Salam Duta Wacana,

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Pengasih atas berkatNya yang tercurah bagi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) beserta seluruh sivitas akademika. Duta Wacana yang sudah memasuki usia lebih dari 60 tahun telah mengalami perkembangan dan menghadapi berbagai tantangan seiring dengan perkembangan jaman. Meski demikian, karena karya Tuhan yang luar biasa Duta Wacana dapat menunjukkan ketangguhannya dalam melalui setiap tahap perjalanan yang penuh dinamika.

Waktu berjalan dan perubahan pun tak terelakkan terjadi. Regenerasi kepemimpinan UKDW harus dilalui seiring dengan perkembangan waktu. Beragam prestasi dan capaian pada setiap periode kepemimpinan telah diraih, meski diwarnai dengan percikan-percikan rintangan dan tantangan yang berbeda setiap masa. Untuk hal tersebut, saya pribadi menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan UKDW pendahulu atas semua jerih payah dan kontribusinya dalam membangun UKDW dan mempertahankan eksistensinya sampai saat ini. Jerih payah tersebut tidak sia-sia, karena estafet kepemimpinan berjalan dengan baik demi tercapainya visi UKDW untuk menjadi universitas Kristen unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih.

Hari ini saya mendapatkan kepercayaan untuk menerima estafet kepemimpinan UKDW periode 2023 – 2027. Tentu bukan hal yang mudah untuk dapat menjalankan tugas sebagai rektor yang bertanggung jawab atas berjalannya roda kehidupan kampus UKDW. Meski demikian, saya percaya bahwa saya tidak akan menanggung beban ini sendirian. Yayasan PTK Duta Wacana, Para Wakil Rektor, para pimpinan unit, lembaga, program studi dan fakultas serta seluruh sivitas akademika UKDW akan mendukung terlaksananya tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keberlanjutan UKDW. Selain itu, saya percaya bahwa tangan Tuhan akan selalu menyertai dan tidak akan membiarkan kita berjalan sendirian. Iman dan pengharapan akan penyertaan Tuhan mendasari langkah-langkah dalam menjalankan tanggung jawab kepemimpinan UKDW selama empat tahun mendatang. Namun, sebagaimana tertuang dalam 1 Korintus 13:13 “Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih”, ketulusan hati menjadi dasar yang kuat untuk dapat menghadapi segala rintangan dan tantangan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan UKDW.

Tantangan pasti akan dihadapi selama menjalankan kepemimpinan UKDW pada masa mendatang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat perlu disikapi dengan lebih cerdas dan bijaksana, sehingga bukan kita yang dikendalikan oleh perkembangan teknologi, namun kita yang memiliki kuasa lebih untuk tujuan kehidupan yang lebih baik. Dalam menghadapi tantangan loncatan perkembangan teknologi atau yang sering disebut sebagai disrupsi, UKDW memiliki empat nilai yang dapat dijadikan sebagai pijakan untuk berpikir, bersikap, beraktivitas dan berinteraksi baik di dalam maupun di luar kampus, yaitu: Menaati Allah (Obedience to God), Melangkah dengan Integritas (Walking in Integrity), Melakukan yang Terbaik (Striving for Excellence), dan Melayani Dunia (Service to the World). Pengamalan Nilai-Nilai UKDW tersebut dalam kehidupan kampus sehari-hari akan memperkuat karakter UKDW yang semakin berkualitas dan membedakannya dari kampus lain.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana dan Senat Universitas atas proses pemilihan rektor dan pembentukan kabinet rektorat yang sudah berjalan dengan baik dan juga atas kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya. Saya senantiasa mengharapkan dukungan dari seluruh civitas akademika UKDW selama melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pimpinan untuk mewujudkan visi misi UKDW. Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada keluarga saya pribadi dan keluarga para Wakil Rektor yang bersedia mendukung dan mendampingi selama menjalankan tugas untuk empat tahun mendatang. Semoga semua jerih payah yang diupayakan akan menghasilkan buah yang baik untuk semua orang.

Tuhan memberkati!

Dr.-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T.

Rector