Tim dari SMA Regina Pacis Surakarta berhasil meraih Juara I dan membawa pulang Piala Gubernur DIY dalam kompetisi Accounting Smart Challenge (ASC) yang diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober – 25 Oktober 2019. ASC adalah kompetisi akuntansi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Jawa yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HMPSA) Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. 

Pada tahun ke-8 penyelenggaraan ASC ini, tema yang diangkat adalah “Improving Accountant’s Competence and Professionalism in the Disruption Era”. Menurut Yuliana Chintya Dewi Santoso, Ketua ASC 2019,  tema tersebut dipilih mengingat pesatnya perkembangan teknologi yang menuntut para calon akuntan untuk selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, salah satunya dengan mengikuti perlombaan sejak dini di tingkat SMA.

ASC 2019 diikuti oleh 30 tim siswa SMA Negeri maupun swasta yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Untuk meraih Piala Gubernur DIY tersebut, para peserta harus berlomba menjadi yang terbaik dalam babak online preliminary dan main round. Dari 30 tim yang mengikuti online preliminary, terdapat 15 tim yang lolos ke babak main round. Mereka adalah tim yang berasal dari SMA Regina Pacis Surakarta (3 tim), SMA Pelita Nusantara Kasih Surakarta (1 tim), SMA BPK Penabur Cirebon (3 tim), SMA St. Bernadus Pekalongan (1 tim), SMA N 2 Banguntapan (1 tim), SMA Kolese De Britto Yogyakarta (3 tim), SMA Bopkri 1 Yogyakarta (1 tim) dan SMA Budi Utama Yogyakarta (2 tim). 

Tim yang telah terseleksi tersebut harus mengikuti main round pada hari Jumat, 25 Oktober 2019 di UKDW. Main Round dibagi menjadi tiga babak yaitu better together (peserta mengerjakan siklus akuntansi perusahaan dagang), the representation (lomba individu yang dikemas dalam permainan ular tangga), dan grab it fast (babak rebutan).

Babak grab it fast menjadi puncak acara ASC 2019 yang ditonton oleh seluruh finalis dan guru pendamping. Ketegangan sangat terasa karena setiap tim saling mengejar poin satu sama lain. Setelah proses perlombaan yang panjang, SMA Regina Pacis Surakarta (Tim 1) berhasil membawa pulang gelar Juara I, Piala Gubernur DIY, dan uang pembinaan senilai Rp 3.000.000,00. Sementara itu, gelar Juara II dan Juara III diraih oleh tim dari SMA BPK Penabur Cirebon.

Selamat bagi para pemenang. Sampai Jumpa di Accounting Smart Challenge (ASC) 2020!

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This