Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan studi banding dengan Himpunan Mahasiswa Biologi dari Institut Pertanian Bogor, kegiatan studi banding ini sekaligus merupakan rangkaian acara dari  Bioekskursi, yang juga program kerja dari Fakultas Bioteknologi. Kegiatan studi banding ini berlangsung pada hari Rabu, 07 Juni 2019 di Departemen Biologi Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor. Pada saat tiba di IPB, Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) dan beberapa dosen disana menyambut baik rombongan mahasiswa dari Fakultas Bioteknologi. Adapun dosen dari IPB tersebut ialah Mafrikhul Muttaqin, S.Si.,M.Si., yang membuka kegiatan studi banding tersebut dan Ivan Permana Putra, S.Si.,M.Si., selaku moderator dalam studi banding tersebut. 

Dalam acara studi banding tersebut, Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa, Dova Kelvin Mesrian membagikan banyak informasi mengenai kemahasiswaan dari HIMABIO IPB itu sendiri. Tidak hanya itu, sharing informasi juga diberikan dari pihak BEM Bioteknologi UKDW, Lawrence Billy Vasco Djama pada beberapa pengurus organisasi HIMABIO. Dalam kesempatan tersebut, fokus utama dari kedua organisasi ini berdiskusi perihal sistem organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan program kerja. Uniknya yang menjadi titik berat dari pertemuan tersebut adalah bagaimana meningkatkan peranan potensial mahasiswa khususnya yang non organisasi untuk bisa berkarya serta sharing bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan prestasi akademik dari mahasiswa   

Apresiasi jelas terlihat dari beberapa pengurus HIMABIO IPB yang dalam hal ini disampaikan oleh Dova Kelvin Mesrian, bahwa sistem organisasi yang tersusun rapi dan jalur koordinasi yang jelas serta kuat yang dimiliki BEM Bioteknologi dapat menjadi pembelajaran baru bagi HIMABIO yang akan dicoba untuk diimplementasikan dalam sisa waktu kepengurusan organisasi tersebut. Apresiasi serupa juga disampaikan oleh BEM Fakultas Teknologi Pangan Universitas Soegija Pranata pada tanggal 7 Mei 2019 silam dalam kunjungannya yang lalu ke UKDW. 

Menyikapi hal tersebut, ketua BEM Fakultas Bioteknologi Lawrence Billy V. Dj mengatakan bahwa sistem keorganisasian BEM sebenarnya masih perlu dibenahi karena masih sangat asing di lingkungan bioteknologi itu sendiri, namun berbagai apresiasi yang telah diterima oleh BEM, menunjukan adanya totalitas kinerja dari pengurus BEM ditengah berbagai kekurangan yang ada. (veronica)

Pin It on Pinterest

Share This