Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan Osnabrück University of Applied Sciences Germany, dan Universitas Halmahera (UNIERA) Tobelo menggelar workshop penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengelolaan kerjasama dengan tajuk Dialogue on Innovative Higher Education Strategies (DIES) “Nurturing a Culture of Excellence in University Management through Leadership Development and Partnerships” pada tanggal 14 – 17 Februari 2022 di Universitas Halmahera (UNIERA) Tobelo, Maluku Utara.

Kegiatan tersebut adalah bagian dari program peningkatan kapasitas perguruan tinggi di Indonesia melalui peningkatan kepemimpinan dan kerjasama dari pemerintah Jerman yang disebut (DIES Partnership) didukung oleh DAAD German Academic Exchange Service. Program kerja sama antara UKDW Yogyakarta dan Osnabrück University of Applied Sciences Germany Faculty of Business Management and Social Sciences yang melibatkan Universitas Halmahera Maluku, Universitas Wira Wacana Sumba Timur, dan Universitas Ottow Geissler Jayapura ini bertujuan untuk mengatasi masalah distribusi kualitas universitas di area Indonesia yang dianggap kurang merata. UKDW berkomitmen untuk mendampingi ketiga perguruan tinggi ini sebagai upaya mengembangkan ilmu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Dimana dalam kesempatan ini, UKDW hadir sebagai universitas mentor bagi UNIERA.

Hadir dalam acara tersebut Gita Lestari – Kőtting Kepala Kantor Urusan Internasional Hochschule Osnabrück sekaligus perwakilan dari DAAD Jerman, Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Jejaring (WR 4) UKDW, Dr.-Ing., Wiyatiningsih, ST., MT. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UKDW, Herson Keradjaan, S.IP., M.Si. Rektor UNIERA, Dekanat, Ketua Program Studi, Pimpinan unit-unit pendukung, dan perwakilan mahasiswa UNIERA.

Dalam sambutannya Herson Keradjaan, S.IP., M.Si. menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran pihak UKDW dan harapan agar kegiatan lokakarya ini dapat dimanfaatkan oleh UNIERA sebagai kesempatan untuk belajar bersama. Sementara itu Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D menyampaikan bahwa dalam lokakarya yang dilakukan ini, setiap pihak hendak belajar bersama dan melakukan sharing pengalaman untuk menyiapkan rencana-rencana peningkatan kapasitas perguruan tinggi masing-masing.

Adapun materi pertama yang dibahas adalah terkait pengelolaan penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi yang terintegrasi dengan pengajaran, disampaikan oleh Dr.-Ing., Wiyatiningsih, ST., MT. Materi kedua terkait paradigma kepemimpinan dan pengelolaan kerjasama disampaikan oleh Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D. Selanjutnya Gita Lestari – Kőtting menyampaikan sharing mengenai kesempatan magang dan studi di Hochschule Osnabrück Jerman.

Sementara itu, pada hari ketiga diisi dengan pemaparan roadmap penelitian dan kebutuhan kerjasama yang telah menjadi program UNIERA. Bayu Achil Sadjab, SSi., MSc. Kepala LPPM UNIERA menyampaikan presentasi yang dilanjutkan dengan diskusi yang mengarah pada peningkatan kualitas pelaksanaan penelitian di UNIERA dan kesempatan-kesempatan kerjasama dengan UKDW sebagai pendukung. Beberapa rencana bersama antara UKDW dan UNIERA dihasilkan dari diskusi ini diantaranya rencana penelitian bersama, kerjasama peningkatan kualitas pendidikan, dan mentoring pengurusan open journal system (OJS) untuk jurnal ilmiah.

Pada hari terakhir, peserta berkesempatan melakukan kunjungan ke Desa Meti di Pulau Meti, Tobelo Timur, desa binaan yang menjadi pusat kegiatan PkM UNIERA. Dalam kunjungan ini fasilitator bersama dengan beberapa pimpinan UNIERA mencoba untuk melakukan evaluasi dan melihat berbagai kemungkinan untuk peningkatan kualitas penelitian – PkM serta rencana kerjasama lanjutan dengan UKDW.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This