiatan retret karyawan kampus yang dipersiapkan menurut tradisi kristiani, para karyawan Muslim ini tidak pernah mengikutinya. Semangat pluralitas yang diemban dan dihayati oleh UKDW memberikan tantangan tersendiri kepada unit PU dan PKK untuk merancang program pengembangan spiritualitas bagi karyawan Muslim di UKDW. Pilihan yang tersedia adalah acara kerohanian Muslim yang diselenggarakan di setiap bulan Ramadhan. Acara kerohanian ini bentuknya adalah penguatan spiritualitas dengan mengundang seorang Ustadz sebagai penceramah. Acara ini biasanya diadakan seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. 

Tema yang disampaikan dalam acara kerohanian Muslim ini seiring sejalan dengan nilai-nilai kedutawacanaan yang menjadi dasar bagi pelayanan unit Pendeta Universitas UKDW. Acaranya dikemas dalam “Tausiah dan Buka Bersama” yang dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah di Kapel Bawah (yang sekarang berubah nama menjadi ‘prayer rooms’). Kegiatan ini mendapat dukungan dari pihak Wakil Rektor IV dan Yayasan, sebagai bentuk perhatian Universitas terhadap kinerja mereka maka sekaligus dalam rangka Idul Fitri diberikan bingkisan berupa sembako. Dengan demikian, tradisi yang diakhiri dengan memberikan sembako kepada karyawan Muslim di UKDW ini lebih dilihat sebagai bagian dari program Pengembangan Spiritualitas Karyawan Muslim di UKDW. 

Sampai dengan tahun 2020 program ini sudah berjalan 4 kali di setiap Ramadhan, dengan jumlah penerima bingkisan yang mengalami pertambahan setiap tahunnya (2017 sebanyak 98 karyawan, 2018 sebanyak 120 karyawan, 2019 sebanyak 130 karyawan, dan tahun 2020 sebanyak 146 karyawan). Penambahan jumlah penerima bingkisan ini tergantung pada jumlah pekerja yang direkrut melalui perusahaan outsourcing. Di tahun 2020 ini pembagian bingkisan Lebaran kembali diberikan kepada para karyawan Muslim yang bekerja di UKDW, baik yang berstatus pegawai tetap maupun yang kontrak, karyawan outsourcing dari CV. GEMILANG dan CV. ASRI, serta para karyawan asrama yang Muslim baik yang bekerja di Asrama Teologi di Seturan maupun di Asrama Omah Babadan.

Pembagian bingkisan Lebaran ini merupakan bentuk perhatian UKDW terhadap kinerja karyawan Muslim di UKDW, sekaligus dalam rangka membangun budaya kampus merdeka di UKDW, yaitu budaya yang menghormati dan menghargai, serta memahami perbedaan iman dan menerimanya sebagai bagian keluarga besar UKDW yang memang pada hakikatnya memang majemuk. Semangat yang mendasari UKDW mengadakan pembagian bingkisan Lebaran ini yaitu ingin menghargai keberagaman pilihan spiritualitas dan keber-agama-an setiap anggota keluarga besar UKDW. Di samping itu semangat mengembangkan budaya kampus merdeka yang menghargai kemajemukan (pluralitas), sebagaimana dituangkan dalam 4 (empat) nilai-nilai kedutawacanaan (Obedience, Integrity, Excellence, Service). Di atas semua itu semangat melayani berdasarkan kasih, di dunia yang majemuk, sebagaimana yang diidealkan UKDW memang sudah pada tempatnya jika dimulai dari dalam kampus UKDW sendiri. 

Mbak Galuh, salah seorang tenaga security di UKDW menuturkan bahwa dia masih belum lama bekerja di UKDW sebagai tenaga security dari CV Gemilang. Dia mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih sekali Pusat Kerohanian Kampus (PKK) UKDW berkenan menyelenggarakan acara pembagian bingkisan Lebaran ini. Bingkisan ini dinilainya sangat bermanfaat sekali. Sebagai seorang Muslimah, Mbak Galuh juga merasa senang bekerja di UKDW karena dia merasa diterima oleh siapapun juga tanpa mempermasalahkan perbedaan agama yang ada. Melalui acara pembagian bingkisan Lebaran ini, Mbak Galuh merasa senang karena dapat mempererat tali kekeluargaan dan silaturahmi dengan para karyawan UKDW lainnya. [PKK/Adham]

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This