Lembaga Pengembangan Akademik dan Inovasi Pembelajaran (LPAIP) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengadakan acara sharing praktik baik pengalaman pembelajaran pada hari Selasa, 11 April 2023. Acara tersebut diadakan secara luring di Ruang Seminar Pdt. Dr. Tasdik dan diikuti oleh 34 dosen dari berbagai program studi di UKDW. Acara ini diawali oleh sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset (WR 1) UKDW, Dr. Rosa Delima, S.Kom., M.Kom, yang mengatakan bahwa kegiatan ini penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di UKDW.

Acara sharing praktik baik ini menghadirkan 4 narasumber yang berpengalaman dalam bidang pengajaran. Narasumber pertama adalah seorang dosen tamu yang membahas tentang penggunaan ChatGPT untuk perkuliahan. Sedangkan tiga narasumber lainnya adalah dosen UKDW yang membagikan pengalaman dan praktik baik mereka dalam kegiatan perkuliahan.

Dalam presentasinya, narasumber pertama, FX. Risang Baskara, M.Hum dari Universitas Sanata Dharma menjelaskan tentang penggunaan ChatGPT yang dapat membantu memperbaiki efektivitas pengajaran di era digital. Dirinya memaparkan bahwa dengan ChatGPT, semua hal bisa dilakukan seperti membuat pertanyaan dan jawaban otomatis untuk mahasiswa, generate code bahasa pemrograman, pembuatan karya tulis dari referensi yang diberikan, dan pembuatan desain gambar.

Sementara itu, narasumber kedua, Dra. Mega Wati, M.Pd. dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), membagikan pengalaman dalam penggunaan flipped learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Mega memaparkan bahwa flipped learning dapat membantu mahasiswa untuk lebih aktif dalam belajar, karena mereka dapat mempelajari materi sebelum pertemuan kelas dan melakukan diskusi atau tanya jawab di kelas.  

Selanjutnya, narasumber ketiga, Dr. Elok Pakaryaningsih, S.E., M.Si dari Prodi Manajemen, membahas tentang pengalaman pembelajaran dalam penggunaan project komprehensif. Elok memaparkan bahwa mahasiswa dapat belajar dengan lebih praktis dan aplikatif, karena mereka belajar dari project atau studi kasus yang terkait dengan dunia kerja.

Acara sharing praktik baik diakhiri dengan presentasi dari narasumber keempat, Pdt. Daniel K. Listijabudi, Ph.D dari Prodi Doktor Teologi yang membagikan pengalaman dalam pembelajaran yang interaktif dan menarik. Daniel memaparkan pembelajaran interaktif dan menarik dapat meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa dalam belajar, sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih efektif. Mahasiswa yang diajarnya mengawali presentasi dengan menyanyikan lagu yang sesuai dengan tema yang dibahas. Dan kelas diakhiri dengan doa penutup oleh mahasiswa dengan menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia. 

Acara sharing praktik baik ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan ide baru bagi para dosen di UKDW untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi forum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara para dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik dan efektif. (LPAIP/ADD)

Pin It on Pinterest

Share This