Beberapa waktu yang lalu, warga Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dihebohkan dengan sebuah unggahan video Mars SMA Tarakanita Magelang di kanal YouTube resmi mereka. Pasalnya lirik dan notasi lagu yang diunggah sangat mirip dengan Mars Duta Wacana. Menanggapi hal tersebut, Dr. phil. Lucia Dwi Krisnawati selaku Kepala Biro Kerjasama dan Relasi Publik (Biro 4) UKDW Yogyakarta segera menghubungi pihak SMA Tarakanita Magelang supaya kedua belah pihak dapat berdiskusi lebih lanjut membahas kemiripan kedua lagu.

Menyadari kemiripan lagu tersebut, pihak SMA Tarakanita Magelang yang diwakili Antonius Edi Purwono, S.Pd selaku Kepala Sekolah, Drs. Stephanus Sutrisno selaku Waka Kurikulum, Maria Dewi Sulistyorini selaku Waka Kesiswaan, dan Philippus Aditya Nugroho selaku Guru BK berkunjung ke UKDW Yogyakarta untuk berdiskusi terkait hal tersebut. Bertempat di ruang seminar Pdt. Dr. Harun Hadiwijono UKDW Yogyakarta, utusan dari SMA Tarakanita Magelang disambut oleh Pdt. Dr. Handi Hadiwitanto selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas SDM dan Jejaring (WR 4), Chintya Elisabeth Waney, S.H., M.H., selaku Wakil Kepala PSDM, dan  Dr. phil. Lucia Dwi Krisnawati selaku Kepala Biro 4 beserta staf pada hari Rabu, 22 Juli 2020.

Pertemuan berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan penuh kerendahan hati. Pihak SMA Tarakanita Magelang mengakui tidak berhak mengklaim lagu tersebut. Kepala Sekolah SMA Tarakanita Magelang menjelaskan bahwa video tersebut diunggah dalam rangka promosi sekolah. “Saat itu kami tidak mengetahui jika lagu tersebut sama persis dengan Mars UKDW. Setelah mendapat konfirmasi dari pihak UKDW, kami langsung menarik video dari YouTube dan menggali data terkait lagu tersebut. Dari hasil pelacakan, kami tidak menemukan sumber yang jelas mengenai penulis lagu tersebut. Kami meminta maaf atas kejadian ini dan sepakat bahwa kami tidak berhak untuk mengakui lagu tersebut karena tidak menemukan bukti secara tertulis terkait pencipta lagu itu,” tutur Antonius Edi Purwono, S.Pd. Pihak SMA Tarakanita Magelang memutuskan untuk tidak akan menggunakan lagu tersebut kembali dan mengakui pihak yang memiliki hak lagu tersebut adalah UKDW.

Sementara itu pihak UKDW Yogyakarta berjanji akan memberikan informasi dan narasi yang positif pada semua pihak termasuk alumni terkait keputusan ini dan tidak menekankan hal-hal yang tendensius serta stigmatis pada salah satu pihak. “Saat ini UKDW sedang dalam proses pengurusan hak cipta. SMA Tarakanita Magelang bersedia memberikan surat pernyataan jika diperlukan, untuk mencegah konflik dalam prosesnya. Kami berharap segenap warga UKDW dan SMA Tarakanita Magelang tetap menjalin kerja sama yang baik demi kepentingan pendidikan,” pungkas Pdt. Dr. Handi Hadiwitanto.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This