Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teologi dan BEM Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Penulisan Esai 2020 dengan tema “Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan” untuk memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April lalu. Di tengah cekaman pandemi Covid-19, antusiasme peserta untuk mengikuti lomba esai yang diadakan secara online ini justru sangat tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah peserta yang mengirimkan esainya yakni 237 peserta yang berasal dari 41 perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.            

Setelah melalui proses evaluasi naskah esai, penilaian, dan diskusi oleh tim juri yang terdiri dari Pdt. Em. Prof. Dr. (h.c.). E.Gerrit Singgih, PhD., Pdt. Dr. Josef M.N. Hehanussa, M.Th., Pdt. Dr. Wahyu Nugroho, MA. (ketiganya Dosen Fakultas Teologi), Dr. Charis Amarantini, M.Si.,. Drs, Kisworo, M.Sc., dan Drs. Djoko Rahardjo, M.Kes (ketiganya Dosen Fakultas Bioteknologi), akhirnya didapatkan tiga pemenang yang dimumkan pada hari Senin, 13 Juli 2020.

Juara pertama diraih oleh Jekonia Tarigan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan judul esai “Mungkin Bukan Tuan, Hanya Saudara yang Sedang Bertamu: Selayang Pandang Terhadap Persoalan Pentingnya Peran Narasi Religius untuk Mendorong Manusia Melestarikan Alam”. Juara kedua diraih oleh Muhamad Syarifudin dari Universitas Brawijaya Malang dengan judul esai “Pemanfaatan Kotoran Manusia Menjadi Energi Listrik Berbasis Aplikasi Mobile Guna Mewujudkan Perekonomian Berkelanjutan Warga Desa Kedunggede Mojokerto di Era Revolusi”. Juara ketiga diraih oleh Lawrence Billy Vasco Djama dari Fakultas Bioteknologi UKDW Yogyakarta dengan judul esai “Cassava Waste Pulp sebagai Bahan Pembuatan Masker dengan Mikrofilter Berbasis Biopolimer yang Terdegradasi Menjadi Helianthus L”.

Menurut Drs. Djoko Rahardjo, M.Kes selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama (WD III) Fakultas Bioteknologi UKDW lomba penulisan esai diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pada mahasiswa tentang pemanasan global dan dampaknya terhadap perubahan iklim, memberikan ruang kepada mahasiswa untuk memunculkan gagasan-gagasan kreatif lintas disiplin sebagai tawaran solusi untuk menghadapi dampak perubahan iklim terhadap lingkungan, kesehatan, dan keberlanjutan pembangunan, serta menumbuhkan kepedulian mahasiswa untuk berperan aktif dalam berbagai upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim baik pada skala lokal, regional, nasional, maupun global. “Kami berharap penyelenggaraan lomba esai ini mampu menumbuhkan minat, komitmen, dan keberanian generasi muda untuk tampil menjadi inisiator maupun inovator dalam upaya mitigasi dan antisipasi perubahan iklim,” pungkasnya. (Bio/Djoko)

Pin It on Pinterest

Share This