Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Seminar Nasional yang berkolaborasi bersama Kelompok Studi Keuangan dan Pasar Modal (KSKPM), tanggal 26 Juni yang lalu. Acara tersebut diikuti oleh 721 peserta dari berbagai instansi dan diselenggarakan tanpa dipungut biaya pendaftaran. 

Seminar Nasional dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dan live YouTube HMPSM UKDW Yogyakarta. Seminar Nasional pada tahun ini mengambil sebuah tema “Smart and Wise Investment Strategies During Pandemic for Millennial Generation. Tema ini dipilih untuk meningkatkan semangat memajukan dan menumbuhkan investor baru dan handal di Indonesia, serta memberikan informasi yang tepat tentang investasi. 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Bisnis UKDW Yogyakarta, Dr. Perminas Pangeran, S.E.,  M.Si. mengatakan bahwa kegiatan Seminar Nasional ini menjadi suatu kebanggaan bagi Fakultas Bisnis UKDW Yogyakarta. “Kegiatan Seminar Nasional HMPSM UKDW menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua bisa bersama-sama belajar tentang bagaimana menjadi seorang investor yang smart dan wise, bagaimana menyusun strategi-strategi. Dan kita berharap apa yang didapatkan dalam acara ini dapat bermanfaat dan memberi inspirasi kepada calon-calon investor di era milenial ini.“ ujar Dr. Perminas Pangeran dalam sambutannya.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber, Romario Sumargo selaku Co-Founder LandX.id. Dalam penyampaian materinya, Romario Sumargo menyampaikan materi pokok mengenai investasi. Romario mengemukakan bahwa investasi sama seperti berperang. Sebelum berperang, kita harus mengetahui strategi apa yang akan digunakan. Kita juga harus mengetahui medan perang yang seperti apa, lawan musuh kita seperti apa.

 Di akhir sesi, Romario berpesan bahwa melihat para peserta yang antusias ingin terjun ke dunia investasi hal yang terpenting adalah self awareness atau coba mencari keinginan dan tujuan hidup kita. Menurutnya jangan sampai kita hanya sekedar ikut-ikutan saja dan usahakan tidak seperti itu. Dan yang penting dalam dunia investasi adalah mengetahui risk profile kita sendiri. “Jangan sampai saat kita kalau berinvestasi tidak sesuai dengan profil risiko kita sendiri, pasti kita tidak akan tenang. Justru tujuan kita berinvestasi supaya kita tenang untuk hidup dan masa depan kita. Jadi yang terpenting adalah mengetahui profil risiko, berinvestasi sesuai dengan profil risiko dan money management“ ujarnya.

Pada sesi berikutnya, peserta berbagi ilmu tentang saham bersama Axel Jeremy selaku Co-Founder Zinvestor.id. Axel menyampaikan materi mengenai saham dengan topik Stocks 101. Menurut Axel Jeremy, dalam dunia investasi saham setiap ada peluang untung, pasti ada risiko rugi. Keuntungan yang besar, risikonya juga akan lebih besar begitupun sebaliknya. [HMPSM/Anggita]

Pin It on Pinterest

Share This