Tepat pada hari Sabtu, 9 April 2022 yang lalu telah resmi dilantik dan dilakukan pengambilan Sumpah Dokter periode pelantikan ke-22 kepada mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) Yogyakarta yang dilaksanakan di Ballroom Indraprasta 1 & 2, Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta. Sumpah Dokter dilaksanakan terhadap para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus Program Profesi Dokter dengan melalui tahapan ujian Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) batch Februari 2022. Pada kesempatan tersebut, FK UKDW Yogyakarta meluluskan 75 dokter dari total 500 dokter lulusan FK UKDW Yogyakarta yang telah melakukan Sumpah Dokter. 

Adhi Setradian Anto Maria sebagai Ketua Panitia menyampaikan bahwa untuk tata acara Pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini dilakukan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yang dihadiri oleh Rektorat, Dekanat, Kaprodi, Senat FK UKDW Yogyakarta, Direktur RS Bethesda dan Jejaring, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Yogyakarta, Rohaniawan, para calon dokter beserta orang tua. “Saya sangat bangga, bahwa terdapat 75 lulusan dokter yang akan dilantik. Harapan saya para dokter ini bisa kompak, selalu punya keinginan kuat untuk melangkah ke depan, dapat mengabdikan diri kepada negara, dan selalu melayani masyarakat dengan baik,” ungkap dr. Adhi.

Mewakili segenap mahasiswa yang dilantik, dr. Wili Dirda Adventio mengucap syukur bahwa selama belajar di FK UKDW Yogyakarta, ada cerita indah yang disusun oleh Tuhan. Para dokter yang dilantik, semua telah dipertemukan dan menjalin tali persahabatan dari berbagai ragam dan budaya. Proses belajar yang sudah ditempuh dari Kuliah Pakar, Praktikum, Skills Lab, dan OSCE sudah dilalui bersama-sama dalam suka dan duka. Terkadang hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kekhawatiran, kegagalan dan putus asa selalu menghantui proses belajar. “Namun, lihatlah jas putih yang sudah kita pakai ini, menjadi seorang dokter bukanlah suatu kebetulan. Hal ini merupakan sebuah rencana indah yang sudah disusun oleh Tuhan untuk kita. Bekerja cerdas dan bekerja keras di masa lalu dan sekarang maka tuaiannya akan kita petik di masa datang. Kesuksesan akan datang saat bertemunya usaha dan doa yang kita panjatkan. Semoga Tuhan selalu memberkati setiap langkah kita” kata dr. Wili. 

Perwakilan orang tua dokter yang baru dilantik, Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro,FIAS menyampaikan, “Dalam rangka kita menyaksikan anak-anak kita yang dilantik menjadi dokter, hal ini tentu akan sangat membahagiakan untuk kita semua para orangtua yang telah berjerih lelah sampai anak-anak kita bisa menyelesaikan rangkaian pendidikan di FK UKDW Yogyakarta ini. Kepada para dokter yang baru dilantik, ini adalah awal dari sebuah proses untuk melayani di masyarakat, pertanggungjawabkan profesi kita sebagai dokter kepada Tuhan dan teruslah belajar dalam perkembangan ilmu kedokteran. Sekali lagi selamat kepada FK UKDW, para dokter baru dan orang tua,”. 

Sebagai perwakilan IDI, dr. Tri Widjaja membacakan sambutan dari Ketua IDI Wilayah Yogyakarta, “Profesi dokter merupakan profesi yang mulia, jalankan dan lakukan tugas dokter sebagai dokter yang professional dan amanah dengan menerapkan etika kedokteran sesuai proses standar profesi yang berlaku dan sesuai dengan sumpah Hypocrates. Kami ingatkan untuk selalu memegang prinsip nilai dan sumpah dokter, kode etik kedokteran Indonesia, norma sosial, kebudayaan dan nilai agama yang akan menjadikan warna kedokteran Indonesia yang bermartabat luhur. Kami pengurus IDI Wilayah Yogyakarta mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya para dokter baru lulusan FK UKDW Yogyakarta, dan menghaturkan terimakasih kepada para dosen dan tenaga non kependidikan yang telah mendidik, menempa dan menghantarkan sejawat menjadi dokter yang menjunjung tinggi profesi kedokteran Indonesia yang beretika dan memegang teguh prinsip nilai kedokteran Indonesia. Para dokter yang terhormat, jagalah selalu nama baik kita sebagai profesi dokter, profesi IDI, almamater FK UKDW dengan hasil karya kita yang berkualitas dan terhormat”. 

