Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas atau yang biasa disebut BEMU adalah salah satu organisasi kemahasiswaan tingkat universitas yang ada di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta. Tidak jauh berbeda dengan organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi seperti Himpunan Mahasiswa Program Studi dan organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas seperti Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas, BEMU juga memiliki berbagai program kerja yang ditujukan sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mengenalkan budaya seperti Rektor Cup, Music Corner, Gelar Budaya, dan program-program lainnya. 

Dengan adanya pandemi COVID-19 ini, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek, tidak terkecuali bagi BEMU. Dalam upaya menjalankan protokol kesehatan anjuran pemerintah untuk melawan pandemi ini, banyak program kerja terpaksa ditunda sampai waktu yang belum ditentukan, seperti Leadership Training Day, seminar, forum mahasiswa, dan program kerja lainnya. “Pada bulan Mei, seharusnya kami melaksanakan studi banding ke Universitas Pelita Harapan di Surabaya, namun karena pandemi ini acara tersebut harus diundur,” ujar Jeremia Tampubolon, Bendahara BEMU. 

Selain pelaksanaan beberapa program kerja yang harus diundur, BEMU juga melakukan perubahan terhadap beberapa program kerja seperti seminar yang kemudian diubah menjadi Webinar. Perubahan tata laksana penyelenggaraan program kerja ini dilakukan dengan tujuan agar program kerja yang telah disiapkan dapat tetap diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan anjuran pemerintah. Perubahan ini dapat dilihat melalui serangkaian acara yang baru saja diselenggarakan oleh para pengurus BEMU seperti “Live Concert Kebangsaan sebagai Performa” serta “Sarasehan Pancasila, Modernitas, dan New Normal” yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. 

Live Concert Kebangsaan sebagai Performa serta Sarasehan Pancasila, Modernitas, dan New Normal diadakan pada tanggal 30-31 Mei 2020 melalui Instagram Live di akun Instagram. Sedangkan untuk Webinar Sarasehan Pancasila, Modernitas, dan New Normal pada tanggal 1 Juni 2020 dengan menggunakan ZOOM sebagai media perantara.

Para pengurus BEMU pun tetap mengadakan rapat dan pertemuan rutin yang dilaksanakan untuk membahas program kerja BEMU secara online. Beberapa kendala seperti kecepatan koneksi, kurang stabilnya koneksi, dan jadwal kuliah yang cukup padat menyebabkan komunikasi antar pengurus BEMU menjadi lebih terbatas. “Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kegiatan di kampus dapat segera berjalan dengan normal,” pungkas Jeremia. (Cindy)

Pin It on Pinterest

Share This