Di abad 21 ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan ditandai dengan munculnya sejumlah cabang keilmuan baru beserta penelitian-penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan tersebut. Tak jarang juga, cabang keilmuan tersebut lahir dari cabang keilmuan lama dengan lingkup materi yang lebih luas. Cabang keilmuan baru dapat lebih spesifik dan terarah ketika membahas suatu lingkup materi. 

Di lain sisi, perkembangan teknologi tentunya dapat dirasakan di berbagai bidang kehidupan. Sebut saja bidang informasi. Siapa sih yang belum mengenal media sosial? Melihat gaya hidup anak millennial saat ini, rasanya hampir tidak mungkin mereka tidak mengenal media sosial. Mayoritas orang di seluruh belahan bumi saling terkoneksi oleh media sosial. 

Bioteknologi merupakan salah satu bidang ilmu yang lahir atas dasar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bioteknologi tersusun dari kata bio (merujuk ke bios), yang memiliki arti makhluk hidup; tekno (merujuk ke techno) yang memiliki arti hal yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia; dan logi (merujuk ke logos) yang memiliki arti ilmu. Sehingga, secara definitif bioteknologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang gabungan antara makhluk hidup dan teknologi. Sekilas terlihat cukup keren. Hal ini dikarenakan bioteknologi sangat erat dengan bidang makhluk hidup dan teknologi, serta cukup relate dengan kehidupan di abad 21. Bidang ini sudah mulai mendapat perhatian dari masyarakat. Di samping karena lingkup materi yang dibahas dan mengikuti perkembangan zaman, prospek kerja yang ditawarkan dari jurusan ini juga sangat menggiurkan. 

Biotech-Expo yang merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta hadir sebagai wadah untuk mengenalkan bioteknologi, mulai dari pemanfaatan bioteknologi hingga penerapan di dunia kerja. Kegiatan ini terdiri dari webinar dan talkshow bagi siswa tingkat SMA se-Indonesia yang muncul sebagai bentuk semangat dan antusiasme mahasiswa Fakultas Bioteknologi UKDW untuk memperkenalkan dunia bioteknologi kepada masyarakat luas sekaligus menarik minat calon mahasiswa baru dalam mengeksplorasi diri dan mengerahkan minat bakat mereka dalam dunia bidang industri, kesehatan, lingkungan bahkan entrepreneur. Dengan demikian peserta diharapkan mampu menjadi pribadi yang ulet, kompeten serta berprestasi di lingkungan kerja maupun di lingkungan bioteknologi UKDW.

Webinar dan Talkshow dengan tema “Find Yourself in Biotechnology” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 19 september 2021 mengundang dosen Fakultas Bioteknologi UKDW, alumni Alumni Fakultas Bioteknologi UKDW, dan influencer dunia pendidikan sebagai narasumber.  Ratih Restiani S.Si., M.Biotech mengawali kegiatan dengan memberikan paparan  “Pemanfaatan Bioteknologi dalam Kehidupan” dalam sesi webinar. Melaui paparannya, Ratih menyampaikan peran penting ilmu bioteknologi dalam kehidupan nyata atau sehari-hari, termasuk esensi ilmu tersebut dalam penentuan solusi terkait permasalahan dalam bidang lingkungan, industri, dan kesehatan. Melengkapi pemahaman tentang prospek kerja lulusan bioteknologi, Irwanto Thomas, S.Si. menyampaikan materi tentang  ‘Aplikasi Biologi di Dunia Kerja’. Dari paparan Irwanto, peserta diajak untuk memahami bahwa prospek kerja saat ini akan terus berkembang, sehingga lulusan biologi tidak hanya memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai peneliti atau ilmuwan. Irwanto juga menekankan bahwa proses kuliah yang dijalani di Fakultas Bioteknologi UKDW membantunya dalam memahami alur kerja jarena sudah terbiasa melakukan analisa di lapangan. Sesi terakhir dalam webinar disampaikan oleh

Dennis Guido dengan topik ‘Seputar Kehidupan Perkuliahan Mahasiswa’. Dalam sesi ini peserta diajak untuk bersama-sama memahami dan mencari solusi masalah yang terkait dengan realita kehidupan mahasiswa, fase senang atau fase terpuruk dalam menjalankan kuliah, dan motivasi diri serta  tujuan dalam menjalankan proses kuliah.

Bioteknologi merupakan ilmu yang praktis dan mudah diaplikasikan di dalam kehidupan, sebab relevansinya dengan permasalahan alam yang dinamis mengikuti perkembangan zaman. Dengan demikian, bioteknologi sangat dibutuhkan dan mendatangkan prospek kerja yang sangat beragam di berbagai bidang. Bioteknologi, melalui implementasinya akan mampu menyelaraskan penggunaan teknologi bagi kesejahteraan makhluk hidup, termasuk kesejahteraan umat manusia. Anggapan bahwa bioteknologi terkesan seperti pedang bermata dua karena di satu sisi dapat meningkatkan kualitas hidup, sementara di sisi lain dapat menghancurkan kehidupan yang ada dapat semakin diminimalisir dengan pengaplikasian bioteknologi yang selaras dengan pengembangan dan pendewasaan karakter. (F.Bio/Albert, Amelia, Annabelle,Cindy)

Pin It on Pinterest

Share This