Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (MPK) bersama dengan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengadakan Konferensi Nasional (Konfrenas) Gereja dan Pendidikan pada 25-26 Juli 2023. Konfrenas ini diselenggarakan di Gedung BPK Penabur International School Kelapa Gading. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Koordinasi Nasional Gereja dan Pendidikan yang terselenggara pada 1 Maret 2023 di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH).

Konfrenas MPK-PGI tahun ini dihadiri lebih dari 550 peserta undangan yang berasal dari berbagai pilar: sinode gereja, yayasan sekolah, universitas kristen/STT, lembaga pelayanan Kristen dan dunia usaha-industri. Tujuan utama dilaksanakan konfrenas ini adalah untuk menyusun strategi yang kolaboratif dan rencana tindak lanjut dalam gerak bersama bagi pengembangan pendidikan Kristen di Indonesia. Acara yang dibuka oleh sambutan dari Menteri Agama RI yang diwakili oleh Dirjen Bimas Kristen RI dan Menteri Koordinator PMK mengangkat tema “Kolaborasi Menuju Transformasi Sekolah Kristen”. Tema ini dipilih oleh panitia karena melihat persoalan yang dihadapi sekolah Kristen sangat kompleks sehingga membutuhkan solusi dari berbagai stakeholder.

Majelis Pendidikan Kristen (MPK) telah melakukan survey sederhana terhadap sekolah-sekolah Kristen, terutama dari jumlah siswa dari jenjang SD, SMP, SMA. Hasil survey mencatat bahwa 40% dari sekolah Kristen mengalami penurunan dan 30% mengalami stagnan, 20% mengalami peningkatan dan hanya 10% yang mengalami kenaikan jumlah murid yang konsisten. Penurunan jumlah murid terjadi pada yayasan pendidikan di seluruh Indonesia, yang terdiri dari yayasan mandiri, dan yayasan pendidikan yang berafiliasi atau dikelola oleh gereja. Dalam acara penutupan konfrenas dilakukan pembacaan deklarasi task force 3T (terpuruk, tertinggal, dan terlupakan) yang merupakan salah satu dari 7 task force yang dibentuk oleh MPK. Task force ini sebagai wujud nyata dari rencana tindak lanjut konfrenas.

UKDW mewakili pilar perguruan tinggi Kristen menyatakan komitmen kolaborasi dengan mengisi roadmap action plan yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh MPK dengan menggandeng sekolah-sekolah Kristen yang membutuhkan. Harapannya adalah sivitas akademika UKDW dapat sigap membantu sekolah-sekolah Kristen kedepannya dengan melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat selaku Tridarma Perguruan Tinggi dengan target sasaran sekolah yang membutuhkan. Kegiatan ini adalah kegiatan kolaborasi bersama perguruan tinggi Kristen lainnya dibawah koordinasi MPK. Rencana tindak lanjut ini akan dievaluasi pada Konfrenas MPK tahun depan di Surabaya. (FKHUM/VS)

Pin It on Pinterest

Share This