Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKDW Yogyakarta berhasil meraih Juara 3 pada Faith International Competition 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Petra. Kompetisi yang  disupport oleh Universiti Malaysia Perlis ini mengambil tema “Tranfsormation to GreenTech” dan terdiri dari 4 kategori yaitu Electrical Engineering, Mechanical Engineering, Industrial Engineering, serta Informatics. 

Dalam kompetisi ini tim mahasiswa FTI UKDW yang bernama“DW-TEAM” mengikuti kategori Electrical Engineering, dimana mereka ditantang untuk merancang produk berbasis internet, perangkat lunak, dan teknologi ramah lingkungan yang mengurangi dampak negatif manusia pada lingkungan alami. “DW-Team” yang terdiri dari Kevin Alvaro Adianto (Informatika 2020), Keren Dwi Fani Wulan Sari (Informatika 2020), dan Josephine Angie Santoso (Informatika 2021) membuat produk “DRINK-IT”, smart water dispenser yang menggunakan teknologi berbasis Internet Of Things (IOT), yang terkoneksi dengan internet sehingga bisa memonitoring kebutuhan air minum kita dan dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh kita.

Alat yang berbentuk seperti dispenser ini dapat diletakkan dimanapun seperti di rumah, kantor, maupun di tempat umum. Smart water dispenser (SWD) ini menggunakan beberapa sensor seperti ultrasonic (jarak) infrared serta menggunakan banyak alat penggerak seperti servo, stepper motor, maupun pompa air. Dengan mengetahui umur, berat, gender, dan aktifitas pengguna maka aplikasi dapat menentukan kebutuhan air minum berupa kategori aktivitas fisik tersebut.

Tujuan dari alat ini ialah sebagai solusi untuk membantu terpenuhinya konsumsi air minum yang sesuai untuk setiap individu dengan aktivitas fisik yang berbeda dan mengurangi sampah botol plastik. Ide dan pengembangan awal dari desain produk IoT berasal dari salah satu mahasiswa Informatika UKDW, Deni Ariyanto Abadi, yang juga menjadi mentor bagi DW-Team untuk bisa maju dalam kompetisi ini. 

SWD ini mampu merekomendasikan jumlah air minum yang harus dikonsumsi sesuai dengan aktivitas fisik yang dilakukan setiap harinya melalui Aplikasi Android drink.it yang dapat terhubung dengan SWD. Aplikasi android tersebut juga dapat memonitor jumlah air minum yang diisikan ke botol minum pengguna. Sehingga sistem dapat mengetahui apakah pengguna telah mengkonsumsi air minum sesuai jumlah yang seharusnya. Pada interval waktu tertentu aplikasi drink.it akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk segera mengkonsumsi air minum kembali.

Keberhasilan dari tim ini tentu tidak lepas dari bimbingan Laurentius Kuncoro Probo Saputra, S.T., M.Eng., Gloria Virginia, S.Kom., MAI., Ph.D, dan dr. Josephine Diony Nanda yang selalu mendampingi dalam pengembangan ide, desain, dan implementasi produk Smart Water Dispenser berbasis IoT. (FTI/Kuncoro)

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This