Sebagai upaya untuk mengembangkan pelayanan kepada jemaat di lingkungan GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah (GKI SW Jateng) maka dipandang perlu untuk diterapkannya suatu sistem informasi. Sistem Informasi yang dibutuhkan tersebut diberi nama “SISWA” (Sistem Informasi Sinode Wilayah) GKI SW Jateng.

Sebelum dikembangkan bersama Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), SISWA sendiri telah dikembangkan sejak tahun 2000 dan mengalami perubahan siginifikan pada tahun 2011. Baik versi tahun 2000 dan tahun 2011, dalam perkembangannya tidaklah mencukupi kebutuhan yang sangat kompleks di lingkungan anggota GKI SW Jateng. Oleh karena itu, bersama FTI UKDW, GKI SW Jateng melakukan perancangan dan pembangunan kembali sistem informasi yang dapat menjawab lebih dekat kebutuhan jemaat (gereja) anggota GKI SW Jateng.  Produk SISWA yang dirancang dan dikembangkan tersebut  harus mengikuti perkembangan teknologi untuk dapat bertahan setidaknya 10 tahun ke depan.

Bentuk kerja sama pengembangan dimulai dengan tandatangan Perjanjian Kerja Sama yang telah dilakukan pada tanggal 29 Januari 2018 lalu. Berdasarkan perjanjian tersebut, FTI UKDW yang melibatkan 13 mahasiswanya, telah melakukan pengembangan SISWA secara khusus untuk modul sistem informasi anggota dan simpatisan jemaat. Untuk melakukan konfirmasi dan tindak lanjut, produk SISWA yang telah dikembangkan sampai akhir Juli 2018 telah disosialisasi dalam rapat dengar pendapat dengan beberapa perwakilan klasis GKI SW Jateng yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Agustus 2018 bertempat di Ruang Seminar Pdt. Dr. Tasdik UKDW.

 

Dari hasil dengar pendapat tersebut, produk aplikasi SISWA versi 2018 dapat diuji cobakan pada gereja-gereja di Klasis Yogyakarta. Selanjutnya modul-modul lain, seperti aset, keuangan, dan akuntansi akan dikembangkan, termasuk gudang data dan business intelligent. Pada tahun 2020, semua gereja di lingkungan GKI SW Jateng diharapkan dapat menerapkan dan menggunakan SISWA sebagai kesatuan dalam meningkatkan pelayanan dan kerja sama.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This