Sementara itu dr. Purwoadi Sujatno, Sp.PD selaku Direktur RS Bethesda, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para dokter baru yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya. Tentunya proses untuk menjadi seorang dokter merupakan kerja sama yang luar biasa antara mahasiswa, orangtua, FK UKDW Yogyakarta dan RS Pendidikan. Proses Pendidikan klinis yang berada pada masa pandemi ini, merupakan hal yang tidak mudah untuk dilalui. Dalam melakukan pelayanan selanjutnya sebagai seorang dokter dimanapun nanti para dokter ditempatkan, selalu ingat akan ikrar atau sumpah dokter, visi dan misi almamater UKDW, dan panggilan pribadi ketika para dokter sudah memutuskan untuk menjadi seorang dokter. “Dimanapun nanti kalian berada selalu menjunjung tinggi almamater UKDW dan RS Pendidikan. Terimakasih kepada segenap orangtua untuk menghantarkan putra-putrinya belajar di FK UKDW Yogyakarta hingga bisa menjadi seorang dokter,” pesan dr. Purwoadi.

Sedangkan, dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D selaku Dekan FK UKDW Yogyakarta mengucapkan syukur untuk sebuah perjalanan panjang kepada dokter baru yang sudah dilantik. “Ini adalah berkat yang luar biasa bisa melaksanakan pelaksanaan Sumpah dokter secara tatap muka, rasa bangga juga kami ungkapkan karena lulusan firstaker kita 93% sehingga terdapat 75 lulusan dokter yang terlantik saat ini. Rasa terimakasih juga saya ucapkan kepada para orangtua yang sudah mendampingi putra/putrinya dalam dukungannya sampai dilantiknya saat ini. Acara sumpah dokter adalah sesuatu yang sangat membahagiakan dan membanggakan kita semua. Banggalah sebagai alumni UKDW, dan jangan lupakan nilai nilai kedutawacanaan sebagai dasar untuk melakukan kegiatan selanjutnya dalam pelayanan ke masyarakat,” ungkap dr. Maria.

Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor UKDW mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung para dokter menyelesaikan studinya.  “Pada akhirnya kita sudah mampu untuk membentuk dan menghatarkan putra-putri kita menjadi seorang dokter. Semua prestasi itu baik, tapi sebentar lagi para dokter muda ini akan masuk ke ujian yang sesungguhnya, yaitu pelayanan menjadi seorang dokter,” ungkapnya. Henry berpesan kepada para dokter muda dengan memberikan istilah 4C, yang pertama Calling atau panggilan hidup, ingatlah pada panggilan semula ketika memutuskan untuk kuliah di kedokteran, dan panggilan mulia itu harus dipenuhi ketika bekerja yang sesungguhnya menjadi seorang dokter. Kedua, Care yang terdiri dari dua unsur yaitu Passion atau gairah jadilah menjadi seorang dokter yang punya gairah untuk bekerja dan melayani dan juga harus mempunyai sikap yang compassion atau berbela rasa/welas asih dalam pelayanannya. Ketiga, Character yang sudah terbentuk selama proses pembelajaran di FK UKDW Yogyakarta, namun karakter itu harus diolah sehingga lulusan FK UKDW Yogyakarta mempunyai karakter yang berbeda dari lulusan FK dari Universitas lainnya, dan jangan melupakan nilai-nilai kedutawacanaan dalam bekerja. Dan yang keempat adalah Carrier, tetaplah berkarya dalam pelayanan dan belajarlah sepanjang hayat. Selamat kepada para dokter yang sudah dilantik, tetaplah untuk selalu belajar dalam pengembangan ilmu kedokteran, nilai profesi dan nilai spiritual sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. [FK/ad]

Pin It on Pinterest

Share This