Unit Penjaminan Mutu Institusi atau Institution Quality Assurance (InQA)

Keterangan Unit

  • Nama Unit              :  Unit Penjaminan Mutu Institusi Universitas Kristen Duta Wacana atau  Institution Quality Assurance (InQA)
  • Tanggal Berdiri       :  31 Oktober 2005
  • SK Pendirian            :  SK Rektor 016/B.07.b/UKDW/2005
  • Alamat                 :  Gedung Gnosis Lt. 1 Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 5 – 25 Yogyakarta 55224
  • Telepon                     :  0274 – 563 929 ext. 114
  • Jam Layanan            :  07.30 – 15.00 WIB
  • Email                          :  

Deskripsi Singkat

InQA singkatan dari Institution Quality Assurance. Bila dibaca dengan cepat, singkatan itu berbunyi “INKA”, yang mengacu pada peradaban INCA.

INCA mengacu pada suatu suku bangsa Indian di Amerika tahun 1200-1533 (Kerajaan Inca), berpusat di Cuzco Peru, dan mempunyai peradaban yang indah—terutama tampak pada Sistem Organisasi dan Tata Perkotaannya. Kehebatan penataan dan organisasi penyusunan kota mereka yang kompleks dan sangat memperhatikan lingkungan ini menginspirasi kerja InQA.

Berdasarkan SK Rektor UKDW No. 016/B.07.b/UKDW/2005, InQA UKDW dibentuk pada tanggal 31 Oktober 2005 – Bersamaan dengan Dies Natalis UKDW yang ke 43 – sebagai realisasi kesadaran pengelola institusi untuk mempertahankan, meningkatkan dan memperbaharui mutu pendidikan secara berkelanjutan di UKDW. Selain itu, berdirinya InQA juga didorong oleh kebijakan Dikti dan BAN-PT yang mengungkapkan bahwa bila lebih dari 75% dari program studi yang ada di Perguruan Tinggi telah mencapai nilai B atau A, maka pihak Perguruan Tinggi wajib memiliki Lembaga Penjaminan Mutu yang akan diakreditasi sehingga mampu menyelenggarakan akreditasi internal terhadap program studinya sendiri.

Visi

Terjadinya proses pemeliharaan, peningkatan dan pembaruan kualitas yang berkelanjutan di UKDW sebagai pertanggungjawaban institusi terhadap stakeholder sehingga UKDW dapat menjadi universitas yang handal dan terpercaya.

Misi

  1. Membangun, memelihara dan meningkatkan kesadaran dan komitmen pengelola institusi terhadap mutu pendidikan.
  2. Menggerakkan institusi untuk menetapkan standar dan membuat instrumen penilaian diri (self-assessment).
  3. Memastikan terjadinya kegiatan monitoring dan evaluasi mutu akademik internal secara teratur.
  4. Menetapkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW.
  5. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW secara berkelanjutan.

Tugas Pokok

Mengkoordinasi terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Internal yang berkelanjutan di UKDW.

Fungsi

  1. Dukungan pada rektorat dalam membuat/merevisi kebijakan/peraturan.
  2. Ketersediaan dokumen akademik dan dokumen mutu di seluruh tingkatan institusi serta koordinasi perevisiannya.
  3. Peningkatan kualitas akademik.
  4. Pemantauan proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai standar yang telah ditetapkan.
  5. Sosialisasi hasil temuan kepada yang berkepentingan untuk evaluasi dan perbaikan.
  6. Pengembangan kesadaran kualitas pada pihak internal dan eksternal.
  7. Penyediaan internal auditors untuk pelaksanaan Audit Mutu Internal.
  8. Koordinasi pelaksanaan Audit Mutu Internal.
  9. Pemantauan pelaksanaan akreditasi institusi dan program studi.
  10. Pelaporan ke Dikti secara berkala tentang perkembangan sistem penjaminan mutu internal.

Tujuan

Accountability

Memberikan pertanggungjawaban institusi kepada masyarakat, pemerintah, dan stakeholder lainnya, terutama melindungi pemakai jasa institusi (customer), sehingga tercapai kepuasan stakeholder.

Continuous quality improvement

Menguji dan meningkatkan mutu secara terus menerus, serta memelihara identitas institusi.

Recognition

Mendapat pengakuan, mampu berkompetensi dalam arena nasional dan internasional, sehingga meningkatkan pertukaran sumber daya manusia (dosen dan mahasiswa) tingkat fakultas, universitas, negara Asean dan negara lainnya.

Closely assisting leaders

Mendampingi pejabat (Rektorat, Dekanat, Kepala Unit) untuk memantau kinerja unit, mengevaluasi sesuai dengan standar, serta berfungsi sebagai penasehat dan kontrol.

