Orientasi Kehidupan Akademik (OKA) resmi dibuka oleh Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D pada hari Senin, 13 Agustus 2018 di Auditorium Koinonia Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Sebanyak 1050 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru dan mahasiswa dari beberapa angkatan sebelumnya mengikuti kegiatan ini sampai dengan tanggal 18 Agustus 2018. Dalam masa orientasi atau pengenalan kampus, mahasiswa baru UKDW diharapkan dapat mengenal lebih jauh lagi kampus tempat mereka berkuliah serta membentuk karakter mahasiswa baru di lingkungan baru.

Upacara pembukaan OKA 2018 dibuka dengan doa dan renungan oleh Pdt. Nani Minarni, S.Si, M.Hum selaku Pendeta Universitas (PU). Nani memberikan motivasi sesuai dengan tema OKA 2018 yakni “The Inspiring Leader” kepada para peserta OKA 2018. Nani berpesan agar para generasi penerus bangsa ini nantinya dapat menjadi sosok “pemimpin” (leader) yang dapat menginspirasi banyak orang, terutama dalam hal menjunjung tinggi rasa persaudaraan, semangat dalam melayani, pantang menyerah, tidak cepat puas diri, dan selalu menebarkan kebaikan pada sesama.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, Henry mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru yang telah memilih dan diterima di UKDW sebagai tempat baru untuk menimba ilmu. Henry juga menegaskan bahwa para mahasiswa baru angkatan 2018 ini merupakan mahasiswa pilihan terbaik yang telah melewati beberapa proses tahapan ujian. “Saya berharap para mahasiswa baru agar selalu bersyukur dan bersemangat dalam berkuliah nantinya, karena tidak semua berkesempatan untuk dapat berkuliah di UKDW,” pesan Henry.

Imanuel Aji Setiawan selaku Ketua Panitia OKA 2018 dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui tema “The Inspiring Leader”, OKA 2018 ingin mengangkat semangat kepemimpinan yang digambarkan dengan sosok yang memiliki sifat pantang menyerah, mau berjuang menggapai impian, bertanggung jawab, serta mampu memperjuangkan kebenaran dan keadilan dalam cinta kasih pada sesama. Pada sesi selanjutnya, para peserta diajak untuk lebih mengenal sejarah, visi, misi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam UKDW melalui acara talkshow versi panitia OKA 2018 dengan narasumber Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Informasi. Joko menjelaskan sejarah berdirinya UKDW yang diawali dengan berdirinya Sekolah Tinggi Teologia Duta Wacana pada tahun 1962 dan kemudian berkembang menjadi UKDW yang berkiprah sejak tahun 1985.

Selanjutnya para peserta OKA 2018 diajak untuk lebih mengenal Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEMU) dan Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU). Dalam sesi tersebut hadir Marcellinus Pradipta Christie selaku Presiden BEMU dan Tya Mamoto selaku Ketua BPMU. Dalam sesi ini, Marcell dan Tya menjelaskan fungsi dan peran BEMU dan BPMU di UKDW serta seluk-beluknya. Tak lupa mereka juga mengajak para mahasiswa baru untuk ikut ambil bagian serta berperan aktif dalam organisasi ataupun kepanitiaan di kampus. Mereka berpesan agar jangan takut untuk mencoba karena dengan ikut serta dalam organisasi atau kepanitiaan, banyak keuntungan yang akan didapatkan, terutama untuk menambah pengalaman sebelum para mahasiswa memasuki dunia kerja.

Dalam upacara pembukaan OKA 2018 ini juga dilakukan prosesi iring-iringan tarian diikuti oleh beberapa peserta yang bertugas membawa bendera merah putih, bendera universitas, bendera fakultas, dan bendera program studi mulai dari Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Bioteknologi, Fakultas Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Teologi, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Para peserta OKA 2018 juga dihibur oleh penampilan dari Duta Dance. Di akhir acara, para peserta diajak untuk berkeliling dan mengunjungi unit-unit di UKDW.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This