Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Restorasi & Konservasi Lingkungan Beserta Sumber Daya Alam” pada Rabu, 13 Maret 2019. Acara yang dilaksanakan di Ruang Seminar Didaktos tersebut menghadirkan pembicara dari PT Indmira, serta diikuti oleh mahasiswa Bioteknologi angkatan 2017 dan 2018 dengan total peserta sejumlah 182 orang.

Kuliah umum tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa Fakultas Bioteknologi mengenai pentingnya restorasi dan konservasi untuk membantu wilayah yang telah mengalami kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia maupun peristiwa alam. Restorasi dapat diartikan sebagai usaha untuk memperbaiki keadaan suatu kualitas lingkungan. Restorasi biasanya dilakukan secara berkala. Sedangkan konservasi adalah upaya untuk melindungi kondisi lingkungan agar kelestarian biota yang berada di dalamnya tetap terjaga. Biasanya kegiatan restorasi akan diikuti oleh kegiatan konservasi.

Salah satu kegiatan restorasi dan konservasi yang dilakukan oleh PT Indmira adalah melakukan penanaman pohon di Provinsi Kalimantan Timur dan Bangka Belitung yang sebelumnya merupakan tempat penambangan logam, sehingga di tempat tersebut banyak terkandung logam berat yang mencemari tanah. Untuk menghilangkan kandungan logam berat tersebut, PT Indmira memanfaatkan mikroorganisme sebagai pengganti pupuk kompos. Penanaman pohon dilanjutkan dengan perawatan selama enam tahun hingga tanaman tersebut mampu tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa adanya hama hingga tanaman dewasa. Proyek lain yang dikerjakan oleh PT Indmira adalah penanaman padi dan pohon cemara di Pantai Parangtritis. Pihak PT Indmira melakukan penanaman tersebut dengan terlebih dahulu memeriksa permasalahan yang terjadi pada kondisi tanah. Setelah mengetahui kondisi tanah di sekitar Pantai Parangtritis, PT Indmira melakukan penanaman padi darat yang dikelilingi dengan pohon cemara. Pohon cemara berfungsi sebagai wind barrier, sehingga ketika angin mengenai pohon, udara tersebut kemudian naik ke atas, lalu kembali turun menuju ke tanaman padi darat. Proses ini mengakibatkan suhu di sekitar tanaman padi menjadi turun yang menyebabkan  penguapan terjadi lebih lambat. Penanaman padi tersebut membawa keuntungan untuk perekonomian karena bisa menghasilkan bahan pangan untuk masyarakat. PT Indmira juga merencanakan penanaman tanaman pangan di negara Qatar. Sebagai negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan padang pasir, Qatar mengimpor 95% bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. 

Melalui kuliah umum ini, para mahasiswa didorong untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan serta terus berinovasi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam memecahkan permasalahan pangan. [stenllie]

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This