Pertukaran Pelajar Kampus Merdeka merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran  dari delapan bentuk kegiatan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam ketetapan PermenDikBud No. 3 Tahun 2020. Dalam Panduan Operasional Baku (POB) dijelaskan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi manapun di Indonesia sebagai bagian dari upaya penguatan dan perluasan kompetensinya. Di samping itu, melalui program tersebut, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebhinekaan dan toleransi. Mahasiswa akan memiliki pemahaman yang luas tentang keragaman budaya, adat istiadat, suku bangsa, bahasa, dan berbagai potensi kekayaan sumber daya serta potensi lainya yang dimiliki oleh bangsa dan negara.

Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) memahami bahwa peran strategis dalam meningkatkan kemampuan dan daya saing bangsa adalah dengan menghasilkan lulusan yang cerdas, berilmu pengetahuan, kreatif, inovatif, mandiri, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan keragaman sumber daya hayati.  Oleh karena itu, Fakultas Bioteknologi  mendorong mahasiswanya untuk berperan aktif dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka, baik pada Program Studi (Prodi) Biologi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi lain maupun Prodi lain di lingkungan UKDW. 

Dalam rangka menjadi Centre of Excellence dan meningkatkan academic excellence, Fakultas Bioteknologi telah menyelenggarakan Pertukaran Pelajar Merdeka dalam bentuk praktikum bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) pada Semester Genap 2020/2021 dan Semester Gasal 2021/2022, yakni sebanyak kurang lebih  10-14  mata kuliah praktikum. Kesepakatan antara Fakultas Bioteknologi UKDW dan Fakultas Sains dan Teknologi UT untuk menyelenggarakan program tersebut tertuang dalam MoA yang telah ditandatangani  pada tanggal 21 Maret 2021, 

Pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 ini, Fakultas Bioteknologi menyelenggarakan enam mata kuliah praktikum yang diikuti sebanyak  91 mahasiswa UT. Para mahasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah, termasuk Jambi, Mataram, Denpasar, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya.  Penyelenggaraan praktikum ini berada di bawah tanggung jawab Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si selaku Kaprodi Biologi, sedangkan sebagai koordinator kegiatan adalah Dra. Dwi Aditrarini, M.Biotech. 

Program yang telah dipersiapkan sejak bulan Maret 2021 dan diimplementasikan pada bulan Mei-Juli 2021 ini dilaksanakan sepenuhnya secara online. Kegiatan ini melibatkan  lima dosen Fakultas Bioteknologi yaitu Ratih Restiani, S.Si., M.Biotech sebagai instruktur Struktur Tumbuhan dan Embriologi Tumbuhan, Kukuh Madyaningrana, S.Si., M. Biotech  sebagai instruktur Struktur Hewan dan Genetika, drh. Vinsa Cantya Prakasita, M.Sc sebagai instruktur Embriologi Hewan, serta Tri Yahya Budiarso S.Si. dan  M.P., Catarina Aprilia Ariestanti, S.TP., M.Sc sebagai instruktur Biokimia.  Selain itu kegiatan ini juga melibatkan satu orang dosen tidak tetap, 14 alumni dan  mahasiswa sebagai asisten, serta empat orang laboran.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rekognisi dan kegiatan dosen di luar prodinya, meningkatkan skill laboran dalam melayani pengguna sekaligus sebagai sarana pengabdian laboran, serta meningkatkan kematangan mahasiswa sebagai asisten baik di dalam maupun di luar program studinya. [Aniek]

Pin It on Pinterest

Share This