Pandemi Covid-19 ini ternyata tidak menyurutkan semangat anak muda untuk terus menorehkan prestasi. Salah satunya Angelique Nitzakaya Hadimulyo, mahasiswi Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta yang berhasil menyabet dua gelar sekaligus yaitu Puteri Literasi Favorite dan Runner Up III dalam ajang Pemilihan Putera Puteri Literasi Indonesia 2022 untuk wilayah Jawa Tengah III. Ajang ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan literasi bangsa Indonesia menyongsong 2045.

Angie, begitu Angelique akrab disapa, tentu tidak hanya beradu cantik. Namun juga unjuk kebolehan dari aspek intelektual, yakni pemahaman terhadap isu-isu terkini di Indonesia. Angie mengaku harus mengutamakan aktivitas akademis sebelum mempersiapkan diri untuk ikut rangkaian kegiatan ajang tingkat nasional tersebut. “Saya harus bisa menyeimbangkan persiapan untuk ajang tersebut dan aktivitas akademik sehari-hari. Puji Tuhan, saya bisa lolos seleksi tahap 1, 2, dan 3 hingga ke final serta menyabet dua gelar sekaligus untuk mewakili wilayah Jawa Tengah III,” tuturnya, Kamis (24/2).

Terkait materi dan gagasan soal literasi kepemimpinan yang dipresentasikan pada ajang tersebut, Angie mengaku jika hal itu sudah dipersiapkan. “Satu hal yang ditekankan dalam gagasan tentang literasi kepemimpinan pada anak adalah soal bagaimana anak muda meraih prestasi di bidang apapun selama masih dalam konteks yang positif. Apalagi, meraih prestasi selama masa pandemi dan resesi seperti saat ini,” terangnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama (WD III) Fakultas Bisnis UKDW Lucia Nurbani Kartika, S.Pd., Dipl. Secr., MM sangat mengapresiasi prestasi Angelique. Lucia Nurbani Kartika, S.Pd., Dipl. Secr., MM menyebutkan Angie merupakan mahasiswa Fakultas Bisnis yang aktif dalam mengikuti kompetisi dan kegiatan  serupa yang menghasilkan sejumlah prestasi, seperti menjadi peserta Asia Youth Model United Nations International Global Network dan kompetisi Business Plan. 

“Program Pemilihan Putera Puteri Literasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan anak-anak yang sulit mengakses buku. Melalui program ini diharapkan distribusi literasi akan semakin merata ke seluruh Indonesia. Dengan literasi, tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang diterima menjadi lebih baik, membantu orang berpikir secara kritis dengan tidak mudah terlalu cepat bereaksi serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri seseorang,” paparnya.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This