Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), Kampus Merdeka hadir sebagai salah satu program transformasi Pendidikan Tinggi. Salah satu bentuk kegiatan dalam program Kampus Merdeka adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang memiliki kuota 20.000 mahasiswa Magang dan 5.000 mahasiswa Studi Independen yang akan tersebar di beberapa instansi/mitra yang bekerja sama dengan Kemendikbudristek.

Hal ini disambut baik oleh Wayan Gian Nita Pertiwi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UKDW Angkatan 2019 yang berhasil lolos menjadi salah satu peserta Studi Independen Bersertifikat. Setelah mengikuti program Kampus Mengajar pada semester 5, Nita kembali menantang diri untuk mengasah softskills dan hardskillsnya di salah satu instansi pendidikan Zenius yang merupakan tempat bimbingan belajar online interaktif pertama di Indonesia sejak tahun 2007, sebagai Zenius Educator: Leveraging Technology for Tutoring.

Studi Independen Bersertifikat adalah sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu memperbaiki akses dan kualitas dalam proses belajar, memahami paradigma dan proses kognitif siswa untuk dapat menjalankan model pembelajaran berbasis digital secara kognitif dan praktis.

Sebagai mahasiswa PBI UKDW, tentunya hal ini sangat menguntungkan dan sangat bermanfaat untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa bisa terjun ke lapangan untuk praktek langsung seperti membuat bahan ajar, mengaplikasikan audit dasar untuk pengecekan akurasi bahan ajar, mempelajari teori-teori belajar, dan hal lainnya.

Dengan berjalannya program mulai 21 Februari 2022 hingga 21 Juli 2022 ini, mahasiswa tidak perlu mengikuti kegiatan di UKDW melainkan harus fokus kepada program MSIB karena Prodi PBI dan UKDW telah mengkonversi kegiatan ini sebanyak 20 SKS sesuai dengan ketentuan Permendikbud yang berlaku. (PBI)

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This