Pada hari Senin-Selasa, 22-23 Januari 2018 diselenggarakan Lokakarya Filsafat Keilahian II dan Pembentukan Asosiasi Ahli Filsafat Keilahian Indonesia, di ruang Harun Hadiwijono, UKDW. Lokakarya ini merupakan kelanjutan dari Lokakarya I pada bulan Desember 2016 di Asrama Seturan UKDW. Lokakarya diikuti oleh sekolah teologi/fakultas teologi di bawah binaan Kemristekdikti, baik dari sekolah Protestan anggota PERSETIA (Perhimpunan Sekolah-sekolah Teologi di Indonesia), maupun sekolah Katolik anggota AFTI (Asosiasi Filsafat Teologi Indonesia). Lokakarya dihadiri oleh 38 orang pimpinan dan tim kurikulum dari berbagai sekolah/fakultas teologi di bawah binaan Kemristekdikti.

Lokakarya Filsafat Keilahian I menghasilkan rumusan bahwa Filsafat Keilahian adalah Disiplin teologis atas misteri manusia, kosmos, dan sosialitas dalam hubungan dengan Allah, yang dibangun dengan metodologis, konstruktif dan kritis dalam dialog dengan tradisi pemikiran filosofis, ilmu alam dan humaniora (antara lain sastra, cultural studies, seni, religious studies) serta ilmu social kritis yang relevan. Sedangkan Lokakarya Filsafat Keilahian II berhasil menyepakati capaian lulusan dari Prodi Filsafat keilahian yang secara tegas akan membedakannya dari Prodi Teologi Binaan Kemenag. Pengertian dan capaian lulusan inilah yang menjadi pegangan bagi sekolah-sekolah/fakultas untuk menyesuaikan kurikulumnya.

Peserta Lokakarya juga menyepakati perlunya dibentuk asosiasi keahlian untuk mengembangkan keilmuan Filsafat Keilahian, termasuk kurikulum dan lembaga akreditasi mandiri. Karena itu peserta sepakat membentuk Asosiasi Ahli Filsafat Keilahian Indonesia (AAFKI) beserta dengan Anggaran Dasarnya. Asosiasi ini akan segera didaftarkan di Kementrian Hukum dan Ham agar berbadan hukum.

Adapun pengurus pertama AAPFKI (2018-2022) adalah:

Ketua                    : Pdt. Wahju S. Wibowo, M.Hum., Ph.D

Wakil Ketua        : Rm. Bagus Laksana, Ph.D., SJ

Sekretaris            : Pdt. Jennifer P. Wowor, M.A

Bendahara          : Dr. David Samiyono

ANggota              : Prof. Dr., Edy Kristiyanto, OFM

Pdt. Yusak Soleiman, Ph.D

Dr. Adriana

 

Sementara itu sususan pengawa pertama (2018-2020) adalah:

Ketua                    : Rm. Dr. E.P. Martasudjita, Pr

Sekretaris            : Pdt. Henky H. Hetharia, M.Th

Anggota               : Pdt. Paulus S. Widjaya, Ph.D

Pin It on Pinterest

Share This