Workshop Nasional Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) I Tahun 2021 telah berlangsung secara daring pada tanggal 10-11 April 2021 dengan UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai tuan rumah dan dihadiri oleh 100 orang perwakilan pusat bahasa tingkat perguruan tinggi seluruh Indonesia. FILBA adalah forum yang beranggotakan para pimpinan lembaga layanan bahasa tingkat perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dalam forum ini, semua isu dan permasalahan terkait lembaga layanan bahasa dibahas oleh para anggota untuk mendapatkan solusi terbaik sehingga FILBA dapat memberikan kontribusi positif untuk semua lembaga layanan bahasa.

Dalam workshop nasional tersebut dilaksanakan beberapa agenda yaitu Penyusunan Standar-Standar Penyelenggaraan Layanan Bahasa, Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Layanan Bahasa Online, Pendesainan Tes Bahasa Inggris FILBA, Sharing Best Practice Penjaminan Mutu Internal dan Kerjasama, serta Penetapan Program-Program Prioritas untuk Tahun 2021-2022 sesuai dengan kebutuhan anggota FILBA terutama pada masa pandemi COVID-19 ini.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan pembentukan Tim Formatur dan koordinasi pengurus wilayah, khususnya pemilihan pengurus untuk FILBA Wilayah Tengah. Kepala Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UKDW Yogyakarta, Arida Susyetina, S.S., M.A. terpilih sebagai sekretaris FILBA Wilayah Tengah Periode 2021-2023.

Arida Susyetina, S.S., M.A. menyebutkan dengan amanah baru ini, PPB UKDW Yogyakarta bersama lembaga layanan bahasa yang lain berupaya untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan mutu layanan menjadi lembaga bahasa yang unggul dan terpercaya serta mampu berkontribusi aktif untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (PPB/Ar)

Pin It on Pinterest

Share This