Layanan

  1. Evaluasi kualitas pengajaran dosen (eqUKDW).
  2. Evaluasi kualitas perkuliahan (IP Dosen).
  3. Koordinator Pelaksana Audit Mutu Internal (AMI) Prodi dan Unit di UKDW.
  4. Pengendali SPMI di UKDW.
  5. Supervisi persiapan akreditasi prodi.

Daftar Auditor Audit Mutu Internal (AMI) UKDW

Berdasarkan SK Rektor No. 064/B.02/PSDM/2019 tentang “Pengangkatan Personel Auditor Audit Mutu Internal (AMI)”, UKDW memiliki 45 Auditor AMI:

Nama
Fakultas/UnitNama
Fakultas/Unit
Adaninggar Septi Subekti, M.Sc.Prodi Pendidikan Bahasa InggrisAditya Wikan Mahastama, S.Kom., M.Cs.Fakultas Teknologi Informasi
Aloysius Airlangga Bajuadji, S.Kom., M.Eng.PUSPINdIKAAndreas Winardi, M.A.Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Astuti Yuli Setyani, SE., MSi. AkFakultas BisnisDr. Andreas Ari Sukoco, M.M.,M.MinFakultas Bisnis
dr. Arum Krismi, M.Sc., Sp.KKFakultas KedokteranDr. Charis Amarantini, M.Si.Fakultas Bioteknologi
Dr. Dhira Satwika, M.Sc.Fakultas BioteknologiDr. GuntoroFakultas Bioteknologi
Dr. Singgih Santoso, M.M.Fakultas Bisnisdr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D.Fakultas Kedokteran
Dra. Agustini Dyah Respati, MBAFakultas BisnisDra. Ambar Kusuma Astuti, M.Si.Fakultas Bisnis
Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si.Fakultas BioteknologiDra. Mega Wati, M.Pd.Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Dra. Putriana Kristanti, MM., Akt, CAFakultas BisnisDra. Umi Murtini, M.Si.Fakultas Bisnis
drg. Suryani Hutomo, M.D.ScFakultas KedokteranDr-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T.Fakultas Arsitektur dan Desain
Drs. Kisworo, M.Sc.Fakultas BioteknologiDrs. Purnawan Hardiyanto, M.Ec.DevFakultas Bisnis
Drs. Purwanto, S.T., M.T.Fakultas Arsitektur dan DesainDrs. Wimmie Handiwidjojo, MITFakultas Teknologi Informasi
Farsijana Adeney-Risakotta, M.Si., Ph.D.Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat -Fakultas BisnisHangudi Widya Hutama, S.KomAdmisi dan Promosi
Hari WidodoBiro 1Imelda Irmawati Damanik, S.T., MA(UD)Fakultas Arsitektur dan Desain
Ir. Eddy Christianto, M.T., IAI.Fakultas Arsitektur dan DesainIr. Harianto Kristanto, M.T., M.MFakultas Teknologi Informasi
Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D.Fakultas Arsitektur dan DesainJoko Purwadi, S.Kom., M.Kom.Fakultas Teknologi Informasi
Katon Wijana, S.Kom., M.T.Fakultas Teknologi InformasiLussy Ernawati, S.Kom., M.Acc.PUSPINdIKA
Patricia Pahlevi Noviandri, S.T., M.Eng.Fakultas Arsitektur dan DesainPdt. Wahju Satria Wibowo, Ph.D.Fakultas Teologi
Pdt. Yahya Wijaya, Ph.DFakultas TeologiPratomo Nugroho Soetrana, M.AKoordinatorat Mata Kuliah Humaniora
Restyandito, S.Kom, MSIS., Ph.DFakultas Teknologi InformasiRosa Delima, S.Kom., M.Kom.Fakultas Teknologi Informasi
Tri Yahya Budiarso, S.Si., M.P.Fakultas BioteknologiUmi Proboyekti, S.Kom., M.LIS.Fakultas Teknologi Informasi
Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom, M.Cs.Fakultas Teknologi InformasiWinta T. Satwikasanti S., S.Ds., M. ScFakultas Arsitektur dan Desain
Yetli Oslan, S.Kom., M.T.Fakultas Teknologi Informasi

 

Struktur Organisasi

Agenda

  • Sen
    20
    Mei
    2024
    Jum
    14
    Jun
    2024

    Evaluasi Pembelajaran eQ360° Semester Genap 2023/2024

    https://eq.ukdw.ac.id/

    Mahasiswa melakukan evaluasi pembelajaran melalui https://eq.ukdw.ac.id/. CEKAL Registrasi bagi yang tidak mengisi.

