Pada hari kamis, 22 Februari 2018 sampai dengan sabtu, 24 Februari 2018, tim pengabdian dosen Fakultas Teknologi Informasi melakukan pendampingan perdana untuk peningkatan kapasitas siswa SMA di bidang Aritmatika, Logika, dan Algoritma. Kegiatan ini di laksanakan oleh tim dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, yaitu Bpk Katon Wijana, S.Kom., MT (sebagai ketua), Ibu Rosa Delima, S.Kom., M.Kom (Sekretaris), Bpk. Antonius Rachmat, S.Kom., M.Cs (Anggota), Bpk. Yuan Lukito, S.Kom., M.Cs (Anggota), dan Bpk. Halim Budi Santoso, S.Kom., MBA., MT (Anggota)

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Siswa SMA di bidang Algoritma, Aritmatika, Logika, dan Analitik di ikuti oleh 35 siswa dari 6 SMA di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu SMA Negeri 3 Yogyakarta, SMA Negeri 6 Yogyakarta, SMA Negeri 8 Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta, SMA Bopkri 1 Yogyakarta, dan SMA Budi Utama Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka kegiatan pengabdian dosen. Kegiatan dilakukan selama 3 hari dan setiap hari di bagi menjadi 3 sesi.

Kegiatan ini memiliki tujuan (1) Memberikan pengetahuan dan kemampuan tentang bagaimana menyelesaikan soal yang berhubungan permasalahan aritmatika, logika dan algoritma; (2) Meningkatkan kapasitas/kemampuan siswa didalam menjawab soal aritmatika, logika, dan algoritma. Selain itu, kegiatan ini juga di gunakan untuk mendampingi siswa dalam mempersiapkan seleksi kegiatan Olimpiade Sains Nasional Bidang Komputer (OSNK) tingkat Kabupaten / Kota.

Kegiatan ini dilakukan dengan 6 tahapan, yaitu :

  1. Penyusunan Materi Pembelajaran

Tahap awal yang dilakukan adalah melakukan pengumpulan dan penyusunan materi ajar untuk siswa. Penyusunan materi dilakukan dengan studi pustaka dan mengevaluasi materi aritmatika, logika dan algoritma yang biasa digunakan untuk evaluasi dan soal-soal yang bisanya diberikan pada ajang OSNK.

  1. Analisis kemampuan dasar siswa.

Tahapan ini dilakukan untuk mengukur kemampuan dasar aritmatika, logika, dan algoritma siswa peserta pelatihan. Proses pengukuran dilakukan dengan melakukan Pre-test terhadap semua siswa. Dari hasil pengukuran ini akan diketahui kemampuan dasar peserta pelatihan. Hasil ini akan menjadi dasar untuk melaksanakan proses pelatihan.

  1. Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran dilakukan dengan pembekalan materi dengan ceramah/tutorial dan metode tanya jawab. Media lain yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran adalah aplikasi Moodle. Siswa akan diberikan pembekalan cara menggunakan dan menjalankan aplikasi tersebut.

  1. Evaluasi Hasil Belajar

Setelah melakukan proses pembelajaran, aktifitas selanjutnya yang dilakukan adalah mengukur hasil belajar siswa. Pengukuran hasil dilakukan dengan evaluasi menggunakan perangkat TIK dengan menggunakan aplikasi Moodle.

  1. Analisis Hasil Kegiatan

Tahapan ini dilakukan untuk menganalisis keberhasilan program pengabdian yang dilaksanakan. Hasil analisis ini menjadi dasar untuk merumuskan rencana tidak lanjut.

  1. Rencana Tindak Lanjut

Rencana tindak lanjut dirumuskan untuk mengetahui keberlanjutan program pendampingan dan peningkatan kapasitas siswa SMA dalam bidang aritmatika, logika, dan algoritma.

Pin It on Pinterest

Share This