Kebutuhan akan pendidikan tinggi di Indonesia semakin meningkat. Peningkatan tersebut terlihat dari pertumbuhan jumlah perguruan tinggi dari sekitar 200.000 pada tahun 1975 menjadi hampir 7 juta perguruan tinggi pada tahun 2017. Lebih dari 95% perguruan tinggi di Indonesia tersebut merupakan perguruan tinggi swasta. Berdasarkan data dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), pada tahun 2018 terdapat 4586 perguruan tinggi terdiri dari 400 perguruan tinggi negeri dan 4186 perguruan tinggi swasta. Banyaknya perguruan tinggi swasta tersebut mengakibatkan tingginya kompetisi antar perguruan tinggi. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) sebagai perguruan tinggi swasta yang berada di antara ratusan perguruan tinggi swasta lain di Yogyakarta perlu meningkatkan kualitasnya agar dapat memenangkan kompetisi tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan program pelatihan manajemen perguruan tinggi melalui pengembangan kepemimpinan dan kemitraan yang melibatkan pimpinan universitas dan fakultas. 

Dr.-Ing. Wiyatiningsih, ST, MT sebagai alumni progam DIES International Dean’s Course (IDC) South East Asia 2018/2019 yang diselenggarakan oleh DAAD dan Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor UKDW berkolaborasi dengan Prof. Dr. Peter Meyer, profesor di International Economics University of Applied Science Osnabrück – Jerman dan Prof. Dr. Duu Sheng Ong, profesor di Faculty of Engineering, Multimedia University – Malaysia menyusun proposal program pelatihan manajemen perguruan tinggi. Proposal yang berjudul “Nurturing a Culture of Excellent in University Management through Leadership Development and Partnerships 2020 – 2023” diajukan ke DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) sebagai program Dialogue on Innovative Higher Education Strategies (DIES) dan DIES-Partnershaften mit Hochschulen in Entwicklungsländern. Proposal ini dinyatakan lolos seleksi oleh DAAD pada tanggal 13 November 2019. 

Program pelatihan manajemen perguruan tinggi ini merupakan program kerja sama antara UKDW dengan Faculty of Economy and Social Science University of Applied Science Osnabrück – Jerman.  Sebagai bagian dari komitmen UKDW untuk mendampingi perguruan tinggi di Indonesia Timur, maka UKDW melibatkan tiga universitas sebagai mitra nasional, yaitu Universitas Kristen Wira Wacana – Sumba Timur, Universitas Halmahera – Maluku, dan Universitas Ottow Geissler – Papua. Dalam pelaksanaannya, program ini akan melibatkan pembicara ahli dari Jerman dan alumni DIES International Dean’s Course (IDC) yang berasal dari Filipina dan Indonesia sebagai narasumber yang relevan dengan topik manajemen perguruan tinggi. 

Sesuai dengan agenda yang direncanakan, program ini akan dimulai dengan konferensi dan workshop pada bulan November 2020. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan di kampus UKDW, namun mengingat masa pandemi COVID-19, maka metode penlaksanaan kegiatan diubah menjadi daring. Saat ini peserta dari tiga universitas mitra sedang dipersiapkan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, agar program dapat berjalan dengan lancar. Awal tahun 2021 akan dilanjutkan dengan kunjungan ke tiga universitas mitra secara paralel. Pada akhir tahun 2021 program akan dilanjutkan dengan konferensi dan workshop ke-2 yang diselenggarakan di kampus UKDW. Kegiatan yang sama akan dilakukan pada tahun 2022. Rangkaian program ini akan diakhiri dengan konferensi pada akhir tahun 2023. Selama pelaksanaan program, peserta pelatihan akan diberikan tugas yang harus dikerjakan pada masa antar kegiatan dan dievaluasi pada saat pertemuan. Program ini diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang kompeten dalam mengelola perguruan tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan daya saing masing-masing perguruan tinggi. (Wiyatiningsih)      

Pin It on Pinterest

Share This