Tim InQA Prodi – Unit

Tim InQA Prodi – UnitNama
Filsafat Keilahian (Program Sarjana)  

SK Rektor no. 082/B.02/PSDM/2022

Pdt. Stefanus Christian Haryono, MACF, Ph.D.
Pdt. Dr. Wahyu Nugroho, M.A.
Kaprodi Filsafat Keilahian (Program Sarjana)
Biologi (Program Sarjana)

SK Rektor no. 089/B.02/PSDM/2023

Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si.
Ratih Restiani, S.Si., M.Biotech.
Kaprodi Biologi (Program Sarjana)
Akuntansi (Program Sarjana)   

SK Rektor no. 112/B.02/PSDM/2022

Dielanova Wynni Yuanita, S.E., M.Sc., BKP
Astuti Yuli Setyani, SE., MSi. Ak., CA
Kaprodi Akuntansi (Program Sarjana)
Manajemen (Program Sarjana)

SK Rektor no. 078/B.02/PSDM/2022

Dr. Andreas Ari Sukoco, M.M, M.Min.
Jonathan Herdioko, S.E., M.M.
Kaprodi Manajemen (Program Sarjana)
Informatika (Program Sarjana)

SK Rektor no. 079/B.02/PSDM/2022

Maria Nila Anggia Rini, S.Kom., M.T.I.
Aditya Wikan Mahastama, M.Cs.
Kaprodi Informatika (Program Sarjana)
Sistem Informasi (Program Sarjana)

SK Rektor no. 080/B.02/PSDM/2022

Katon Wijana, S. Kom., M. T.
Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT
Kaprodi Sistem Informasi (Program Sarjana)
Arsitektur (Program Sarjana)  

SK Rektor no. 081/B.02/PSDM/2022

Adimas Kristiadi, S.T., M.Sc.
Dr. Freddy Marihot Rotua Nainggolan, S.T., M.T.
Kaprodi Arsitektur (Program Sarjana)
Desain Produk (Program Sarjana)  

SK Rektor no. 082/B.02/PSDM/2022

Drs. Purwanto, ST., M.T.
Centaury Harjani, S.Ds., M.Sn.
Kaprodi Desain Produk (Program Sarjana)
Kedokteran (Program Sarjana)

SK Rektor no. 084/B.02/PSDM/2022

dr. Fransiska Galuh Widowati 
dr. Yustina Nuke Ardiyan, M.Biomed
Kaprodi Kedokteran (Program Sarjana)
Dokter (Program Profesi)

SK Rektor no. 083/B.02/PSDM/2022

dr. Nanik Kusumaningrum, MPH
Kaprodi Dokter (Program Profesi)
Manajemen (Program Magister)

SK Rektor no. 076/B.02/PSDM/2022

Dr. Heru Kristanto, M.T.
Kaprodi Manajemen (Program Magister)
 
Pendidikan Bahasa Inggris (Program Sarjana)

SK Rektor no. 085/B.02/PSDM/2022

Ignatius Tri Endarto, S.Pd., M.A.
Adaninggar Septi Subekti, M.Sc.
Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (Program Sarjana)
Teologi (Program Doktor)

SK Rektor no. 079/B.02/PSDM/2022

Pdt. Tabita Kartika Christiani, Ph.D.
Pdt. Dr. Asnath Niwa Natar
Kaprodi Teologi (Program Doktor)
Filsafat Keilahian (Program Magister)

SK Rektor no. 062/B.02/PSDM/2023

Pdt. Daniel K. Listijabudi, Ph.D..
Pdt. Wahju Satria Wibowo, M.Hum., Ph.D.
Kaprodi Filsafat Keilahian (Program Magister)
Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora

SK Rektor no. 063/B.02/PSDM/2023

Dra. Jeanny Dhewayani, M.A., Ph.D.
Martha Lusiana, S.S., M.A.
Koordinator Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora
Arsitektur (Program Magister)

SK Rektor no. 090/B.02/PSDM/2022

Dr.-Ing. Gregorius Sri Wuryanto P. U., S.T., M.Arch.
Kaprodi Arsitektur (Program Magister)
 

*Keterangan: yang tercetak tebal (bold) merupakan koordinator tim

Pembebasan Cekal Mahasiswa

Cekal registrasi bagi mahasiswa yang tidak mengisi kuesioner di eq.ukdw.ac.id. Batas pengisian dapat dicek di kalender akademik. 

Berikut SOP Pembebasan Cekal (Mahasiswa):

Pejabat dan Staff

Pin It on Pinterest

Share This