KKN Tematik Inklusif Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta merupakan KKN Tematik yang bekerjasama dengan lembaga inklusif dalam hal ini sekolah luar biasa yang ada di Yogyakarta. Pelaksanaan KKN Tematik Inklusif tahun ini merupakan kali kedua dilakukan oleh UKDW. KKN Tematik Inklusif #2 UKDW diselenggarakan di dua Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri yang ada di Yogyakarta, yaitu SLB Negeri 1 Bantul dan SLB Negeri 1 Yogyakarta. Jumlah peserta mahasiswa yang terdaftar untuk menjadi peserta KKN Tematik sejumlah 53 mahasiswa yang terdiri dari 20 mahasiswa di SLB Negeri 1 Bantul dan 33 mahasiswa di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Adapun peserta KKN Tematik berasal dari Prodi Kedokteran, Desain Produk, Arsitektur, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi, dan Bioteknologi.

Penerjunan KKN Tematik Inklusif #2 diselenggarakan pada tanggal 2 Maret 2023 untuk SLB Negeri 1 Yogyakarta dan 3 Maret 2023 untuk SLB Negeri 1 Bantul. Mahasiswa peserta KKN Tematik dan mitra dari sekolah sangat antusias menyambut program KKN Tematik Inklusif ini. Bagi SLB Negeri 1 Yogyakarta, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya bekerjasama dengan UKDW. Sedangkan dari pihak SLB Negeri 1 Bantul, mereka berharap program KKN ini bisa berkesinambungan dan terus berlanjut untuk periode tahun-tahun berikutnya. 

KKN Tematik Inklusif sendiri akan berlangsung selama empat bulan, mulai dari bulan Maret sampai dengan Juni 2023. Pada proses akhir program KKN Tematik ini, mahasiswa diminta untuk mengadakan expo yang berisi produk-produk inovasi guna membantu siswa-siswa SLB dalam beraktivitas. Para peserta sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok sesuai jurusan masing-masing (tunanetra, tunagrahita, tunadaksa). Dengan adanya KKN Tematik Inklusif ini diharapkan agar para mahasiswa mampu berproses, berdinamika dan melahirkan inovasi-inovasi baru untuk membantu kaum inklusif dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. (CVP)

Pin It on Pinterest

Share This