(Mahasiswi Prodi Desain Produk Universitas Kristen Duta Wacana, Letticia Viona Setia Dharma, berhasil mengukir prestasi dengan meraih Juara 2 dalam ajang Indonesia Footwear Creative Competition (IFCC) pada kategori Upper Design yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Industri Persepatuan (BPIP), Ditjen IKMA, dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Mengangkat tema “Indonesia Melangkah to The Next Level”, BPIP melalui IFCC ingin mengusahakan sesuatu yang lebih konkret dan bermanfaat bagi banyak pihak dengan memberikan peluang kepada pemenang sehingga hasil karyanya bisa diproduksi oleh pelaku industri alas kaki. 

Prodi Desain Produk UKDW mengirimkan empat mahasiswa untuk mengikuti kompetisi ini, namun hanya Letticia Viona yang berhasil meraih juara. Letticia mengaku dirinya dan tiga mahasiswa lainnya sudah mempersiapkan karya selama tiga bulan melalui kegiatan pembimbingan (mentoring) bersama Kristian Oentoro, M.Ds (Ketua Prodi Desain Produk UKDW) dan Matthew Pradipta (Mahasiswa Prodi Desain Produk UKDW). Dalam mentoring yang juga merupakan salah satu program dari Himpunan Mahasiswa Desain Produk (HMDP), para peserta diminta untuk mempresentasikan ide secara bertahap agar para pendamping dapat memberi kritik dan saran untuk menyempurnakan hasil karya yang akan diunggah pada kompetisi IFCC. Selain itu, para peserta kompetisi juga mengikuti online class yang diadakan oleh pihak BBIP selaku penyelenggara IFCC 2022.

Lebih lanjut, Letticia Viona menjelaskan “Megga” yang menjadi judul desain alas kaki karyanya merupakan pengembangan desain dress shoes dengan inspirasi budaya nusantara, yakni Batik Mega Mendung. Megga ditujukan sebagai sarana pelestarian budaya melalui produk lokal yang ditargetkan bagi perempuan usia 20-30 tahun yang memiliki ketertarikan pada bidang fashion, terutama sepatu. “Megga dirancang dengan kombinasi antara full grain leather dan suede leather yang dilengkapi dengan detail brogue pattern agar dapat mempercantik penampilan. Megga juga hadir dalam beberapa opsi warna sehingga dapat menjadi pilihan dalam setiap outfit yang digunakan,” terangnya. 

Letticia Viona mengungkapkan kebahagiaannya dapat mengikuti IFCC 2022 dan berhasil meraih prestasi. Ia bersyukur mendapatkan kesempatan untuk belajar bersama para mentor yang ahli di bidang footwear, bidang yang sebelumnya belum ia ketahui. “Kaget dan bersyukur sekali bisa meraih Juara 2. Tapi saya belum merasa puas karena perjalanan sebagai calon desainer baru dimulai. Jadi harus tetap semangat dan terus menggali pengetahuan baru,” ucap Viona. (FAD/Maria Graciella)

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This