Pada hari Rabu, 6 Juli 2022, bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN) telah dilaksanakan acara Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dan STIE YKPN terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D selaku Rektor UKDW Yogyakarta dan Dr. Wisnu Prajogo, S.E., M.B.A. selaku Ketua STIE YKPN. Rektor UKDW Yogyakarta juga turut didampingi oleh Kepala Pusat Pelatihan Bahasa, Arida Susyetina, S.S., M.A.; Ketua Lembaga Pengembangan Akademik dan Inovasi Pembelajaran (LPAIP), Dr. Fransisca Endang Lestariningsih, M.Hum., dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Lemmuela Alviati Kurniawati, S.Pd., M.Hum.

Adapun tujuan dari kerja sama ini adalah untuk saling mendukung kedua institusi sebagai mitra dalam rangka menumbuh kembangkan kegiatan usaha dan peran masing-masing institusi berdasarkan atas kerja sama yang saling menguntungkan sekaligus sebagai bentuk pengimplementasian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Adapun bidang kerja sama yang disepakati adalah bidang penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain penandatanganan MoU, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pusat Pelatihan Bahasa UKDW Yogyakarta dan STIE YKPN. Arida Susyetina menyampaikan bahwa kerja sama ini meliputi penyusunan modul serta pelaksanaan kursus English for Professional Development dan English for Job Hunting bagi mahasiswa STIE YKPN. UKDW Yogyakarta nantinya akan mengirimkan dosen untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan keterampilan profesional mereka dengan membaca teks bahasa Inggris bisnis dan menyajikannya dalam bahasa Inggris untuk mempersiapkan diri menghadapi tuntutan studi di perguruan tinggi dan tuntutan global yang otentik. Di kelas, mahasiswa akan mempelajari strategi dan teknik membaca untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif serta meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum (Public Speaking) sehingga mereka dapat menyampaikan presentasi yang efektif dan berdampak. Dalam kesempatan tersebut, rombongan UKDW Yogyakarta juga diajak ikut untuk melihat sarana yang akan digunakan untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran

Rektor UKDW Yogyakarta menyambut baik penandatanganan MoU dan MoA ini karena pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi untuk mengembangkan kualitas masing-masing institusi. Harapannya kerja sama yang terjalin tidak hanya berhenti di proses seremoni penandatanganan namun diikuti oleh berbagai kegiatan kerja sama antar unit yang ada di masing-masing institusi.  (Lia)

Pin It on Pinterest

Share This