Program Studi Informatika (Prodi Informatika) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (FTI UKDW) Yogyakarta telah mengadakan uji kompetensi internal dan eksternal pada tanggal 25-26 Juni 2020. Uji kompetensi dilakukan di tiga Lab Komputer yaitu Lab. MIS, Lab. AI, Lab. Bigdata. Uji kompetensi tersebut dilakukan untuk memenuhi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk lulus yudisium Prodi Informatika. Selain itu, sertifikat uji kompetensi ini dapat digunakan lulusan mahasiswa Prodi Informatika sebagai penunjang untuk mencari pekerjaan di dunia industri.

Uji kompetensi internal atau yang biasa disebut evaluasi dasar (EDAS) merupakan salah satu uji kompetensi yang diselenggarakan sendiri oleh Prodi Informatika. EDAS diselenggarakan pada tanggal 25 Juni 2020 melibatkan 76 peserta dari mahasiswa Informatika Angkatan 2017, 2016, dan 2015. Adapun mata kuliah yang diujikan adalah Struktur Data, Interaksi Manusia dan Komputer, Sistem Basis Data dan Pemrograman Berorientasi Objek.

Pada hari Jumat, 26 Juni 2020 Prodi Informatika juga melakukan uji kompetensi eksternal yang bekerja sama dengan Trust Training Partner. Uji kompetensi yang diselengarakan adalah Microsoft Technology Associate (MTA). Ada beberapa topik yang diujikan yaitu, Software Development Fundamentals, Database Administration Fundamentals, Introduction to Programming using Python, dan Introduction to Programming using HTML and CSS. Ujian ini diikuti oleh 51 mahasiswa dari angkatan 2017 dan 2016.

Pelaksanaan uji kompetensi tersebut dilakukan dengan mengikuti SOP Protokol Kesehatan yang ada. Mahasiswa dari luar DIY diwajibkan membawa surat keterangan sehat atau surat keterangan kedatangan di DIY, bagi mahasiswa yang tidak membawa surat tersebut, maka secara otomatis akan melakukan uji kompetensi pada gelombang 2 awal bulan Juli mendatang. Selain itu mahasiswa wajib menggunakan masker dan sarung tangan saat ujian berlangsung. Kapasitas lab juga hanya diisi maksimal 50% dari jumlah komputer yang ada. Pelaksanaan dibagi menjadi dua sesi pagi dan siang, sebelum dan setelah ujian selesai dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas kebersihan kampus. (FTI/Dika)

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This