Sekarang ini, dunia terus menunjukkan kemajuan yang begitu signifikan dalam berbagai bidang khususnya teknologi, seakan-akan tidak ada batasan yang menjadi penghalangnya. Sejalan akan hal itu, daya saing dalam dunia global menjadi semakin tinggi namun juga menyediakan peluang yang terbuka lebar. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam menghadapi perkembangan teknologi digital.

Seiring dengan revolusi teknologi digital, persaingan bisnis dan pembangunan yang semula bertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam akan bergeser pada penguasaan teknologi informasi dan kompetensi angkatan kerja. Di sinilah pentingnya investasi sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi sangat penting karena Indonesia masih kurang dalam hal ini, apalagi mengenai pemanfaatan teknologi baru. Transformasi digital ini membuat kita harus bisa beradaptasi secepat mungkin jika tidak ingin ketinggalan. Oleh karena itulah, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengadakan seminar nasional yang mengangkat tema “Human Resources for Digital Transformation: Building Global Competitive Human Resources as Evidence of Economic Growth Towards The Digital Business Era” secara daring menggunakan platform Zoom

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 3 Oktober 2020 ini dibuka oleh Dr. Perminas Pangeran, S.E., M.Si selaku Dekan Fakultas Bisnis serta menghadirkan Rade Tampubolon selaku CEO of SociaBuzz dan Danny Oei Wirianto selaku CMO of GDP Venture sebagai narasumber. Seminar nasional berlangsung selama tiga jam dan dihadiri oleh kurang lebih 1600 orang dari seluruh Indonesia serta beberapa orang yang berasal dari luar negeri, seperti Thailand dan Timor Leste. Hal ini menunjukkan banyak orang yang antusias dengan tema seminar yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan bisnis digital. 

Rade Tampubolon membawakan materi berjudul “Digital-Ready Me” yang menjelaskan mengenai pesatnya perkembangan dunia teknologi pada saat ini. Peserta diharapkan mempersiapkan diri kita sebaik mungkin dan terus belajar mengenai perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung, sehingga menguasai serta memanfaatkannya secara maksimal. 

Sementara itu, Danny Oei membawakan materi yang berjudul “The Making of A Giant”. Peserta diharapkan bisa terus survive di era sekarang ini, mau menerima perubahan, dan menghadapi segala tantangan yang ada di depan. Untuk menciptakan SDM yang cakap dan terlatih, ada banyak aspek yang harus dipelajari sebagai upaya pengembangan diri. Melalui seminar ini diharapkan dapat menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam dunia bisnis digital. [Mario Partogi Tarigan & Anita Christabela P Putri]

Pin It on Pinterest

Share This