Pada semester Gasal 2021/2022, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta akan menyelenggarakan Bentuk Kegiatan Pembelajaran Pertukaran Mahasiswa (BKP PM) sebagai bagian dari pelaksanaan program Hibah Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KSKI MBKM). 

Selain BKP PM, Prodi PBI pada semester Gasal 2021/2022 juga akan melaksanakan BKP Pembangunan Desa dan BKP Kerja Praktik sebagai bagian lain dari pelaksanaan program hibah ini. Secara khusus, BKP PM akan terbuka bagi mahasiswa semester V untuk mengambil mata kuliah wajib (MKW) prodi PBI di universitas lain dan mata kuliah pilihan (MKP) di prodi lain di universitas lain secara daring.

Sejauh ini, Prodi PBI telah menjalin kerjasama dengan tiga prodi, yaitu Prodi PBI Universitas Tidar Magelang (UNTIDAR), Prodi PBI Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UKI Toraja. Nantinya, mahasiswa dari prodi-prodi ini juga dapat mengambil mata kuliah yang ditawarkan dalam kurikulum Prodi PBI UKDW baik sebagai MKW maupun MKP secara daring. 

Kesepakatan kerjasama dengan Prodi PBI UKI Toraja dicapai dalam pertemuan daring pada Rabu, 5 Mei 2021, dengan Prodi PBI UNTIDAR pada Selasa, 11 Mei 2021, dan dengan PBSI UKI Toraja pada Rabu, 12 Mei 2021. Selanjutnya kesepakatan kerjasama dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang telah ditandatangani semua pihak yang terkait. Salah satu butir kesepakatan adalah bahwa proses pembayaran dilakukan secara internal di universitas masing-masing sesuai harga SKS di universitas tersebut sehingga diharapkan dapat memperlancar teknis pelaksanaan di lapangan nantinya.

Secara khusus, mahasiswa Prodi PBI UKDW nantinya dapat mengambil mata kuliah Introduction to Language Testing and Assessment di UNTIDAR sebagai MKW pengganti mata kuliah Language Testing and Assessment (LTA) di kurikulum Prodi PBI UKDW. Mahasiswa UNTIDAR pun dapat mengambil mata kuliah LTA di UKDW. Selanjutnya di Prodi PBI UKI Toraja, mahasiswa Prodi PBI UKDW dapat mengambil mata kuliah Research Methodology sebagai MKW pengganti Research Methodology in ELT di kurikulum Prodi PBI UKDW sementara mahasiswa Prodi PBI UKI Toraja dapat mengambil mata kuliah Speaking for Academic Purposes dan LTA. Di Prodi PBSI UKI Toraja, mahasiswa Prodi PBI UKDW dapat mengambil Kajian Puisi dan Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) sementara mahasiswa PBSI UKI Toraja dapat mengambil Interactional Speech dan Listening for Daily Context sebagai MKP yang menambah kompetensi.

Saat ini Prodi PBI UKDW sedang melakukan penjajakan kerjasama BKP PM dengan beberapa prodi di universits lain seperti Prodi PBI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Prodi PBI Universitas Bandar Lampung, dan Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma.

“Dengan adanya BKP PM yang ditawarkan oleh Prodi PBI UKDW, kami berharap mahasiswa dapat meningkatkan soft dan hard skills-nya dengan mengikuti proses pembelajaran di prodi dan universitas lain. Selain itu, kami juga berharap mahasiswa mendapatkan kompetensi tambahan guna membekali mereka untuk siap masuk dunia kerja.” ungkap Lemmuela Alvita Kurniawati, M.Hum., Ketua Prodi PBI UKDW tentang harapannya terhadap program ini secara umum. (PBI/Adaninggar)

Pin It on Pinterest

Share This