Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik (KKNT) di Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada  masyarakat dengan menerjunkan mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat bekerjasama dan memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar. KKN Tematik UKDW yang diselenggarakan di Kelurahan Bausasran ini terbagi menjadi enam kelompok di mana setiap kelompok terdiri dari enam mahasiswa. Salah satu dari keenam kelompok tersebut adalah KKN Manunggal Lestari. Penerjunan dilakukan pada tanggal 14 Januari 2022 dan pelaksanaan program KKN berlangsung selama satu bulan.

Tujuan dari KKN Manunggal Lestari antara lain melakukan pengoptimalan lahan dalam mengembangkan kebun di Manunggal Lestari, meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan Kampung  Bausasran, meningkatkan nilai kepedulian terhadap sesama di dalam masyarakat,  meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam menyikapi permasalahan yang ada di Manunggal  Lestari, dan meningkatkan kesadaran warga setempat agar peduli serta ikut andil terhadap  perkembangan kebun Manunggal Lestari. Peserta melakukan observasi untuk mengetahui permasalahan yang ada di lapangan, kemudian merancang program kerja sebagai solusi yang sifatnya mengedukasi masyarakat di RW 12 dan pengurus Kelompok Tani. Solusi yang ditawarkan tersebut diharapkan mampu menjadi solusi berkelanjutan. 

Restrukturisasi Kebun Manunggal Lestari menjadi program utama kelompok yang bertujuan agar kebun tersebut layak disebut sebagai kebun sayur. Untuk mencapai tujuan program diperlukan program-program pendukung seperti penambahan tanaman, pembuatan wall gardening, memperindah  kebun dengan mengecat tembok yang usang, dan melakukan pembersihan kebun setiap minggunya. 

Dalam pelaksanaan, ada beberapa kendala dalam kegiatan KKN Manunggal Lestari, antara lain cuaca yang tak menentu serta kurangnya SDM dari warga untuk terjun membantu  atau memantau selama KKN. Hambatan terkait tanaman yang rusak akibat cuaca ditanggulangi dengan cara memperbaiki botol pada wall gardening dan melakukan penanaman ulang pada polybag. Sedangkan solusi untuk SDM warga yang kurang berpartisipasi adalah dengan selalu berkoordinasi dengan warga agar ikut andil dalam kegiatan.

Melalui pelaksanaan KKN Tematik ini, mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan ilmu yang didapat selama kuliah untuk diterapkan di lingkungan masyarakat sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada dalam masyarakat. Mahasiswa juga mampu mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemikiran melalui pengalaman hidup bermasyarakat yang diperoleh selama menjalankan program KKN Tematik. [Ni Luh Candra Sari Dewi]

Pin It on Pinterest

Share This