Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) UKDW melaksanakan program kerja pertama dari kepengurusan yang baru yaitu kunjungan sosial pada Sabtu (14/4). Kunjungan sosial ini dilaksanakan di Panti Sosial Pingit. Panti ini merupakan panti yang dikelola oleh frater-frater yang menampung para gelandangan serta mendidik anak-anak. Pada kegiatan ini, mahasiswa akan membantu memberdayakan ruangan yang tidak terpakai di panti tersebut dan KMK UKDW juga memberi bantuan berupa beberapa alat penunjang pembelajaran. Tujuan dari program kerja tersebut selain sebagai sarana untuk memperkenalkan KMK UKDW ke luar kampus, juga bertujuan agar mahasiswa UKDW khususnya mahasiswa katolik UKDW dapat mengikuti ajaran Kristus yaitu rela berkorban bagi sesama.

Dalam awal perencanaan pelaksanaan program kerja Kunjungan Sosial, panitia berencana mengadakan kegiatan untuk mengajar anak-anak Panti Sosial Pingit, namun setelah melewati beberapa pertimbangan maka diputuskan untuk mengadakan kerja bakti sosial sebagai bentuk dari pelaksanaan program kerja Kunjungan Sosial.

Kunjungan Sosial dimulai dengan doa bersama di kampus UKDW, dilanjutkan dengan acara keberangkat bersama dari kampus menuju Panti Sosial Pingit pada pukul 09:30 WIB. Sesampainya di panti, mahasiswa KMK UKDW di sambut oleh frater-frater di panti dan kegiatan dilanjutkan dengan breafing bersama frater. Seusai breafing, mahasiswa melanjutkan kegiatan dengan membersihkan ruang-ruang kelas yang telah lama tidak terpakai. Mahasiswa tidak hanya membersihkan ruangan, namun mahasiswa juga membersihkan alat-alat seperti kursi, lemari, papan, dll. Selain itu, mahasiswa juga mengecat tembok ruang kelas tersebut.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat. Setelah sesi istirahat selesai, kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan tiga ruangan lain yang telah lama tak tepakai. Kegiatan dimulai dengan mengeluarkan semua barang dalam ruangan, membersihkan ruangan tersebut, memilih benda-benda yang masih bisa dipakai, dan membersihkan alat-alat, serta menata kembali barang dalam ruangan tersebut, hingga membersihkan halaman sekitar ruang kelas pada panti. Kegiatan ditutup dengan sepatah dua kata dari frater dan Denis sebagai perwakilan KMK UKDW. Tentunya acara foto bersama mahasiswa KMK UKDW dengan frater panti sosial pingit tidak akan dilewatkan. Acara foto bersama di lanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari KMK UKDW kepada frater. Mahasiswa meninggalkan panti pada pukul 14:30 WIB, sesuai dengan rundown kegiatan.

Pada awal-awal persiapan, tentu terdapat banyak kendala seperti bahan yang ingin dibawa maupun transportasi. Namun dengan kerja keras bersama, kendala tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Program kerja Kunjungan Sosial KMK UKDW telah terlaksana dengan baik berkat kerjasama semua pihak.

Pin It on Pinterest

Share This